9 kuliner dan oleh oleh khas Medan

Setelah semarang dan surabaya…tugas bunda sampai ke kota medan, meski buat bunda ini udah yang ke-3 kalinya bertugas kesini, tapi gak salah dong mo mengulas sedikit kulinernya yang ajib ajib. Tapi hati2 yah bt yang muslim pastikan makanan kita halal disana…
1. Soto sinar pagi: jalan sei deli 2D
ini soto khas medan (18rb), agak mirip ama cotto makasar menurutku hmmm seger nikmat disantap saat panas terik komplet ama sambel kecap pedes, tambah rempeyek udang (5rb) n es jeruk (6rb). Patut dicoba

2. Mie n nasi goreng medan bukit tinggi: jalan pekantan samping novotel buka 24 jam.
Ni warung tenda baru buka abis maghrib dann begitu buka langsung ruame bok..apalagi nasi gorengnya sekali bikin segunung…ak pesen mie medan komplet ama daging semur diatasnya enyakkk parah. Per porsi cukup 12rb saja.

3. Durian ucok: pasar pringgan
Siapa yang gak kenal durian ucok di medan. Buat yg pernah ke medan gak akan melewatkannya dan harganya muraahhhh…ckup bilang pilihin durian yang pahit (istilah aroma khas medan yang endosss maknyoss) ckup 20rb dapet durian ukuran sedang yang sangat ckup buat 2 org…daannn nagih buanged loh.ada paketannya jg loh mulai 6 durian pilihan tanpa kulit masuk tupperware 150rb (sangat layak buat pecintah durian di jekardah) – paket 360rb dst

4. bolu meranti: jl. Kruing no 2k
Ini titipan hubby, saban ke medan selalu minta dibawain yang keju kebetulan lagi sejak 2 bln lalu baru dibuka cabang pertamanya dia di jl,sisingamangaraja pas depan hotel tempat ak nginep. Per box 40rb rasa keju/mocca/mix untuk yang standart
5. Bika ambon zulaikha:jl mojopahit no.62 medan
ini juga oleh2 khas medan, bedanya ak n hubby ga terlalu suka bika ambon tapi selalu mampir kesono sekedar beli markisa, terong belanda (30rb/btol), kopi medan (15rb/250gr), teri medan (25rb/bks), permen kelapa (14rb) sekalian bt oleh2 para tetangga hehe

6. Pancake medan: jl sekip no 67H
nah jujur ini kali pertama ak nyobain karena emang booming blom lama dan mihil bok. isi 10 (segede 1 daging durian) harga 70rb ajah..emak irit belinya ngeteng 2pcs 16rb yah daripada penasaran kan kan kan…ini tahan smggu di freezer karena tanpa pengawet klo di luar pendingin tahan 10-12 saja…rasanya mirip durian kw super yg dipadetin n ada kulit cakenya lebih nikmat disantap dingin.

7. teh telor alias TST: jl Puri Medan
tadinya kukira porsinya kecil eh begitu dateng mbokkk guede ajah gelasnya padahal mau dijadiin makanan pembuka, minuman ini banyak ditemui sepanjang jl. Puri Campuran teh susu telor bikin anget badan dan cocok buat begadang sambil ngobrol ngalur ngidul bareng temen2 harga 7rb

8. Rm tapsel madina buffet: jl. Yos sudarso medan
ini masakan melayu khas tapanuli selatan henyak deh bumbunyo mantaph nian ak nyobain nasi+gulai kepala ikan (23rb) ama balado belut (8rb) plus jus terong belanda (7rb)

9. Bakso daging lembu pak amat.jl ir h. Juanda 112
bakso daging ini konon paling enak se medan dan bener ajah meski ak makannya dalam kondisi kuenyang TST tetep endang sumendang loh..daging basonya n tambahan daging suwirnya mak mantaph kaleee,,,(12rb).

16 thoughts on “9 kuliner dan oleh oleh khas Medan”

  1. aku pengen bolu merantinya bun…ihiks makanan khas medan seumur hidup yg baru kumakan bika ambon doang.. trus kalo teh telornya itu gak eneg ya ? hihihiii aku emoh kl yg itu (tp balik ke selera msg2 kali ya)

  2. @jeni
    bolu merantinya masih ada dirumah hayuukkzz sini…., teh susu telornya mirip banget ama teh tarik bener2 gak berasa lagi telurnya karena telur ayam kampung dikocok dengan kekuatan penuh..gak enek kok cuman sedikit kemanisan susu kremernya ;p

  3. assalammualaikum wr. wb
    permisi bapak/ibu, saya mau menawarkan produk emping melinjo kami, kami juga melayani partai besar / mencari reseller.
    silahkan lihat-lihat dulu produk emping melinjo kami di link ini
    http://www.facebook.com/media/set/?set=a.106622486136348.8231.100003657914387&type=1
    terimaksih atas perhatian bapak/ibu pada penawaran produk emping melinjo kami..
    mohon maaf jika kiranya comment ini kurang berkenan bagi bapak/ibu
    wassalammualaikum wr. wb

  4. Oleh oleh khas Medan berupa kaos bisa didapat di PunyaMedan, distro kaos dan merchandise bertema Medan. Alamat di Jl. Asrama Komp. Bumi Asri No. C57-58

  5. Suami lg dinas ke Medan. Browsing2 niatnya mo nyari oleh2 spy dibawain suami. Tapi pas baca tulisan ini, bukan cm pengen dibawain oleh2, tp pengen nyusul aja. Pengen icip2 smua yg diceritain. Aseli dah, bikin ngileeeeerrr🙂

  6. itu sih masih kurang kalo kita mau mencicipi wisata kulinier di Medan, karena masih ada lagi yang makanan nikmat, seperti Seafood di Restoran Marina Belawan ato di Nelayan Seafood. Selain itu ada juga jajanan makan malam di sepanjang jalan ringroad sunggal….

  7. @buadi
    Tentu saja blom lkp lawong cm smggu disana🙂. Klo seafood nelayan bukan khas medan dimana2 ada jd emang gak dimasukin

  8. Pancake durian medan & sate kerang tanjung balai phone 08116128180 & 085261219078 alamat jalan Abdullah lubis no.57/71

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s