Emas Vs Reksadana

Kenapa??karena emaknya Nay2 pusing mesti re-calc keuangan keluarga kalo ternyata proyek penggelembungan hutang lebih 60% dari total gaji “jadi” kita anut…artinya pos investasi/tabungan akan sangat2 minim bahkan kalo kebutuhan “hidup” lagi tinggian dikit bisa ilang ini pos😦. Untuk memaksimalkan dana sisa yang seiprit itu emaknya Nay mesti milih setidaknya dalam 4 tahun ke depan sebaiknya invest eceran bulanan diarahkan ke beli emas eceran atau ke reksadana saham cos dah gak bisa lagi berjalan simultan sigh…
dan hasil googling menemukan tulisan lawas siempuny perencanakeuangan.com, berbunyi begini:

EMAS
Emas bisa melindungi Anda dari naiknya harga barang dan jasa. Ini karena emas biasanya hampir selalu naik kalau terjadi kenaikan harga. Malah, semakin tinggi kenaikan harga tersebut, biasanya akan semakin tinggi pula kenaikan harga emas Anda. Belum terlambat untuk membeli emas, karena biarpun harga BBM sudah naik tapi ada beberapa barang dan jasa lain yang harganya belum naik tetapi diperkirakan masih akan naik nantinya.
Jika Anda membeli emas batangan, Anda membayar untuk harga emasnya saja, begitu juga ketika Anda akan menjualnya. Emas batangan adalah produk investasi emas yang paling menguntungkan. Kelebihan dan kekurangannya sama saja dengan koin emas. Bedanya, penjualan koin emas masih dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) -sewaktu Anda beli koin emas, Anda akan dikenakan PPN- sehingga sedikit lebih mahal daripada emas batangan. Emas batangan ini tersedia dengan berat 5,10 gr sampai dengan 1 kilogram.

REKSADANA
Reksadana adalah produk investasi di mana cara kerjanya adalah kita menyetorkan sejumlah dana kepada manajer investasi yang mengelola reksadana tersebut, kemudian dana kita bersama-sama investor lain akan diinvestasikan pada produk keuangan seperti obligasi, saham, deposito, SBI, dan lain-lain.
Jangan lupa bahwa Reksa Dana pun ada beberapa jenis, dari mulai Reksa Dana yang paling berisiko sampai yang rendah risikonya. Anda bisa coba berinvestasi ke dalam Reksa Dana yang risikonya termasuk rendah seperti RD Pendapatan Tetap atau RD Pasar Uang. Diharapkan dengan pemilihan yang benar Anda bisa mendapatkan hasil investasi yang lebih besar daripada investasi di bank, karena hanya itulah caranya Anda bisa mengalahkan kenaikan harga barang.
Kelebihan berinvestasi di reksadana adalah, risikonya terukur dan tersebar, dikelola oleh manajer investasi yang profesional, diawasi oleh pemerintah (BAPEPAM), tidak membutuhkan dana yang relatif besar, dan mudah dicairkan. Sementara kelemahannya adalah hasil investasi berfluktuasi atau naik-turun mengikuti harga instrumen investasi/efek-nya seperti harga saham dan obligasi. Bagi sebagian orang yang tidak suka risiko, hal ini mungkin kurang nyaman.

Mmm…pusing alias tak menjawab kebingunganku tapi sudahlah kusimpulkan sendiri, karena udah pernah merasakan penambahan uang lumayan di reksadana saham meski jangkanya sangat pendek kurleb 6 bulan saja dan disaat yang sama harga jual emas 10gr emas masih di kisaran harga beli 6 bulan lalu (nilai jual kembali yah kalo harga belinya siy naik meski gak banyak-banyak banget) dan dengan asumsi kebutuhan membeli 1 gr emas ajah dah 350rb-an sedangkan reksadana bisa lebih kecil dari itu maka memantapkan hati sampai 4 tahun kedepan pilihannya ke reksadana saham ajah deh Bismillah…sambil menunggu proporsi hutang n invest keuangan keluarga kembali aman (oleh lunasnya hutang atau naiknya gaji **kemungkinan terakhir gak bisa diharapkan) maka kami fokus ke Reksadana saham dulu+ikutan Asji murni tanpa embel2 apapun…
Semoga pilihan kami tak salah karena dalam 4 tahun ke depan ada beberapa pos pengeluaran yang nilainya gede…
1. Nay masuk PG –> 2.5-3 tahun lagi
2. Nay masuk TK –> 4 tahun lagi
3. Adek-x Nay (Insyaallah) –> 2 tahun lagi (meskipun akan lebih banyak pake “bekas” Nay)
Saat ini reksadana saham yang tersisa tinggal 1 dengan tujuan untuk kuliah Nay, berarti mesti buka 1 lagi untuk sekolah PG/TK-Nay keburu gak yah…rejeki gak akan tertukar kok tak iyaaa🙂

6 thoughts on “Emas Vs Reksadana”

  1. Kalo aku malah belom nyoba2 juga reksadana. Kalo beli emas ada target setaun sekian gram dan nganggepnya duit ilang ajah hehehe

  2. @wina
    wah klo sampai ke tahapan duit ilang siy blom banget…masih sekedar ada simpenan bentuk lain gt ajah klo butuh yah tetep dijual🙂, lagipula ini gak bisa simultan lagi makanya pilih salah satu duluuu…

  3. Aku sengaja bikin mindset duit ilang kalo beli emas soalnya sengaja buat simpenan kalo anak-anak sekolah jadi ga ada niatan jual samsek *amin* hehehe… Paling2 diinget kalo waktunya ngitung zakat :p

  4. kayaknya umur Nay sama dengan umur Rakha (anakku)
    u pendidikan jangka pendek Rakha (PG-TK) aku tabungin emas
    u pendidikan jangka panjang, rencana beli properti, dana pensiun, baru deh pake reksa dana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s