Kuliner Borneo 1: Kaltim

Kuliner negeri borneo kali ini sebenernya udah bulan lalu tepatnya akhir Mei 2011 seperti biasa kepentingan dinas tapi karena pas si Nay sakit jadinya ni jadi late posting deh. Ke Kaltim bukan yang pertama tapi yang kedua ini perjalanan jauhhhh kaleee…bisa dibayangin keluar dari rumah subuh masuk hotel jam 8 malem ajah bok??kemana??kenegeri batubara Sangatta kutai timur kaltim.
setelah mendarat di bandara sepinggan BPP langsung perjalanan darat balikpapan-samarinda-bontang-sangatta dengan kondisi jalan naik turun gunung dan rusak penuh lobang gede terutama bontang-sangatta…salute ama petambang yang tinggal disana jauh dari hiburan, keluarga dan semua muanya..satu hal yang pasti dekat dengan duit kayaknya :p.
tak terlalu banyak cerita kubawa kali ini bahkan 3 malam berturut2 menunya bakso terusss…(dan sepertinya banyak bakso dari Jawa juga hehe)
1. Bakso
-Bakso tulang sangatta
-Bakso mitra solo sangatta
-Bakso awang long samarinda
yang juara yang terakhirrrr…kuahnya enak gak pake kaldu daging yang berlemak sangat polos n henyakkk parah baksonya juga endos gandos ditambah mie kuning polos makin mantap lohhh katanya juga banyak org tambang yg bawa ini bakso ke jekardah eeeaaa.


2. Rm. Tahu sumedang
loh kok…yah kayaknya rumah makan ini specialis antar kota en lokasinya ditengah2 perjalanan yang sepiii gitu kayaknya emang sbg tempat istirahat para pengusaha tambang yang menjamur di kaltim sekali jalan balikpapan-samarinda-bontang nemu 3 rm tahu sumedang menu utama tentu saja tahu sumedang rawit n sambel kecap klo makan ak pesen ayam bakar gepuk ama teh tarik not badlah…masakan org jawa banget n ayam bakarnya pas bumbunya

3. bawal bakar
ini tempat makan rumahan menjual aneka ikan mulai lele, bawal, patin, baronang ama aneka sambel goreng. Aku pesen bawal bakar ukuran sedang, cumi pedas dan telor ikan trus dapet free sayur bening bayam, lalapan+sambel dan sayur lodeh huaaa…kuenyang parah

4. Kepiting kenari
pasti yang udah ke samarinda gak akan lupa mampir tempat yang satu ini…sebagai oleh2 juga bisa. Aku pesen kepiting telor lada hitam uk gede untuk 3 org (160rb), kangkung polos(20rb) dan es jeruk OMG enak tenannnn…

5. Iga bakar si mamat
tadinya mau ke seafood yang terkenal yaitu ocean cuman begitu parkir lihat depan ocean ada iga sapi,kambing n biri2 jd berubah pikiran deh langsung nyeberang hehe..aku pesen iga bakar ama es jeruk nipis wehh pas masak aja kita dah ngiler begitu dateng langsung hap..

Kalo oleh2nya di Balikpapan-Samarinda standart yah batik sasirangan, kerupuk amplang itu deh yang paling banyak (gambarnya lupahh hehe) bubyeee

2 thoughts on “Kuliner Borneo 1: Kaltim”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s