Dinas Yurop (27April-4May)

Buat emak-emak ke luar negeri gratis atas nama dinas teteup ga enak yah sama ama dines biasa, sedih ninggal anak-suami, kuatir sakit, kuatir di negara tujuan ga bisa sering telp (yaiyalah roaming bok), kuatir wifi-nya kacrut, DLL. Tapi namapun tugas atas nama workshop yak mari ditunaikan…untuk meningkatkan kenyamanan selama pergi, aku mintol ortu datang dari kampung nemenin anak2. Alhamdulillah pas waktunya. Thx bpk n Ibu tercintah…

Trip kali ini seminggu full, ama perjalanan kurang lebih 8 hari. Kemana….?? Ke kota cantik Basel, Switzerland kurang lebih 1.5 jam Dari Zurich. Basel terletak di utara Swiss berbatasan langsung dengan Perancis Dan jerman. Kotanya kecil, sangat cantik dan penuh dengan sejarah, bahasa nasional jerman tapi juga banyak yang berbahasa inggris. Swiss adalah salah satu kota termahal di dunia…yesss that’s right. Sangat – sangat mahalllll…3x lipat dibanding inggris-prancis hadeuhhh. Kota Basel tempat aku dan rekanku workshop punya transportasi massal yang sangat bag us ada tram, bus yang terhubung ke semua pelosok Basel hingga ke berbagai kota di Swiss dan negara tetangga, udara dan airnya superrrr bersih, mata uang yang dipake disini bukan euro seperti negara Europa lainnya tapi swiss franc (CHF) yang nilainya setara 13rb per chf. Penerbangan ke swiss banyak pilihan, rekomendasi emirates Dan Qatar karena entertainment, jenis pesawat Dan pelayanan yang prima dan ada waktu transit di negaranya untuk sedikit melepas penat (emirates di Dubai, Qatar di Doha)
Waktu tempuh Jakarta-Swiss kurang lebih 20-22 jam (termasuk transit). Dengan Qatar airways transit Doha. Waktu real terbang kurang lebih 18 jam… Bikin ambeien deh pokoknya. Untungnya in flight entertainment Dan meal service Qatar airways okeh, jadi sangat membantu membunuh pegal dan bosan di udara.
Sekedar Info tarif Qatar airways ke Zurich kemaren kurang lebih USD1300 Kelas ekononi. Dan bisa nail/turun tergantung musim. Saat kami tiba swiss masuk spring tapiiii….dinginnya masih dibawah 10, disertai gerimis. Perbedaan waktu 5-6 jam lebih lambat Dari Jakarta. Kebayang kan workshop selesai jam 5-6 sore dijakarta dah tengah malam, jadi aku ngalah bangun jam 2-3 malam sekedar Cek kabar Rumah Dan anak2 sesekali sms (5rb/SMS) Dan tell (25rb/menit). Mahal yahhh…
Okeh mari kita lihat betapa cantik Dan mahalnya kota Basel, swiss.

image

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s