Kelainan kaki anak (part2)

Akhirnya tanggal 23feb, jadi juga janjian ama dokter spesialis orthopedi di RS Siaga Pejaten Barat. Gak pake pilih2 jam setengah 5 sore daftar ajah dokter yang ada dr Muki Partono dapet no.21 dan sekarang nomer belasan ok semoga gak pake lama. Makan2 n jajan2 cantik disekitar RS yang emang banyak camilan dan tepat jam 6 dipanggillah kita…D : kenapa syakira
Me : blom jawab mau duduk dulu (nay jalan masuk ruangan digandeng sipapa)
D : kakinya agak masuk kedalam yah si adek
Me : kok tau dok
D : keliatan pas masuk tadi
Me : (trus trus gak pake diperiksa gitu kakinya, dalem hati)
D : adek coba jalan yuks
Me : hayuk nay jalan ke bunda sini…
Ini kelainan kaki bawaan, salah posisi duduk, atau kenapa ya dok
D : anak dilahirkan dengan kondisi masing2…ada yg kakiy lurus belok sedikit ke dalam/ke luar itu sangat biasa
Me : kalo posisi duduk “w” sejak usia setahun ngaruh ga dok, kami baru ngeh kalo gara2 itu kaki nay jadi condong ke dalam jadi seringkali mudah jatuh kesrimpet kaki sendiri gtu
D : yah posisi duduk seperti itu memperparah kondisi, mulai sekarang tegur kalo duduk kaya gitu arahkan duduk bersila ajah. Trus pakein sepatu terbalik kanan buat kiri dan kiri buat kanan
Me : penanganannya gt ajah ya dok, trus satu lagi klo jalan nay suka bunyi teplek2 apa dia flatfeet
D : klo saya lihat, bukan flatfeet, jalan teplek2 masih wajar. Atau mumpung msh 2.5th mau pakai sepatu terapi khusus?ntar ketemu pak yanto yah buat ukur kaki bikin sepatu
Me : baik dok dan selesaiii…(Benernya masih bingung tapi hooh2 ajah yg keluar, disuruh kontrol lagi klo sepatu jadi, msh heran ga pk dipegang atau diperiksa gt kakinya?hellooowww)

Trus ketemuan ama pak yanto si pembuat sepatu.
Y : knp adek?yuk gambar kaki dulu dikertas, ini ukuran kaki kanan n kiri beda 0.5cm bu
Me : hah iyakah pak, kok selama ini saya gak ngeh
Y : gpp kok bu (sambil gambar pola kaki dikertas)
Me : jdy kpn pak
Y : semingguan, mau warna apa?hitam putih coklat?
Me: sepakat ma si papa , putih ajaaa
Y : ok bu ntar dikabari…ini tapak kaki si adek lentur banget mesti byk dilatih dalam air biar berotot.
Me : ehm baiklah mari kita (sering) berenang

Minggu depan kita balik ke RS Siaga tar diupdate, Semoga sepatu terapi bekerja maksimal, hasil googling menyebutkan koreksi kelainan kaki anak bisa diketahui saat berumur 1.5th dan mestinya saat itu juga langsung dikoreksi tapi ada sumber lain menyebutkan dibawah 5th koreksi masih sangat memungkinkan meskipun diatas usia itu tak menutup kemungkinan hanya saja terapi lebih lama tentunya. Okey Nay mari bersepatu yakzzz dan no no duduk bebek (istilah kami posisi duduk “w”)namapun anak anak gak akanlah dia mau sepanjang hari bersepatu terapi tapi mari kita coba dulu dan semoga hasilnya baik dan mampu mengkoreksi keterlanjuran ini.

4 thoughts on “Kelainan kaki anak (part2)”

  1. Ass Mbak, aku dika. Selama ini jd silent reader aja. Hbsnya bnyk info yg kudapat disini. Mbak nanya itu yg dmaksud kaki aga kedalam itu telapak kakinya atau bagaimana? Thanx infonya

  2. Asw Mbak…
    Aku lagi browsing2 trus ketemu crita ini. Anakku jg punya masalah yg sama dgn Nay. Ada rencana jg mau ktemu dok Muki. Klo boleh tau, harga sepatunya brapa ya mbak? Sampe skrg msh dipake dong ya?
    Tks sebelumnya ya mbak🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s