Akhirnya Unitlink Ditutup…

Akhiry unitlink kami tutup…atas nama hubby siy blom juga genap dua tahun tapi kan sumbernya dah disatuin sejak we’re getting married, bayar bulanan IDR350K…sebelumnya sempet bikin perhitungan target investasi dari tahun ke tahun plus berpikir positif tercover asji whole-life n santunan rawat inap but heyyy kondisi sekarang gak bs sembarang meletakkan uang. Kami lagi pengetatan ikat pinggang yang mesti diikuti dengan bijak berinvestasi (dari sekian pengetatan yang blom bs realisasi adalah belanja buat nay nay…ampyunnn dalam seminggu 1-2x ol shopping yg softbook-lah, legging-lah, baby dress-lah, neckring-lah…dll dll *lirik papa bash) back to topic akhirya hasil diskusi me n hubby sepakat merugi 60%lebih uang yang dah kita setor…sigh, untuk kemudian lebih optimal mengalokasikan duit kita..*semoga.
Cara penebusan polis gampang ajah kok klo males lewat agen-y ckup datang ke kantornya siapkan polis asli, form tebus, copy ktp n copy rek. Bank dan nilai tunaipun akan cair 12hari kerja…hyaa.
Nantinya setoran IDR350K/bulan akan di switch ke:
1. Asji murni me UP:250jt, 20th
2. Asji hubby UP:250jt, 20th
3. Dana pensiun ab-fam dalam bentuk reksadana saham
UPnya dikit??gpp daripada tidak samsek sementara emang segitu kemampuan kami nanti kan bisa ditambah🙂.

19 thoughts on “Akhirnya Unitlink Ditutup…”

  1. Jeng, aku msh blum ngerti unitlink scr ya ada mantan bosku yg udh ngajak janjian mulu mo mrospek aku about unitlink Prudential. Duuh mo nolak ga enak, kalo ku ambil (stlh bc2 info) returnnya ga maksimal, bener ga sih?. Eh itu so dirimu msh di Prudential tp ambil asji aja (ga pake unitlink)gt or bgamn?… share info ya, please, tq.

  2. @Yeni
    klo mau penjelasan komplit googling ajah buk lebih bener jelasinnya…sependek yang aku tau unitlink adalah asuransi jiwa yang sekaligus mengandung unsur investasi (juga semacam reksadana saham), plus santunan rawat inap rs, plus raider macem2 yah cacat tetap,kecelakaan dll. nah biasanya 10tahun pembayaran dan karena dicampu2 gt investasinya kurang maksimal meskipun dalam segi kepraktisan tetep menang yah…kenapa ditutup??yah itu tadi maunya maksimal asuransi jiwa ambil yang murni artinya klo tidak terjadi meninggal yah duit ilang plus sisanya beli reksadana (mudah2an hasilnya lebih baik), rawat inap dll?kan dah dapet dari kantor….sekilas siy gt jadi sekarang gak py unitlink lagi.

  3. @tya
    justru itu … langsung kabyur ke kantory tutup…klo agennya telp dah gak ngaruh permohonan dah disetujui kok :p. klo ngomel telp ditutup ajah *jahat

  4. ya-ya lumayan mudeng. btw, about asjinya, dirimu msh ambil dit4 yg sama or beda t4? hehehe maklum bu, utk asji aku notok mentok ma Bumiputera scr udh dr kecil dikenalin asuransi disana ma ortu. Tp skrg mo nambah asji lirik t4 lain, tp blum berani mutusin mo ambil dimana.

  5. @Yeni
    klo mau yang premi murah bangets di manulife say, cuman minimal premi 2jt/th untuk aku 28th dapet UP 1.1M guede bangets kan cuman ya itu gak bisa ambil UP dibawahnya…(masih asa sayang), klo yang lain rata2 sama per-UP 100jt biasanya premi 300rb/tahun jadi klo aku ambil 250jt yah 700-an rb pertahun. mau ambil d takaf*l,se*uislife+lainnya bahkan mkin b*miputera asjinya juga segituan. Ak ambil di yang se*uislife cos bs panjang ampe 20th ajah siy klopun setelh 10th mau berhenti kan nothing to loose🙂

  6. tengkyu so much infonya jeng, akan kupertimbangkan deh (pokoknya aku yg penting ga ambil unitlink sblm ikutan nyesel)

  7. hai hai anis…kunjung balik ni…aku jg berencana cover asji nih…tp belum cari2 info lebih lanjut emang, hehe..eh ternyata bs ya dg premi ratusan ribu??selama ini taunya setaun sekian juta, makanya masih mikir berkali2😛

  8. @mouna
    bisa buk tergtg perush asjinya siy…setauku man**ife minimal premi setahun saat in 2jt tp emang upnya guede 1M lebih…klo takafu* ama sequ*slife kayaknya masih 500an ribu/tahun cmiiw.sekalian ijin link yahhh

  9. aku link jg blognya ya mba…wah, mesti cepet2 nyelesaian urusan RD dulu ni biar bisa konsen cari2 asji…🙂

  10. Hai Anis,

    Salam kenal!

    Artikel financenya bagus. Sangat membumi dan gak muluk2, gampang diterima orang awam kayak saya.

    Kadang suka baca koran keuangan atau artikel financial planner (yang top2 itu) lbh ruwet dan ngasih contoh kasusnya kurang grounded, tapi setelah baca blog ini baru lebih gampang dimengerti dan jadi termotivasi.

    Keep blogging ya..

  11. @waluyo
    oh oh oh benarkah…???makasiy buat pujiannya yang terlalu kelangit…klo gtu saya akan belajar jadi fin planner yang membumi🙂. met kenal jugak

  12. Mbak Anis, minggu lalu (akhir sept 2011) saya ditawari unit link dari Allianz. Saya bisanya bayar per bulan 500 ribu. Saya bilang maksimalkan di UP jiwanya. Nah, manfaat yang bisa saya terima adalah:
    1. UP jiwa : 450 juta
    2. Kecelakaan: 300 juta
    3. Sakit kritis : 300 juta
    4. Cacat total: 300 juta
    5. Payor: 6 juta per tahun.
    Kemudian pada tahun ke-10, uang saya bisa balik modal (62 juta lebih) dengan asumsi 18% terpenuhi.

    Dia bilang, kalau salah satu manfaat tsb dihilangkan, maka UP jiwa bisa mencapai 500 juta atau lebih.

    Saya kan sudah baca tulisan mbak dan lain-lain tentang memisahkan asuransi dan investasi. Saya ingin tanya, kalau saya harus memisahkannya, kira-kira adakah asuransi tradisional+reksadana yang bisa memberikan manfaat seperti di atas? Kalau ada, bagaimana caranya? Kalau ada tapi selisih manfaatnya tidak terlalu besar, ya tentu saya memilih UL yg ini karena lebih simpel.

    Makasih, Mbak. Salam kenal dari saya yg baru belajar perencanaan keuangan.

  13. Sy sdg di krl saat bc comment bpk thx dah bc blog sy, ehm sy bukan ahliy mslh in krn emang jg sdg belajar. Mestiy in bpk htg byk kok alt hitungy di inet, analisa simple sy asji murni up 500 bt sy 1.5jt perth klo sy mau bs dtmbh payor kecelkn, cacat ttp dsb nilai sy gak tahu krn yg sy ambil yg murni trus kesehtn sy dpt dr kntor dan mudah2an seht selalu jika. Klo sisa 4.5jt perth sy msukkan reksadana berkinerja bgs dg asumsi misal 18perc msh sama gak tuh pak returnnya klo sama aj kmbali ke bpk jika memang lbih praktis ul silahkan sj.maaf jika tak byk bntu

  14. Terima kasih jawabannya, Bunda Naynay. Boleh tahu asji murni Bunda Naynay diambil di mana? 1,5 juta per tahun itu harus dibayar sekaligus atau boleh cicil per bulan?

    Di ilustrasi UL yang saya peroleh ini, biaya asuransi untuk UP jiwa 450 juta, per tahunnya 783 ribu. Tentunya tahun depan dan seterusnya biaya ini akan naik, tapi saya tetap bayar 500 ribu per bulan.

    Rider kecelakaan, sakit kritis, dan cacat total saya ambil semua karena itu mungkin terjadi (semoga tidak) dan saya tidak tahu mana yang terjadi lebih dulu. Saya sulit membandingkan dengan yg tradisional karena saya tidak tahu biaya-biaya untuk manfaat yang sama di asuransi tradisional.

    Rider kesehatan tidak saya ambil karena saya sudah punya kartu jamsostek dari kantor istri.

    O ya, saya pikir saya akan ambil UL ini karena masa berlakunya seumur hidup (sampai 100 tahun). Jika saya ambil termlife, saya tidak tahu sampai kapan saya harus bayar, sementara saya ambil UL dengan harapan bisa dijadikan warisan jika saya meninggal (umur berapa pun itu asalkan di bawah 100 tahun).

    Terima kasih atas sharingnya.

  15. @asep
    ok sama sama pak thx juga dah mau mampir kembali, sy ambil asji murni dr sequisL*fe bisa dibayar sekaligus tahunan bisa dicicil bulanan/triwulanan sy lupa…yap ul emang bisa sampai 100th dengan catatan masih cukup premi berjalnnya klo setelah 10 tahun diambil semua ya ga bs juga. termlife sy berlaku 20th tp mkin stlh 10th saya revisi dengan up lebih besar atau justru saya stop karena mudah2an ada aset yg sudah terlunasi (kpr misalnya). jd kembali ke pilihan bapak selamat menabung!!!

Leave a Reply

