Financial Make Over

Sejalan dengan perjalanan black period saiyya khususnya bulan ini, mau mereview pos pos yang sering dilanggar “pagu-nya” oleh siapa ya oleh kondisi dan saiyya tentunya #kibas rambut
tips dari kompas mari dilirik

“Robert Pagliarini, MSFS, CFP, penulis The Six-Day Financial Makeover dan presiden Pacifica Wealth Advisors, Inc., membuat sebuah sistem yang bisa membantu Anda untuk mengontrol keuangan Anda, sebagai berikut” :

1. Buatlah laporan pengeluaran. Satu-satunya cara untuk mengawasi keuangan adalah dengan memeriksa, kemana perginya uang Anda. Buatlah catatan untuk setiap pengeluaran Anda selama seminggu. Jangan hanya fokus pada pengeluaran yang besar seperti sewa rumah, bensin, atau asuransi tetapi coba perhatikan berapa banyak pengeluaran kecil-kecilan Anda seperti nonton film, ngopi bareng teman, atau memborong DVD dan akumulasikan. Jumlahnya pasti cukup banyak, bukan?
Saiyya –> sudah banget rijit harian bahkan cuman 2 bulan terakhir sedang tak suka mencatat (bulan depan mulai lagi ya ya ya. dengan mencatat “Ya” jadi bisa ngontrol secara total klo secara parsial khususnya di pos pos rawan belooooommmm bisa #catettebel

2. Terapkan manajemen amplop. Ini mungkin metode yang Anda anggap kuno tetapi Anda akan melihat manfaatnya. Caranya, tiap minggu ambil sejumlah uang dari ATM atau bank (sesuai dana Anda, atau kurang dari itu), lalu bagi-bagi sesuai kebutuhan. Belanjakan uang hanya dari dana tersebut selama seminggu. Anda akan terkejut dengan penghematan yang sudah Anda lakukan.
Saiyya –> ambil uang cash kalo dompet dah mulai melompong (parameternya biasanya 50rb di dompet berarti waktunya ambil, sepertinya cara saya salah tapi akika gak mau pas ada keperluan pas gak ada uang cash makanya cari aman minimal punya 200rblah di dompet)

3. Tunda pengeluaran. Anda mungkin bisa menunda liburan atau menukar tambah mobil baru Anda untuk sementara waktu sehingga Anda akan mendapat tambahan uang untuk keperluan yang lebih mendesak. Setiap pengeluaran yang Anda batalkan adalah tabungan ekstra dalam dompet Anda.
Saiyya –> liburan ajah belum masak mau dibatalin, beli tiket ajah nunggu promo meski berangkatnya mesti nunggu kalender ganti gak setujuuu ah ama cara gini. lagian hal2 yang nilainya diatas 1 juta kan under planning masak maen batalin gak gak gakkkk.

4. Batalkan pengeluaran yang tidak Anda manfaatkan. Misalnya, Anda mendaftar jadi anggota pusat kebugaran, tetapi tak pernah menggunakan keanggotaan Anda, lebih baik memanfaatkan uang membership untuk keperluan lain. Hal yang sama bisa Anda terapkan untuk biaya ekstra saluran tambahan dari TV berbayar yang tak pernah Anda tonton.
Saiyya –> TV pake antena belalang, gym pake gratisan, nyalon (facial, reflexy, dll) gak pake member asal ada waktu dan uang ya berangkat jadi kayaknya juga gak cucok diterapkan ;p

5. Kurangi pengeluaran. Misalnya Anda punya kebiasaan makan bersama keluarga besar pada Minggu siang. Anda bisa mengurangi tradisi ini dengan makan bersama hanya dua minggu sekali. Cara lain tetap makan bersama tiap minggu, namun dengan memilih restoran yang tidak begitu mahal.
Saiyya –> sebelum hubby pindah project dimana kita pulang pergi bersama berboncengan motor atau rela bermacet2 ria berdua dalam mobil seminggu bisa 2-3 kali makan malam diluar (klo makan siang pasti diluar) belum termasuk makan pas wikend sekarang karena eike mesti ber commuter sendiri gak pernah lagi mampir makan malem selain wikend hemat kaaannn…sebagai gantinya dan syukurnya mbaknya Nay pinter masak jadi asupan gizi dioptimalkan dalam seminggu bisa aneka masakan udang-kerang-ayam-daging-tahu-tempe-mie-sayur enakk deh jadi belanja harian nambah tapi makan diluar berkurang #impas

Loh dah abis ajah tips-nya…kok gak membantu banyak yah. hehe tapi tips 1 n 2 layak dicoba
lanjutttt

Happy wiken semuaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s