Tips: Bikin Passport 1/2 Hari Kerja…

Gak salah tuh…mudah2an gak. Belum kubuktikan sendiri tapi setidaknya udah ada yang berhasil dan pengalaman aku ma hubby kemaren juga nyaris berhasil bikin paspor setengah hari kerja cuman agak meleset dikit ke jam 15.00 baru kelar makanya mesti diperbaiki dan dicermati tipsnya.
Ini berlaku di Imigrasi Jaksel yah blom berani bilang berlaku di semua kantor imigrasi karena jumlah pemohon, kapasitas ruang tunggu, kinerja petugas dan sarana prasarana beda-beda meskipun pada prinsipnya “mestinya” SAMA.

  1. Dokumen Lengkap –> Jangan biarkan petugas menangkap celah ketidaklengkapan dokumen yang “bisa” berujung pada gagalnya pembuatan paspor sampai adanya “tambahan” tarif (mudah2an yang terakhir udah gak ada lagi). Syaratnya mudah kok KTP, akte kelahiran/ijasah terakhir, KK, rekomendasi atasan (pns/polri/tni/swasta/bumn) n tanda terdaftar online, untuk anak dibawah umur 17 tahun ada tambahan dokumen berupa surat pernyataan orang tua bermaterai dan surat nikah ortu. semuanya di copy 1 kali di kertas A4 (meski KTP tetep di A4 yah jangan dipotong klo gak pengen disuruh copy lagi)
  2. Daftar online –> ini bagian terpenting dalam proyek pembuatan paspor 1/2 hari kerja klo ini dilewatkan maka jangan harap bisa selesai pembuatan paspor dalam 1 hari kerja apalagi 1/2 hari kerja kecuali ada kongkalikong tentunya. Caranya cukup mudah scan 3 dok utama KTP, KK dan akte kelahiran/ijasah terakhir buka web paspor online ini isi bagian yang wajib diisi saja next, upload, dan cetak tanda terdaftarnya untuk kemudian dilampirkan dalam kelengkapan dokumen
  3. Datang 1 jam sebelum loket buka, buka loket jam 8 dan pastikan jam 7.00 setidaknya sudah dilokasi. kalo telat yah kaya aku kemaren sampai jam 7.30 kelarnya gak bisa persis 1/2 hari agak molor ke jam 15.00 tuh kan selisih 1/2 jam diawal bisa selesai lebih lama 3 jam…eh ya klo belum punya map imigrasi warna kuning bs pakai map biasa yang dikasih nama kita diluar ini cuman buat dapetin nomor urut dari petugas pas loket dibuka jadi map ditumpuk tadi adalah prioritas pertama (klo dah titip map kuning sebelumnya lebih baik) pas koperasi buka baru beli mapnya…
  4. Setelah dipanggil di loket utama biasanya kita diarahkan ke loket perubahan nama deket tangga depan koperasi disana petugas akan tanya mau foto kapan, cek dok asli dan bilang agar menunggu sementara dia validasi data online yang kita isi selama 1 jam. Nah gak ada salahnya setelah 20-30 menit kemudian kita balik lebih awal dan tanya apakah proses validasi udah selesai. pengalaman aku kemaren gitu lagian secara logika kan kita dah nulis online macak ci validasi ajah sampai sejam please deh yah…klo dapet pengantar pembayaran buruan bayar di kasir dan langsung naik ke lantai 2 unTuk Dnmma,

UDAH!!!it ajah tipsnya klo dapet nomor foto 60an (antrian jalur A/B/C) Insyaallah sebelum istirahat makan siang udah dipanggil. klo mau efisien en ada keperluan diluar tinggal lihat display antrian sampai berapa, waktu yang dibutuhkan 10 nomor antrian rata2 setengah jam jadi kita tau kapan mesti balik ngantri untuk foto dan wawancara. SELAMAT MENCOBA YAH…SEMOGA BERHASIL!!!

11 thoughts on “Tips: Bikin Passport 1/2 Hari Kerja…”

  1. wah..berguna bgt nih infonya..pas aku lg cr info/buat paspor…hehe. Thanks alot sist!
    Oya, mau tanya, surat pernyataan dr orang tua tuh formatnya gmn y? N isinya ap. Baby hania ku (3m) mo bikin juga. Syaratny ap y? Akte aj? Tetep isi onlineny jg gak?. Tq sist.

  2. @nita
    thanks dah berkunjung dan syukur klo bermanfaat…surat pernyataan form beli di loket imigrasi udah ada disana tinggal isi ama kasih materai ajah, tetep isi online karena 1 orang 1 antrian di online maupun di offline meskipun baby, jadi klo baby yg di upload akte si baby, kk (include nama si baby) sama ktp salah satu prtu ajah lainnya gak usah

  3. Wow beneran mbak kemarin aku ikutin semua yang disini , nggak sampe setengah hari😀 antri jam 8 selesai jam setengah 10 ! Terima kasih infonya mbak🙂

  4. Pasti online dunk kita ckup kesana sekali lgsung submit n foto dihari yang sama..tggal ambil deh, klo lgsung abis submit dokumen fotonya biasanya di hari lain lagi kecuali kanim yg sepi di daerah

  5. Rencana mau buat bsok pagi..
    Mau tanya, surat rekomendasi kerja apakah memang perlu? Soalnya saya pas mnta sama hrd lg sbuk, tggu mnggu depan,😦
    Kira2 pihak imigrasi tlp ke kantor gak? Kmngkinan mau pake tanda tangan manager aku aja.
    Kl misalnya penggangguran apa bisa langsung di approve ya? Disangka tar mau jd TKI.. mohon infonya.

  6. 1/2hari itu jadi atau tidak? lalu bisa pilih hari ga?misal hari ini online, besok datang? terimakasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s