Parenting : Menyelaraskan pendidikan

Masih tentang kakak, tadi pagi ada seminar parenting disekolah judulnya menyelaraskan pendidikan anak di sekolah dan dirumah, pembicaranya sisca yudhistira massardhi (istri wartawan senior, sastrawan n seniman penulis novel arjuna mencari cinta bapak yudhistira anm) beliau punya sekolah anak2 kurang mampu di pekayon bekasi namanya tk batutis, skr udah ada sd-y juga..salah satu pelopor sistem sentra yang diterapkan di BC ini.Yang diulas ringan menarik dan menohok sehingga di sesi tanya jawab sampai 5 sesi gak abis2…aku ga pengen cerita a-z disini karena panjangggg jd aku hanya pengen ambil yg nyantol ajah.
Usia 0-7th adalah usia dimana pendidikan karakter dibentuk dan akan terus tertanam selama 20th atau rata2 80% persen dalam fase hidup seorang anak manusia. Jadiiii yah biarkan anak bahagia, jangan menuntut anak bisa baca tulis di usia dini biarkan dia lakukan apa yang memang pengen dia lakukan…lakukan kegiatan bersama dan jelaskan tujuannya kegiatan bersama bisa dilakukan antara lain : mandi bersama, bermain, rekreasi, makan, dll. Anak punya 3 pengasuhan yaitu dirumah dikomandani ortu, disekolah dikomandani pengajar dan lingkungan dikomandani siapapun, apapun bahkan diri mereka sendiri jadiii setidaknya kita benar lakukan pengasuhan dirumah dan sekolah insyaallah di lingkungan ke-3 dia tidak akan mudah terbawa.
Jangan beri reward berupa barang apalagi untuk kegiatan rutin atau ibadah : sholat, makan, mandi, sekolah dll…cukup dengan penghargaan, pujian, pelukan dsb. Karena dengan reward barang/uang/lainnya anak belajar pamrih, kemandirian semu dan materialistis. #emaknyajedagjeduk.
Apalagi yahhhh…usia dibawah 4th durasi nonton tv 1jam/hr, 5-7 2jam/hari semuanya dengan pendampingan, jangan sering ke mall ganti dg aktivitas bersama ke taman, musium, masak bersama, bertanam atau mengulang semua yg dilakukan disekolah dirumah…ini akan membentuk anak lebih optimal.dan aku akan berhenti disini sebelum rencana gak nulis semuanya berubah lagi hohohoho…jujur sejak ada Daro aktivitas aku tidak sebanyak dulu sama Nay, apalagi hari minggu dimana waktu aku bikin aneka stok mpasi Daro menghabiskan nyaris setengah hari sendiri. Hari aktif?Alhamdulillah masih bisa siapin bekel sekolah, mandi bersama dan berdandan bersama dipagi hari, pulang kerja abis bikin makanan daro masih sempet main ama kakak meskipun gantian ama si papa juga (bacain dongeng, belajar berdoa, gunting2, coret2, atau sekedar joget caesar aihahahah). Kubelum bisa terapkan semua, ketambahan lagi untuk ibu bekerja yang berbagi keberadaan dengan simbak tapi mudah2an gak mengurangi kasih sayang ke anak2 dan anak2 ke bundanya.
Dan sekarang mencoba bikin list aktivitas bersama kakak secara mingguan mumpung awal bulan biar semangat…
Oktober 2013
1. Minggu ke-1 –> bertanam + baking
2. Minggu ke-2 –> pergi ke zoo + menggambar dan mewarnai
3. Minggu ke-3 –> belanja ke pasar + mencuci sepeda
4. Minggu ke-4 –> crafting (gunting+tempel) + berenang

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s