Berhenti Pumping ASI :'(

Jujur sebenernya pengen pompa terus sampai titik asi penghabisan atau setidaknya Nay umur 2 tahun, tapi load kerja yang gak pernah turun bahkan di saat puasa gini membuat waktu untuk pumping makin hari makin tak beraturan yang imbasnya hasil pompa saban hari paling banyak 100ml sekali pompa di jam sore hari sebelum pulang kerja, pernah coba pompa di jam makan siang hasilnya 50ml dalam 45 menit…yah pasti pada bilang gpp tetep ajah dipompa terus tapi emang saya ajah deh yang mundur teratur dari dunia pumping pas saat awal Ramadhan atau tepat Nay usia 13m2w gpp ya nak toh klo bunda dirumah setiap malam dan hari libur full nenen ama bunda dan InsyaAllah sampai 2 tahun ya nak selagi Nay mau ajah…
Sedih pasti, tapi kan hidup ini pilihan dan gak salah juga klo aku pilih ini sebagai jalan keluar, gara2 puasa?tentu tidak…tahun lalu Nay masih usia sebulan lebih dimana ASI merupakan kebutuhan utama dan tiada hari tanpa nenen Alhamdulillah aku tetap berpuasa (bolong sehari doang pas lagi demam) Jadi berhenti pumping bukan karena puasa.noted
Stok asi dirumah?masih ada 10 atau 12 buat jaga2 Nay minta ajah pas aku dikantor/dinas dan sekarang selain UHT Nay juga dibantu dengan Sufor. Kenapa??karena klo lagi bobok dia maunya hanya minum pakai dot asi atau sufor sedangkan klo melek dia minumny air dan uht (dengan sedotan). Pernah aku coba masukin uht dalam botol dot ngamukkk dia yasudlah buat tambahan ajah gpp deh biar…jadi skr begini
– bobok malem: asi, atau sufor 150ml (klo bunda dinas)
– bobok siang: asi, atau sufor 150ml (klo bunda kerja)
– selain waktu bobok: air putih sebanyak2nya Nay mau + 125ml UHT (kadang sampai 2 UHT)
Klo makan??hemmm dia doyan semuanya asal gak terlalu banyak garam dan gak pedas plus buah potong dia mamam sendiri, msalah pup??masalah lama tetep ajah keras meski setiap 2 hari teratur pup.
sampai saat ini sufor yang dicobain baru Bebe*ac 3 rasa vanila, sedangkan UHT dah macem2 mulai ultra, mimi, indomilk, diamond apa ajah deh mulai plain, strawberry, vanila n coklat mau semua dia.
PR banget sekarang bersihin gigi Nay pas mau bobok, mau diajarin gosok gigi dianya ogah n blom bisa, akhiry digosok2 ajah pakai tangan mestinya pake tissue/kain khusus tp bunda blom punya tar dlu deh sambil berdoa giginya tetep sehat.
Berhenti pumping berlaku kalo gak ke luar kota yah, klo keluar kota atau mesti menginap tetep pumping dong dong…
Selamat yah sarjana S2 ku meski gak lanjut ke S3 tapi percayalah ini yang terbaik yang bunda bisa berikan…Muah Muah…

One thought on “Berhenti Pumping ASI :'(”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s