MPASI Nay 10 Hari…

Iyaaahh…MPASI-nya Nay dah masuk hari kesepuluh loh..
Dan Nay dah nyobain beberapa makanan yaitu: gasol beras merah wangi, gasol beras coklat, puree zuchini, puree kentang, dan mulai mau masuk puree labu parang besok..trus sesekali untuk mengantisipasi konstipasi Nay juga dah dikenalin ke puree apel ama puree pepayass…
Gimana mulai repot??Yesss agak siy, tapi asli seruu dan menyenangkan sampai detik ini bunda belum menyentuh yang namanya blender (ya iyalah blender phillips segede bagong yang kebayang males nyucinya #emakpemalas), sekarang masiy sante pake pigeon food maker aseli buatq kepake banget meski sedikit rempong en pegel tapi enak nyuci dikit dan untuk bayi yang porsi makannya masih segitu2 ajah sangguplah menyisihkan waktu 1-1.5 jam di minggu sore/malam buat bikin stok seminggu…
Oh yah sekarang mau sharing tentang MPASI Nay yang masih gampang2 ajah bikinnya yukz mulai:
Puree Zuchini (ini sayuran pertama yang dikenalin ke Nay)
Bahan:
2 Zuchini ukuran sedang (harga IDR9k-10k)
air untuk mengukus
Cara membuat:
Kupas Zuchini (bisa sekalian ama kulitnya juga siy mirip timun n terong teksturya), cuci bersih, keluarkan bagian tengahnya yang ada biji, potong2 kecil siap dikukus kurang lebih 10 menit setelah lembek bejek2 pakai foodmaker n saring gak usah ditambah air lagi karena dah berair. Selesai
Cara penyajiannya kalo Nay langsung dikasihkan ajah sebagai kombinasinya dibikin gasol beras merah wangi saus Zuchini dan si Nay sukaaaa

Puree kentang dan Puree Labu parang
Bahan:
4 buah kentang ukuran sedang (IDR10K)
1/4 Labu parang ukuran sedang (IDR6K)
air secukupnya untuk mengukus
Cara membuat:
Kupas kentang dan cuci bersih, iris serong (kira-kira tebelnya 1 cm) biar bagian dalemnya mateng n empuk sempurna, untuk labu parang agak nyiksa pas kupas soalnya keras kulitnya tapi pas mateng empuk, lembut dan manissss. Karena kukusan aku gede ngukusnya sekalian 15 menit-an sampe empuk bener deh baru di bejek2 en saring (agak rempong sih) tapi kelar juga tuh sejam untuk semua puree-nya ceritanya mo nyetok buat seminggu kedepan. Eh ya si Nay gak terlalu suka kentang dah dicoba campur Zuchini, udah juga campur pepaya tapi tetep ajah kurang antusias untuk menyiasatinya disela2 makan disendokin air putih 1-2 sendok dia semangat lagi mamamnya sampai abis. Target aku sekali makan Nay minum 3/4 cup feeder medela 20-25mlan deh.
Puree Pepaya
Bahan:
1/4 Pepaya coklat ukuran sedeng
Cara membuat:
Ni puree paling gampang, kuncinya pilih pepaya yang emang dah mateng, merah dan manis bejek2 saring dan bisa langsung idkasih ke si baby. Aku sengaja stok puree pepaya jaga2 kalo Nay pupnya susah langsung dikasih puree pepaya ini. 3/4 bagian dimakan emaknya 1/4 bagian dimakan Nay Nay enakk kannn. Untuk pepaya Nay suka banget badan langsung maju2 gitu menandakan “lagiii dan lagiii…”

Manajemen puree
Sekalian cerita kalo aku bikin puree-puree kentang, puree labu parang n puree pepaya setelah semua pure selesai mengikuti angkah2 diatas langsung aku tuang ke babycubes dan masukkan freezer. esok paginya dah beku dikeluarin en masukin ke plastik zipper dan dilabelin kalo pureenya mau dipakai 1-2 hari gak usah dibekuin cukup ditutup en taruh di kulkas bawah katanya siy puree beku bisa tahan sampai sebulan tapii buatku seminggu ajah kali yahhh…klo dah mau dikasih ke bebi turunin dulu, lalu di steamer bentar tambah asip anget deh siap dimamam. Nah klo puree dan masuk zipper plastik si baby cubes dah kosong lagi cuci bersih-steril dah siap dipakai kembali…klo aku sih karena bikinnya untuk seminggu MPASI yah baby cubes akan kepake lagi minggu depan. Kecuali nanti yah pas dah kenal kaldu pasti akan lebih banyak lagi bikin macem2nya…next step lah…

Baiklah sekian sharing 10 MPASi Nay…tar akhir bulan direview lagi yakzzz.

15 thoughts on “MPASI Nay 10 Hari…”

  1. @asty
    labu parang yang dibuat kolak kayaknya, cos aku gak pernah bikin sayur labu parang.hihihi…yang dibikin hallowen itu deh klo gak salah mirip2 ama kabocha bedanya cuman warna kulitnya orange klo kabocha hijau (klo gak salah yah)

  2. @asty
    oops ada yang lupa, klo pepaya saat ini masih aku bikin selingan jumlahnya dikit ajah kalo pupnya keras gt deh…jaga2 ajah. nanti klo dah masuk tahapan buah akan dibanyakin porsinya

  3. @asty
    iyah kayaknya emang ga ada beda antara labu kuning ama labu parang tapi kabocha juga kuning loh….nah bingung kan yah mereka sejenis cuman beda2 family kayaknya hihihihihihi

  4. berkunjung bunda
    resep mpasi yg ini aku sukaaaa bgt bund
    rencananya Adiva ku pen ku ksh puree kentang & labu juga
    yess…makin mantab aja deh dgn menu puree kentang, labu&pepaya

    klo apael gmn bund?

  5. @nova
    nay2 sembeli stlh mkn kentang n labu kuning jdy agak amburadul ke blkgnya skr mkn beras merah, melon kuning, pear xiang li dulu…tp ank beda2 kok nov ad yg okeh2 ajah termasuk apel nay2 juga bbrp kali pk apel tp kty klo lg smbelit gak dianjurkn

  6. @nita
    bisa halus banged kok nit jadi jgn kuatir….saringan kawat apapun (gak harus food maker) juga bisa kok…iyah campur asi

  7. mbaaak, klo beli zuchini, kabocha gitu belinya dimana ya mbaaak?

    akhtar udh mulai MPASI nih sabtu inii😀

    ada akun gmail g mbak? aku mau ngangguin dirimuuu😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s