Amunisi Lebaran

Amunisi lebaran biasanya THR yah…Alhamdulillah aku gak dapet THR, suami dapet tapi blom cukup ajah🙂. Okey kita list dulu apa kebutuhan lebaran kali ini yang terbesar so pasti “MUDIK”
Komponen mudik ini susah bener untuk direduksi buat aku, urbanesia traditionalita banget deh akyu klo masalah lebaran inih🙂
Tahun ini Insyaallah mudik yah, 5 tahun di Jekardah baru sekali gak mudik tahun 2010 pas usia Nay masih bayi banget 2bulanan sisanya diusahakan semaksimal mungkin MUDIK, klo dirunut kebelakang aku berbeda kota ama ortuku sejak kuliah tahun 2000 artinya 12 tahun yang lalu dan artinya selama itupun aku pasti mudik, luar biasa emang panggilan untuk mudik ini bener2 kuatttt jadi ajang kumpul keluarga, silaturrahmi temen, tetangga, handai taulan, dan renunian. klo biasanya mudik cukup ke Situbondo ama Jember sejak bersuami jadi makin banyak lokasi mudiknya yang pakem sih Pandaan-Kediri-Surabaya-Situbondo ama Jember trus 1 kota optional untuk arisan keluarga besar mertua hemmm banyak yah…pasti cost-nya pun bertambah tour to the east java bener dah xoxo.
Yah mari kita mulai list kebutuhan lebaran kali in yah.
1. Biaya selama Ramadhan
2. Zakat dan Sodaqoh
3. Mudik
4. THR-Parcel si mbak
5. Baju n kue Lebaran
Biaya selama Ramadhan ini emang samar samar tapi efeknya gede juga terutama untuk bahan makanan yah, bahkan meningkat 25-30% dari budget bulan-bulan selain Ramadhan kenapa??yah selain makanan utama kan klo Ramadhan suka bikin macem2 camilan, kolak, puding atau beli Jajanan khas Ramadhan lainnya. Acara bukber keluarga dan temen juga ikut andil membuat jumlahnya membengkak plus tentu saja sumbangan takjil masjid komplek sama kegiatan kantor perlu berpartisipasi.

Selanjutnya ada kewajiban setiap umat muslim untuk dikeluarkan yaitu zakat fitrah, saat ini isi rumah 4 orang jadi wajib mengeluarkan zakat fitrah jangan sampe kelupaan trus mumpung bulan penuh kemulyaan sodaqoh jangan sampai putus yah klo bisa dilipatgandakan jumlahnya di bulan suci ini sesuai kemampuan masing-masing tentunya

Gongnya di mudik lebaran, ada banyak komponen mudik kita daftar satu persatu sekarang:
1. Biaya transportasi
Tahun ini masih sama dengan tahun lalu mudik pakai pesawat, mobil parkir di bandara ke tempat mertua berlebaran lalu pinjem mobil lanjut ke kampungku dst…biaya yang mesti keluar tiket pesawat ber-3 pp, parkir bandara 9 hari, airport tax pp, bensin selama di jawa timur dan parkir. Trus biaya mudik si mbaknya Nay juga mesti kita bayar dengan harapan kembali bekerja tentunya.
2. Biaya Oleh-Oleh
Oleh oleh ini buat keluarga inti saja baju2 buat ponakan n kue-kue untuk ortu dan mertua
3. Biaya Angpau lebaran
Gak bisa gak yah ini tradisi jaman aku kecil sampai sekarang yg kecil-kecil dikasih salam tempel biasanya aku tuker duit baru dulu ke temen kantor yg istrinya di BI jadi amanlah urusan yang inih asal duitnya ada. Angpau gak hanya buat yg kecil-kecil yah buat ortu en eyang2 yg masih ada juga.
4. Biaya rekreasi, makan, dll
Ini efek ikutan kalo mudik biasanya pasca lebaran kan suka ke tempat wisata rame2, berenang, makan bareng kemana gitu, jalan-jalan lah pokoknya tentu saja butuh biaya dan mesti disiapin yah biar gak kelabakan

Ada lagi kewajiban kita adalah kasih THR sekali gaji ama parcel untuk dibawa pulang kampung mbaknya Nay, meski baru setengah tahun tapi kayaknya tetep dikasih sekali gaji ajah biar dijadikan stimulus semangat kerja dia.

Terakhir baju lebaran haha sangat klise, jujur aku tak mengkhususkan belanja baju untuk lebaran secara udah beli beberapa baju pas Jakarta Great Sale kemaren, buat Nay2 apalagi hampir saban minggu beli baju baru jadi gak khusus lebaran mungkin si mbak ajah yang bener2 di budget baju untuk berlebaran tapi yang murmer ajah ya mbak🙂. Kue-kue lebaran buat dirumah mungkin juga gak banyak2 secara gak punya tamu oey paling dimakan sendiri ajah jatuhnya

Hosh buanyak saudara2…mari berstrategi maksimalkan THR suami + sisanya boleh deh gesek CC terpaksa ini…trus jangan lupa dibikin cicilan 3-6bulan mudah2an gak ganggu cashflow yakz.
Happy Mudik all…mari kita perbaiki ibadah dan amalan di bulan Ramadhan ini dan jadikan Idul Fitri sebagai hari kemenangannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s