Kuliner Kediri…

Yah saat ini setiap dinas mesti melawan rindu ama si cantik Nay Nay…salah satu hiburannya apa lagi kalo bukan kuliner…kali ini bertepatan dengan heboh penerapan sistem Garuda pas pula emak Nay Nay pakai itu maskapai tapi Alhamdulillah lolos dari pembatalan (Kena delay hampir sejam pas berangkat tapi pas balik malah dipercepat 1 jam.Aneh!!!! :(…). Asip tetep produksi n stok cuman karena sempet pindah2 hotel aku gak bisa jamin kualitasnya tetep bagus makanya gak disimpen lama-lama langsung dikasih Nay Nay pas nyampe Jkt…rada gagal siy en dengan jumlah hari yang sama kali ini bawa pulang asip gak ada 1.5liter…seliter lebih dikit gt deh.
Kembali ke Topik bagi yang belum pernah ke Kediri, kota ini dapat ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan darat dari bandara Juanda dan merupakan salah satu kota rokok ternama gak heran PAD-nya gede.
Bagaimana dengan oleh-oleh kediri dan kulinernya….sebagai kota “tahu” tentu tahu menjadi primadona utamanya, meski begitu makanan lainnya juga banyak disini yuks kita mulai..

  1. Sate ayam kampung Pak “Siboen” Jl. P. Sudirman 134 Kediri –> Tentu saja yang dijual sate ayam dengan bumbu kacangnya yang lembut, disini juga jual garangasem balungan (sayam, kepala, ceker dll). Untuk sate bisa pilih mau daging, jeroan atau campur yang pasti dagingnya empuk, gurih bumbu kacangnya lembut ke arah manis enak deh…banyak foto artis n para pembesar di dinding2-nya, garang asemnya juga mayan buat yang suka otak atik balungan…harga sate ayam per porsi (isi 10) 15-18rb, nasi putih 3rb, garangasem 6500 dan aneka minuman rata2 5rb-an cukup murah kannn…tapi nanti ada yg murah lagi🙂

  2. Pecel tumpang bu Darmo a.k.a Pecel Banjaran Jl.Banjaran Gg.1 no.115 Kediri –> Konon katanya ceileh paling enak di Kediri dan belom jam 7 pagi dah abisss…ngeri. yah biar gak mengganggu dinas jugak akhiry yang ngantri pak driver kita (makasiy pak…) dan tinggal diantarlah ke hotel…rasanya nendang banget n kenyang harga 4rb-an sajahhh hohoho
  3. Soto ayam bok Ijo ak.a Soto ayam tamanan di Kompleks terminal baru Kediri –> Seger, gurih en nagih itu dia yang bisa aku berikan kepada soto ayam ini, tambah dengan cabe kukus dan kerupuk makin asoy deh di area ini banyak banget yang jual soto ayam meski yang laris manis ya bok Ijo ini, selain soto ayam juga ada bakaran ayam disini jadi ayam di bumbu kecap dll lalu dibakar sebegai teman makan si soto atau di makan terpisah juga boleh. Harga sotonya 3500 sajahhh en 1 porsi bakaran ayam (sayap/paha) 13rb.
  4. Tahu pong, Getuk pisang, stik tahu, tahu kriuk di toko Poo Jl. Yos Sudarso no.92 Kediri –> ini pusat oleh2 di Kediri sepanjang jalan yang dijual mirip2 rajanya pasti tahu kediri ada yang kuning dan ada yang putih 1 besek isi 10 harganya 17rb karena ribet bawanya bunda beli tahu pong yang udah mateng (include cabe rawit n petisnya) seporsi 7rb dan aseli bikin lagi dan lagi dan lagi…ada juga olahan tahu kaya stik tahu dan tahu kriuk (kuit tahu dibentuk bulet dijadiin kerupuk gt) sebungkusnya 7-12rb sajah trus terakhir yang gak kalah enak adalah getuk pisang lembut dan manis katanya bs tahan 3-7hari cucok buat oleh2 dan pastinya bunda bungkusss semuanya bawa pulang🙂.

Sekian info kulinernya yak met makan…

3 thoughts on “Kuliner Kediri…”

  1. Klo yang ini q ngiri…ortu jg pernah tgl di kota ini beberapa taun n aseli q kerasan banget!!, andai aja ni kota letaknya ga terlalu “melenceng” dari jalur kedinasanku, q bakal nyaranin mereka ngabisin masa tua disana..:)

  2. aku anake wong Tulungagung tinggal di Bekasi soto kediri mak nyus, aku sering diajak makan soto kediri kalau lgi pulang kampung seperti tahun baru kmrn aku mampir makan soto di sepanang pinggir ngadiluwih soto mak nyooosssszzzz……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s