Tips: Mengatasi masalah keuangan dalam pernikahan

Ini aku ambil dari wolipop silahkan dicermati:
Keuangan merupakan salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan pertengkaran bahkan retaknya biduk rumah tangga. Tetapi jangan kahwatir, karena masalah itu bisa diatasi dengan lima langkah efektif di bawah ini. Seperti yang dikutip dari Ezinearticle, berikut ini cara mengatasi masalah uang dalam pernikahan.

1. Membuat dan Mematuhi Anggaran
Diskusikan pada pasangan mengenai rencana memiliki anggaran belanja keluarga. Sangat penting jika Anda berdua berpartisipasi dalam menentukan anggaran tersebut. Buatlah daftar pengeluaran yang penting seperti tagihan listrik, air dan lainnya, setelah itu
cobalah untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk menabung. Dengan begitu Anda akan merasa aman jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan dan harus segera ditangani. Lebih penting lagi, pastikan bahwa Anda berdua mematuhi anggaran agar tidak terjadi perselisihan di kemudian hari.

2. Miliki Rekening Terpisah
Rekening bersama tidak selalu berlaku bagi setiap pasangan. Tak jarang hal itu malah menyebabkan pertengkaran rumah tangga. Jika Anda adalah salah satu pasangan yang bermasalah dengan rekening bersama, maka tak ada salahnya mencoba memiliki akun bank terpisah.

3. Jangan Pernah Miliki Rahasia
Sebaiknya Anda juga bertanggung jawab dengan keuangan Anda sendiri sebelum akhirnya hal itu memicu perselisihan rumah tangga. Usahakan untuk selalu jujur terhadap pasangan, beri tahu apa yang telah Anda beli dan berapa banyak uang yang telah dihabiskan. Walaupun Anda menghasilkan uang lebih besar daripada pasangan, bukan berarti Anda bisa menghabiskan sesuka hati. Selalu ingat bahwa ketika Anda memasuki pernikahan, apa yang menjadi milik Anda berati miliknya juga, begitupun sebaliknya.

4. Konsultasikan Pada Financial Planner
Jika Anda tak bisa mengatasinya sendiri, tak ada salahnya mencari bantuan pada konselor pernikahan yang mengkhususkan diri dalam masalah keuangan. Uang selalu menjadi masalah umum dalam pernikahan, jadi penasihat keuangan pun bisa memberikan saran serta langkah-langkah untuk mengurangi biaya.

5. Memiliki Tujuan yang Sama dengan Pasangan
Ketika Anda dan pasangan sudah memutuskan untuk memiliki anggaran bersama, tentu Anda harus memiliki tujuan keuangan yang sama pula dengan suami. Jika Anda ingin menabung untuk membeli perabotan rumah tangga, maka pasangan juga harus memiliki pikiran yang sama.

Jika tidak, tentu hal tersebut bisa menjadi masalah. Anda berdua harus memiliki pemikiran yang sama mengenai uang agar bisa mengurangi argumen. Masalah rumah tangga terus akan timbul jika satu orang berusaha menabung sedangkan yang lainnya memilih untuk membelanjakannya.

One thought on “Tips: Mengatasi masalah keuangan dalam pernikahan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s