Kuliner Borneo 2: Kalsel

Yep yep…
Ketemu lagi ma kuliner dalam negeri kali ini masih di bumi borneo tepatnya di sekitaran banjarmasin-martapura-plaihari.
plaihari berjarak 100an km dari banjarmasin kotanya kecil dan suepiii banged dan ga ad hotel bintang xixi jadinya kita nginep dihotel melati paling mahal disitu vip-y dibanderol 375rb hehe #rekor
kamarnya guede ada ac, air panas, tv kabel, lemari 4 deret, kulkas gede n makan pagi sederhana…tapi klo dipikir malah lebih ‘mewah’ dari hotel bintang heuheuheu.
Pas di banjar nginep di swissbel mayanlah. Kembali ke kuliner yuz.
1. Sop buntut kikil RM lisa pelaihari (100km dr bjm or 1.5 jam dr bjm)
per porsi harganya 40rb termasuk es jeruk ini tempaty orang tambang disekitar situ santap siang. Tempaty enak n guede dan yang penting rasanya bok endessss gondesss buntuty lembut dan bumbu merasuk banged, kuah sopnya ringan tapi henyak plus kikilnya banyak
2. Pondok ikan bakar jorong permai (100km dari plaihari) jl. Jorong – kintap kalsel
masih sama ama yg di nomor 1 ini salah satu tempat orang tambang disana, makan pas jam istirahat full bok, yang ini tempaty sederhana tapi ikan bakarya juara ada ikan nila ada kakap merah, udang galah dan ikan patin bs dibakar atau digoreng sambel menyahnya yahud dan dapet free sayur bayem ama labu kuning nom nom nom deh.harga murah loh…cm 30rban in ukuran udah gede bok termasuk minum.
3. Soto banjar pak amat jl. Banua anyar no.6 banjarmasin

ini soto banjar paling hits disini lokasinya 300 meter dr jalan utama tepat di bawah jembatan, tahun 2007-2008 udah pernah kesini eh skr makin rame loh tp makin gede jg sih tempaty. Disini tempaty enak langsung diatas sungai gitu klo pengen naik perahu jg disediain disini. eh ya bedanya soto n sop disini soto pake lontong klo sop pakai nasi ealah tyt…perporsi 16rb aja ama es nyiur susu 4rb, kalo sate ayamnya 15rb/10 tsk hadehhh…tak ada duanya mantaph!!
4. Lontong orari jl. Kampung melayu darat banjarmasin

ak pesen dengan lauk ikan haruang semacam ikan gabus gt. Mirip lontong sayur tapi lebih gurih dan santannya lebih nampol kalo lauknya semua dibumbu habang mirip2 ama bumbu bali merah gt enak deh porsinya mantaph ak ckup stgh porsi lontong dah bikin peyut pull
5. kue bingka dimana2 ada

ini jajanan khas banjar loh, agak mirip lumpur gt tapi lebih manis, enak deh langsung cari penjual bingka bt dibawa pulang hehe (cm tahan max 2hr yaaa) harga bervariasi satuan mulai 2rb. Klo yang ukuran gede mulai 20rb sukkaaaa
6. Es nyiur mama icha jl. Ahmad yani km 12 bjm

yg ini sueger pol, kombinasi kelapa ijo ukuran guede dg tingkat kematangan sempurna ditambah gula aren dan jahe plus es tentuy membuat yang minum hah sruput terusss..
untuk souvenir dan oleh2, tentu saja jgn lewatkan ke pusatnya di martapura (1 jam dari banjarmasin)
6. lampit di pusat pertokoan intan martapura
ini semacam tikar dari bambu yang dijalin2 gt enak deh bt bobok adem banget, ada banyak ukuran nah biar gak susah bawanya ak beli yang bisa dilipet en ada tasnya ukuran 2×1.5 dapet harga 125-135rb beli 2 deh sekalian bt mertua (yg sedang jg nay dirumah hehe)
7. acsesoris:bros, gelang, kalung, manik harganya variasi tp tentuy lebih murah rata2 10-30rb, kecuali intan tentunya.
Ada 1 yg gak boleh lewat wisata pasar apung. Dan asiky menginap disini saban hari ada free klotok (angkutan air kapasitas 20org) ke pasar apung pp cos tepat depan hotel langsung udah sungai martapura…syaraty telp sehari sblmnya buat registrasi n siap2 bangun pagi2 bok jam 5wita nyeeehhh, tapi worth-ed kok dapetin pengalaman unik yg pas ak msh kcil cm bs liat lewat iklan *cti.
Asli perjalanan kurleb 30 menit naik klotok sepanjang sungai adalah rumah penduduk dan tentusaja aktivitas mereka dilakukan di sungai, seru jg..nah pas sampai pasar ya mesti cicipin dong jajanannya.

2 thoughts on “Kuliner Borneo 2: Kalsel”

  1. BUAT AKU ES KELAPA
    ENAK-ENAK BUAT AKU
    DASYAT YA AIR KELAPANYA
    . AZEP-AZEP
    BAUT AKU SENANG -SENANG AJA SIH
    SEPERTI DI PANTAI AJA MINUM ES KELAPA.

    SAYA SAMA KELUARGA SUKA ES KELAPA
    BUAT AKU SIH LUMAYAN SIP-SIP-SIP.ENAK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s