Mendaftar Haji Reguler Tangsel 2015

Alhamdulillah Ya Allah kami diberi niat, rizki dan mudah2an diberi waktu menuju tanah Haram….
Setelah bertahun2 menabung, genaplah sudah rizki kami untuk mewujudkan niat menunaikan kewajiban berhaji. Yukz kita intip persyaratan dan prosedurnya kali aja ad yang membutuhkan (InsyaAllah kami benar2 ingin berbagi informasi tidak kurang dan lebih dari itu)

Pertama mari lakukan persiapan pendahuluan dulu.

Lokasi Kemenag
Cari tau lokasi kantor kementerian agama sesuai wilayah KTP kita (untuk Tangsel ada dikomplek BSD kencana loka XII 5, Ciater Serpong)

Lokasi Bank
Dalam proses pendaftaran haji, setelah mendapat bukti dari bank harus di catatkan kembali ke Kemenag karenaya sangat perlu mengetahui lokasi cabang bank tabungan haji kita (tidak harus sama dengan cabang pembukaan awal)

Persyaratan Administrasi
Cari tau syarat pendaftran
1. Foto copy KTP (aslinya dibawa) : 11 lbr
2. Fotocopy KK : 2 lbr
3. Fotocopy Surat nikah (jika mendaftar suami istri sekaligus) : 1lbr
4. Fotocopy salah satu akte lahir/ijazah terakhir : 2 lbr
5. Fotocopy buku tabungan haji : 1lbr
6.  Pas foto 80% muka (kira2 kepala sampe leher saja) background putih bukan editan dan softcopy cd/flashdisk dibawa
3×4 : 10lbr, 4×6 : 4lbr.
7. Surat keterangan sehat (tidak diminta)
8. Form isian SPPH (dari Kemenag) : 1lbr

Tabungan haji
Buka tabungan haji (bukan tabungan biasa, karena tabungan ini terhubung dengan sistem Kemenag). Capai saldo IDR 25jt, sekedar tips jika suami istri bukalah di 1 cabang yang sama sehingga memudahkan mendapat no porsi yg berurutan dan bukalah di cabang Kabupaten/Kota sesuai KTP (saat pendebetan tidak perlu tambahan materai)

The Day
Persiapkan fotocopy persyaratan dihari sebelumnya termasuk aslinya (meski yang ditanya pas pengalaman kemaren cuma ktp asli saja dan buku tabungan siy), klo niat bawa foto sendiri gandakan softcopy di beberapa alternatif (CD/flask disk) dan backup juga di email kita lagi2 pengalaman kemaren softcopy foto kami tidak bisa dibuka dan akhirnya gak kepakai dan harus foto ulang di dekat lokasi kemenag @90rb.
Better datang pagi karena kita gak tau ada halangan apa dijalan dan hal2 lain yang tak terprediksi sebelumnya.
Prinsipnya pendaftaran haji in sangat mudah alokasi waktu yg diperlukan sampai selesai kemaren kurang lebih 4jam. In sudah termasuk harus foto n cetak ulang di kemenag, perjalanan kemenang-bank-kemenag dan menunggu proses pendebetan bank awal buka yg karena beda cabang antara saya dan suami maka untuk mendapat no porsi tetap berurutan perlu waktu jadinya lama padahal klo hambtan2 tadi tidak ad bisa lbh cpt lagi. Untuk tab haji aku pakai BRI syariah dimana lokasi terdekat kemenag Tangsel ada di ruko tol boulevard BSD klo gasalah niaga syariah jg disitu jadi perjalanan dari dan ke kemenag hanya 10 menitan. Langkah2nya SBB :
1. Pergi ke kemenang nanti akan dilayani bagian depan isi form Spph (identitas dan ciri fisik) ditanya juga apakah ini pendaftran haji pertama dst. Disini akan diminta kelengakapan berupa fc ktp, kk, ijazah/akte, surat nikah, buku tabungan masing-masing 1 lbr dan 5lbr pas foto 3×4.
2. Masuk ke bagian input data Spph disini akan diminta soft file pas foto karena dari pendaftaran hingga nanti berangkat tidak boleh pakai foto yang berbeda. Setelah diprint kita diminta cek apakah data input sudah benar/belum
3. Lanjut ke bagian verifikasi, stempel, ttd, dan penyiapan berkas untuk pemorsian di bank (BPIH) informasi lain yang kita perlukan bisa ditanyakan juga disini.
4. Menuju bank untuk pemorsian membawa berkas SPPH, proses dibank dimulai dari pengisian form, menyerahkan Spph, ktp asli dan buku tabungan. Nantinya klo bank cabang tersebut bukan cabang tempat kita buka pertamakali maka harus koordinasi dulu sama bank pembuka untuk di autodebet ke rekening kemenag (krn aku dan suami buka nya juga dibank berbeda jd takes time lebih 30menit). Setelah selesai kita dapat bukti setor n pemorsian (BPPH) ada beberapa rangkap.
5. Mencatatkan kembali ke kemenang. Proses in tidak harus langsung dihari yang sama, spare waktu semingguan klo gasalah. Tapi demi efisiensi n hemat cuti ya kami sekalian dong yah…disini diminta lagi fc ktp 10lbr, kk, ijazah/akte lahir, masing-masing 1, bpph dari bank, pas foto 3×4 5lbr dan 4×6 2 lbr dan disini juga kita bisa mengetahui perkiraan tahun berangkat kita kapan. Per 17sept kemaren insyaallah 2030 alias 15th lagi semoga dimudahkan semoga disampaikan umur kami ya Allah.

Demikian posting terpanjang tahun ini, semoga ada manfaatnya.

2 thoughts on “Mendaftar Haji Reguler Tangsel 2015”

  1. Hai sesama warga tangsel,wow daftarnya beda 2 tahun (aku 2013) tapii brngkatnya beda 6 thn,aku insya allah 2024..duluu cuman nunggu 11 thn jeng skrg 15 thn ya hiks2 ya smg kuota nambahh ya jd lbh cepet dan smg kita sampee umurnyaaa amiinn

  2. sama2 tangsel, namanya memper en ada statistikanya kayaknya kita emang mirip2…kabarnya setelah 2017 bisa lebih cepat Aminnn ya Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s