Teror MPASI: Sembelit,Alergi,GTM,GMM

Adaaa ajah yah ternyata di setiap fase tumbuh kembang si kecil yang mulai MPASI kalo aku rangkum en sepanjang yang aku ketahui ada 4 teror utama dalam MPASI buah hati kita yaitu sembelit, alergi,GTM dan GMM…dan hikz sepertinya Nay2ku mengalami 1 teror yang namanya “SEMBELIT” deuh semoga 3 teror lainnya gak menimpa Nay2 amien2x…di hari ke-14 MPASI Nay saat pengenalan serealia pupnya masih blom bermasalah, begitu masuk carbo (kentang, labu parang) pupnya dikit2 banget dan saat mengeden seperti kesakitan en “usaha banget” tapi yang keluar dikit gitu (sehari bisa 2-3kali) bahkan terkadang sampai nangis padahal dah dikasih cemilan jus pepaya setiap hari…dasar Nay2 dia masih sangat2 lincah guling2, ketawa, merayap, belajar onggong2 dan tatatata papapapa ngoceh tapi bundanya sedih kasian ngeliatnya…
Langkah pertama hari ini aku stop dulu pemberian MPASI harusnya ini hari ke-3 Nay makan labu parang trus aku ganti ama kasih asip lebih banyak dari biasanya, air putih minimal 80-100ml sehari dan tetep kasih jus pepaya di siang hari rencana kutambahi buah pear besok tar malem mo beli dlu.
dari Googling dapet info bagus sumbernya mpasirumahan bahwa:
Menurut buku The Baby Book, ada 2 jenis makanan yang cenderung membuat sembelit : Pisang dan Serealia. Tapi tunggu dulu……..
Karena ini adalah tulisan berdasarkan pengalaman saya menjalani MPASI serta pantauan postingan member di milis mpasirumahan, maka saya menemukan bahwa kedua hal tersebut bersifat relatif.
Saya memperkenalkan anak saya pada makanan padat berupa bubur tepung beras merah+ASI yang teksturnya encerrrr dan sekali makan ‘hanya’ 50 ml, frekuensi 1-2 kali sehari. Alhamdulillah tidak terjadi sembelit. Mungkin, karena pelarut si bubur tadi adalah ASI yang terkenal sebagai pelancar pencernaan terbaik untuk bayi (^_^).
Soal pisang yang bikin sembelit, ada betulnya juga. Tapi ternyata itu tergantung pemilihan pisang-nya. Ada 2 tips kuno dari Ibu tercinta saya

  1. Bahwa dalam memberikan pisang pada bayi harus dipilih jenis pisang ambon yang sudah betul-betul matang (dalu). Ciri-cirinya : kulit pisang sudah keluar bercak-bercak coklat dan daginnya lembut.
  2. Kerok pisang dan berhenti tepat di daerah dekat biji/tengah pisang. Konon, bagian tengah inilah yang menyebabkan sembelit. Bagian tengahnya.. buat ibunya saja.. hehehheeh (*_*)v

Nah, bagaimana kalau sudah terlanjur sembelit? Menurut buku dan hasil post di milis ada 4 cara untuk mengatasi sembelit di awal makan makanan padat pendamping ASI/sufor:

  1. Hentikan pemberian makanan yang dicurigai sebagai sumber sembelit, berikan lebih banyak ASI. Karena ASI merupakan pelancar pencernaan yang terrrrrr BAIK.
  2. Berikan lebih banyak air putih. Air putih bukanlah sesuatu yang dilarang bagi bayi ASI diatas 6 bulan dimana makanan padat mulai diperkenalkan.
  3. Pijat I-Love-U pada perut bayi plus berikan gerakan mengayuh sepeda.
  4. Buah pepaya, peach (segar, bukan kalengan) dan jus prune kering (dried prune) diyakini sebagai pelancar buang air besar.

Apabila semua cara atelah dilakukan namun bayi tetap sembelit dan kesakitan, Waktunya untuk berkonsultasi pada dokter anak. Biasanya akan diberikan obat pencahar/laksatif yang dimasukkan lewat dubur bayi.

Semoga bermanfaat dan semoga teror sembeli segera berlalu…amien

13 thoughts on “Teror MPASI: Sembelit,Alergi,GTM,GMM”

  1. bunda nay..ternyata sama ya..zain juga begitu dikasih labu parang eh sembelit juga, mpe gak tega liat dia ngeden2 makanya aku stop juga labu parangnya..labu parang emang bikin sembelit kali y?
    o ya bund nay..mau tanya ni..klo udah mpasi gini nay mimik asinya gmn?berkurang gak?soalnya zain jadi berkurang gitu seharian ditinggal krja cuma jadi mimik 3×120 ml..trus klo ngasih air putih yang 80-100ml tuh abis makan ato gmn?

  2. @asty
    deuh karena dah 5 hari atas masukan dokter juga dibolehin pakai microlac 1/2 dosis dan langsung pup meski tetep dia kesakitanšŸ˜„. Yah sementara ni stop mpasi cuman buah ajah dlu deh hossshhh
    @bunda zain
    pas mpasi lancar 2x sehari mimiknya berkurang dikit tadinya 6-7 @100ml skr 4-5 @100ml cumn karena sembelit aku hentikan dlu jadwal makanannya en skip ke fase buah (mestinya jdwal labu parang kurang sehari n lanjut ubi manis). air putih sehabis makan aku sendokin se cup feeder kayaknya cuman 40an ml deh.

  3. hai hai.. mau nimbrung soal sembelit ituh..
    Naya-ku rekor 4 hari ga pup semenjak MPASI, pdhl waktu masih ASIX lancar jaya tuh, sehari bisa 3-4kali pupinya..
    Nah, setelah 4 hari ga pup itu, di hari ke-5nya dia pup (setelah sarapan pisang Ambon-ASI, ngeden bo, sampe ada darahnya gitu..muka merah, olab, dan hampir nangis pula.. hiiikksss sediiihhh
    btw, bener deh sebaiknya coba pake cara2 alami aja Bun, jangan microlac deh.. hiiiiyyy, syerem ahhh

  4. @bunda naya
    namamu kayak mggil ak sdri deh nay2 bnery singktn dr kanaya hihihi…samaan. aq jg g tega ksh microlac tp darurt dah mo 7 hari mky mest dkluarin n tyt kerassss bgt dan nngis hikzzz…skr jg blom lncar pupnya swgala cara alami udah panikkkk

  5. hwaa.. ternyata sama ya…. anakku udah 6 hari ga pup. syedihhh banget… gimana ini ya? padahal pup trakhir udah dikasih mikrolac. masa ya iya sekarang mau dikasih lagi… #tepokjidat plus ngelap keringet# makasih ya tipsnya. bermanfaat bgt.

  6. @emmy
    nay sampe 2x di microlac skr dah saban hari pup tapi blom lunak kayaknya nurun emaknya niy…tapi tetep jangan bosen kasih buah n pijet ILU…

  7. iya nis…. sama nurun emaknya… hihih *maluuuu** tp bener de uda rempong mikirin menu mpasinya eh ditambah pupi yang blm bisa saban hari… udah dicekokin pepaya, pir, tetepp aja anaknya muales buat pupi saban hari… pfiuhh… ko bisa saben hari akhirnya dikasih buah apa nis?gara gara ini menunya jadi brantakan deh… rubah sana rubah sini *gilingannnn* hehe oia, pupi anakku udah kebentuk de. awalnya berbentuk bulat mrungkel stlah itu kluar kayak sosiss panjanggg… hahahahah *sory joyok ye..

  8. @emmy
    nay sejak mpasi pupnya juga berbentuk gitu (eh sempet sih gak berbentuk tapi bentar doank semingguan) klo skr tinggal berbentuk keras apa berbentuk lunak hehehehe ih kok tetep jorok. aku juga gak tau dikasih apa yang pasti tetep ajah dikasih buah2 rutin, di pijet ILU di perut, selebihnya tggu respon dia ajah hihihih…

  9. mbk, kok sama ma anakq. Aq nympe pusing ni dia sembelit terus.
    Udah 9 bln yusufnya loh, tp msh aq kasi bubur encer ni. Lha dia pup mesti kalo uda 5harian. Pake ngejan n nangis jerit2 gtu.
    Uda ke Dsa katax disuruh bnykin air putih n asi. Tp tetep aja tu sembelit. Pepaya, pir, pijat ilu udah. Microlax udah. Ada masukan n saran ga mbk? Tqa loh, tp msh aq kasi bubur encer ni. Lha dia pup mesti kalo uda 5harian. Pake ngejan n nangis jerit2 gtu.
    Uda ke Dsa katax disuruh bnykin air putih n asi. Tp tetep aja tu sembelit. Pepaya, pir, pijat ilu udah. Microlax udah. Ada masukan n saran ga mbk? Tq

  10. @ummu
    aku tau betapa gundahnya dirimu…sementara emang hanya bisa usaha sebisa kita. coba selain makanan (pepaya,pear,pisang), pijat perut ILU dan gerakan seperti kayuh sepeda klo blom juga emang jalan terakhir adalah microlac tapii kasian emang klo bolak-balik pakai…maaf ga bs bantu karena akupun gak tau mesti pakai cara apa lagi.

  11. anak ke 2 ku juga sembelit setelah 1 minggu mpasi. pengalaman dulu anak pertama sudah makan buah tetep susah pup kata dokter sih karena anaknya udah trauma sama sakitnya. so dia memilih untuk menahan pup untuk terhindar dari sakit. Dia ga ngerti kalo makin ditahan akan makin keras pupnya. Emang harus pelan2 mengubah image pup itu sehat, ngga sakit kalo dikeluarkan setiap hari. Anak pertamaku sampai usia 3 tahun baru bisa ngomong sakit perut, mau pup. Sebelumnya aku yang bawa dia rutin untuk pup, itupun tetep pake nangis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s