Manajemen Laktasi Ibu Menyusui Yang Sedang Berpuasa

Dengan kemudahan yang Islam berikan untuk ibu hamil dan menyusui Bismillah bunda Nay berpuasa kali ini (semoga bisa sampai akhir…amien), tapi tentunya ada beberapa konsekuensi yang menjadi perhatian, mengutip dari tulisan di http://www.aimi-asi.org sbb:

Dengan perubahan jadwal makan, bukan berarti asupan makanan yang dikonsumsipun ikut berubah. Yang penting, ibu menyusui tetap makan 3 kali sehari dan secara disiplin mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang, yaitu dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak.

Kemudian, hal-hal berikut dapat dilakukan untuk memastikan bahwa produksi ASI selama ibu berpuasa tetap lancar dan berkualitas:

1. Asupan menu dengan gizi seimbang
Ibu yang sedang menyusui memang membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak.

2. Perbanyak konsumsi cairan, mulai dari berbuka hingga sahur
Jika bisa minum air putih selama sehari itu sebanyak dua liter, ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, teh manis hangat dan susu. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui. Anemia adalah berkurangnya kadar hemoglobin (Hb) dalam darah. Berbuka puasa dengan minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui.

3. Istirahat yang cukup
Merasa lemas saat berpuasa itu hal yang lumrah, apalagi jika si ibu baru saja menyusui. Cobalah untuk beristirahatlah sejenak, apakah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Perlu ibu menyusui ketahui, bahwa semakin sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Ibu Bekerja

Ibu bekerja yang memerah ASI di tempat kerjanya disarankan untuk tetap melakukan kegiatan memerah ASI seperti biasa dengan tetap memperhatikan tips-tips seperti yang sudah disebutkan diatas ini. Kembali berpegang pada prinsip demand and supply, semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi. Apabila ibu menyusui yang biasa memerah menghentikan kegiatan memerahnya selama bulan puasa, maka ASI yang diproduksi dapat berkurang, yang bukan disebabkan oleh kegiatan berpuasa tetapi karena mengurangi kegiatan memerah tadi.
Bagaimanapun, mendapatkan ASI adalah hak bayi. Jadi, dahulukan kepentingan bayi. Untuk ibu yang memiliki bayi di bawah 6 bulan, memang dianjurkan untuk tidak berpuasa karena bayi sedang dalam tahap ASI Eksklusif dan belum memperoleh makanan tambahan apapun kecuali ASI.

Sukurlah selama berpuasa ini Bunda Nay masih cuti, jadi kegiatan yang menyita fisik n mental di tempat kerja tidak kurasakan tapi karena bunda juga sedang nyetok asip yah mau gak mau aku sedikit rubah jam pompanya pokoknya selama puasa sengaja gak aku perah alias semua buat Nay (semoga gak ada istilah asi kosong tanpa gizi yang banyak dibilang org dan yang aku kuatirkan saat busui berpuasa)
Jadi jadwal pompa aku mulai hari ini:
1. Setelah makan sahur sebelum imsak (tadi malam Alhamdulillah dapet 100ml)
2. Setelah berbuka
3. Sebelum bobok malam
Berharap siy masing2 dapet 100ml atau minimal 50ml masih okey sih…stok di freezer saat ini 30-an (3Liter) nanti kalo dah mencapai target 60-70 botol stok lama akan mulai dipakai biar “gak kelamaan” en diperbarui dengan stok baru.
Bunda juga berusaha minum air putih sebanyak-banyaknya, dan susu segelas + madu saat sahur….

Buat yang pengen tau kinerja Medela Harmony semakin kesini semakin lihai en terbantu sekali awal2 emang produksi asi masih dikit siy sesuai kebutuhan Nay makanya sekali perah cuman dapet 20-30ml ajah n PD agak sakit, tapi sekarang dah mencapai minimal 50ml sekali perah n gak pakai acara PD sakit en praktis banget kan mesti cuci bolak-balik tuh…syukurlah gak perlu beli pompa tambahan (tadinya mau beralih ke elektrik, tapi skr batalll deh)

Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan dan salam ASI!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s