KPR BTN dan Pengalihan Hutang

Rumah mungil kami saat ini adalah KPR dari BTN sejak Aug 2008, seperti yg pernah aku bahas disini
dan setelah 2 tahun lebih berjalan, uang masuk udah 75jtan mau tau hutang kami berkurang berapa?? 25jtan aja bok…ini konsekuensi sistem bunga anuitas dimana kurang lebih sampe 5 tahun (untuk KPR 10 th) proporsi bunga lebih tinggi dari pokok hutang yg kami cicil dan akan berbalik mulai 5th keatas…tdnya okeh2 aja dengan sistem ini tapi iseng2 hitung kemungkinan pindahin hutang KPR ini dengan kretap s/d 5 tahun di B*I yg kebetulan udah bekerjasama dengan kantor tempat aku bekerja kok beda totalnya lumayan (corporate rate). apalagi ad temen yg udah duluan pake cara ini weh makin tergoda deh…satu2nya keberatanku adalah prosentase hutang AB-fam jadi sangat tidak sehat pasti beberapa pos keuangan terganggu seperti pengumpulan dana darurat, pos belanja, dan pos2 simpanan s/d 4 tahun ke depan tp 1 kata sakti “Bismillah” semoga diberi kemudahan asal jgn lupa kewajiban aja deh…amien.

Apa saja syarat pelunasan KPR BTN??
1. KTP asli
2. Buku Tabungan BTN (sebaiknya dana pelunasan udah ada disini)
3. Berkas pinjaman (Pas KPR dulu) –> just in case aja
4. Materai 4 @6rb
5. Denda/pinalti pelunasan: 1% dari sisa pinjaman dan bunga berjalan klo ada (sebaiknya udah ada di rekening BTN juga) gak relaaaa huaaa
Prosedurnya benernya guampang banged tinggal ke BTN terdekat (sebaiknya BTN dimana dokumen kita disimpan jadi bs langsung dapet dokumen) minta printout rincian sisa hutang yang mesti dibayar (dengan pinalti dan bunga), bayar ke teller, balik lagi serahin bukti dari teller, selesaiiii….i dokumen dicari, diperiksa, ditandatangi diserahkan dan pulang…tapiii karena oh karena dodolnya petugas dan sistem jaringan yang sering offline jadinya aku balik sampai 3 kali bokkk, sempet debat seru juga ama petugas yang amboy manise bisa ditaruh di bagian kredit tapi sama sekali gak bisa ngitung komposisi bunga tiap bulannya, gak tau kalo ada jeda antara sistem pendebetan otomatis ama kapan postingnya cepek deh.
Untuk sekedar checklist, yang aku dapet bersama sertifikat aku adalah:
1. Sertifikat ham milik (SHM) asli a.n kita (biasanya klo rumah baru, 3-6 bulan sertifikat udah balik nama dari pengembang ke pembeli)
2. Sertifikat hak tanggungan (SHT)
3. IMB asli (atau fc. dengan legalisir) disertai dengan denah rumah/blueprint bangunan dan peta situasi
4. AJB (Akta jual beli)
5. APHT (Akta Pemberian Hak Tanggungan)
6. Akta Pengakuan Hutang dengan jaminan
7. Bukti pelunasan (dari teller)
8. Pengantar Roya
Selesai??tentu belum selanjutnya si sertifikat mesti diurus royanya ke BPN setempat (ini penting dilakukan sehingga sertifikat kita benar2 menjadi hak milik kita dan bisa dijadikan agunan kembali), bisa pakai jasa notaris atau diurus sendiri…emakirit mau nyoba urus sendiri ke BPN Tangerang yang konon katanya pungli terang2an…wish me luck yah ;p (tar diposting tersendiri)

nb: sebenernya ada juga pembayaran ektra KPR di BTN minimal 5x cicilan bulanan yang langsung mengurangi pokok hutang loh trus kita dan bisa milih mengurangi jumlah cicilan atau mengurangi tenor pinjaman kita tuh kan sangat menguntungkan bt yg dikantornya ada bonus2an cucok nii….
ilustrasinya begini:
sisa pinjaman 150jt, cicilan 2.6jt, tenor 7th lg … bayar xtra 25jt maka hutang kpr jd 125jt trus pilihannya klo ngurangi tenor maka waktu pelunasan kurang 5.5th lg klo kurangi cicilan jdnya 2.1jt tinggal pilih mau yg mn….

6 thoughts on “KPR BTN dan Pengalihan Hutang”

  1. Mbak, kok sama sih pengen oper kredit juga, wakakak.. Aku jg kepikiran B*I 46 sih. Aku ambil yg di bank bisa sendiri itu lumayan naeknya. Oia, aku jg smpt simulasi sama bank cw, selisihnya sih sktr 300rban. Mau pindah tp kok ribet banget ya kayaknya. Jdnya dipending dulu deh (˘.˘“)

  2. @astrid
    aku B*I yang atunya lagi…bener banged konsekuensine ribeddd
    1. ngurus kredit baru dulu + admin + biaya (yg terakhir selalu bikin pusing)
    2. ngurus pelunasan +admin +biaya
    3. ngurus faktor ikutan .. roya sertifikat + buka asuransi kebakaran sendiri + biaya
    hadeeehhhh…tapi karena itungannya emang lebih baik dari tetep bertahan yo wes dilakoni hehehehe

  3. Mba Anis, mau tanya utk pengajuan kredit di bank yg baru pke jaminannya apa? Kan sertifikat dll masih ditahan sm BTN?

  4. @gasana
    saya alihkan ke kredit tanpa agunan bank yg kerjasama ama kantor pak max 5 tahun jadi gak pake agunan justru saya pelunasan di btn dan sertifikat di saya sekian

  5. 5. APHT (Akta Pemberian Hak Tanggungan)
    6. Akta Pengakuan Hutang dengan jaminan
    7. Bukti pelunasan (dari teller)
    8. Pengantar Roya
    Selesai??tentu belum selanjutnya si sertifikat mesti diurus royanya ke BPN setempat (ini penting dilakukan sehingga sertifikat kita benar2 menjadi hak milik kita dan bisa dijadikan agunan kembali)”

    1. kalau sudah lunas kenapa pakai point 5 dan 6?
    2. Pengantar Roya itu apa ya? Suatu saat jika ingin dijadikan agunan kembali, dengan IMB dan SHM sudah bisa diapprove kata salah satu bank pemberi kredit.

    trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s