Uang Harian…

Akhir bulan lihat-liht excel pengeluarn bulanan tampak pembengkakan di beberapa pos yang nyaris membuat saldo minus. jujur biasanya yang paling sering “over budget” di pos shopping account ama keperluan tak terduga eh tapi kok 2 bulan ini pengeluaran harian ikut bengkak seiring bengkaknya tubuh akyuu ini. bengkaknya juga gak sedikit 500rb lebih ajah gitu, tentu saja ini nilai yang besar loh loh loh baeklah mari kita lihat biang keladinya…
1. Uang transport harian
Untuk mencapai tempat kerja aku menggunakan commuterline (aka KRL jabodetabek) tiket PP 12rb dengan tingkat kenyamanan masih jauhh dari impian yah…dari rumah stasiun biasanya nebeng hubby sekalian berangkat tapi baliknya sering pake angkot 2-3rb kalo buru2 banget atau lagi males jalan ojek 10rb. udah?tentu belum dari stasiun ke kantor biasanya patungan taxi ama temen setidaknya 5rb lah tapiii klo pas gak ada temen yah “terpaksa” sorangan wae by taxi ataupun pak ojek 10rb dan untuk pulang, dari kantor-stasiun pake ojek 10rb (lebih praktis dan bebs macet demi mengejar jadwal kereta pulang). Sebelum hamil siy sesekali naek kopaja dari/ke kantor-stasiun tapi sejak hamil gak pernah lagi berkopaja ria so…selain capek, bokek juga ya bok melihat struktur perjalanan pulang pergi kerjaq. ini baru ukuran materi yah immateri jauhhhh lebih gede #sementaralupakan oke untuk uang harian transport ternyata setidaknya aku perlu menyiapkan 35rb/hari
2. Uang makan harian
sarapan censu pake nasi+lauk masakan sendiri #bangga, makan siang pigimana?beli di kantor yg tepat disebelah berderet itu makanan yang pas di dompet jenisnya banyak. mau cari apa?aneka penyet, bakaran, gorengan, padang, manado, warteg, jawa, sate, tongseng, rujak, sop buah, soto, iga, podeng, es kelapa, aneka jus, dan masih banyak berderet puluhan makanan siap diorder menemani panas n lapernya di siang jekardah harga variasi aku biasanya makan siang di kisaran harga 12-15rb (tanpa minum yah kan bawa mineral water) kadang kadang mampir kantin kantor beli jus…camilan gimana?sering beli rujak buah atau rujak bebek tau jajanan pasar di kantin harga kisaran 5-8rb #elus perut
apakah urusan makan kelar oh belummm pas pulang kerja foodcourt Stasiun sudirman siap menemani paling sering beli bakso malang/batagor/pempek/bubur ayam/ketupat sayur atau minimal beli gorengan 5rb dapet tiga eh ya makanan disini dikisaran 6-10rb cukup murah meriah total aku mesti sedia uang buat makan n jajan 30rb dan artinya uang harianku setidaknya 65rb/hari Huwaaaa pantes aja mbludak ini belum termasuk makan siang “mewah” di mall saban Jum’at siang yang udah sangat jarang aku lakukan saat ini.
ada lagi yang ganggu sebelah kantor aku itu udah kaya toserba mau cari baju anak ala sojong atau itc ada, baju2 sisa ekpor ada, seprei, jilbab, aneka mainan anak, sepatu, belt, dompet, fiuhhh sampe obeng2 juga ada ya bok jadi klo bis makan siang para emaks disini selalu bawa tentengan hasil belanja juga #racunganas dan jujur aku sering berpartisipasi 2kali seminggu lah klo di rata2 oh NOOOO…
trus trus klo jdi boros salah siapa?akuuu, jadi impulsive buyer salah siapa??aku juga bahkan beberapa kali beli baju Nay yg blom bisa dipake sekarang cuman gar2 lucu n murah (dibanding mall tentunya) sigh.
iya tau aku bisa “sedikit” hemat dengan bawa bekel kaya beberapa temen tapi yah pagi aku sarapan dirumah, malem juga trus masak siang juga mesti bawa makanan yg sama???eieemmm namapun pilihan yah mungkin juga nnti aku pertimbngkan tapi blom sekarang ya ya ya…
Mudah2an ini ekses cuman bawaan bayi ntar kan klo udah lahiran bisa sedikit hemat di transport utamanya tp klo makanan bisa gak yah…bisa ya bisa gak yg psti aku tau kemana uang mengalir dan perlu penyesuaian sana sini untuk budget uang harian sepertinya cos hubby uang hariannya cuman setengah uang harianku loh…ya iyalah naik motor gt loh🙂.
Prinsipnya klo gak bisa turunkan biaya, ya tambah pemasukannya. ya tapi darimana?#toyordirisendiri

3 thoughts on “Uang Harian…”

  1. gw pun baru aja mereview uang harian ini jeung, dan emang yang kecil-kecil itu kalo dijumlahin jadi gak kecil yak🙂

    yuk mari kita hemat-hemat demi masa depan anak-anak.

  2. @emakshira
    sementara dah mentok ituw palingan yg bisa dihemat tentengan after lunch gegara si toserba sebelah kantor🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s