Marhaban Ya Ramadhan…

Alhamdulillah ya Allah, kurleb 2 minggu lagi Insyaallah kita akan bertemu kembali dengan bulan mulia penuh rahmah bulan suci ramadhan…ini puasa keduaq sebagai istri, akan tetapi tahun lalu kita yang masih pengantin baru terpisah jarak hubby di manado dan aku anak kost di karbela-jaksel..sedih bangetz deh tp gmn lagi ya tetep mesti dijalani..buka sendiri, sahur sendiri taraweh sdri fiuh beratttzzz. Alhamdulillah tahun ini kita dah berkumpul dirumah mungil kami, bahkan tak berdua lagi tp dah jadi bertiga bersama baby Nay sungguh nikmat yang luar biasa…
Baiklah apakah bunda yg sedang menyusui ini ikutan puasa??yah memang ada beberapa pendapat ttg ini, dimulai dari kondisi bumil n busui beda satu sama lain dengan asupan kalori yang diperlukan 2200-2300 untuk bumil dan 2200-2600 untuk busui tentunya masing2 bisa sama atau berbeda konsekuensinya….yang aku ketahui Islam agama yang aku anut memberi keleluasaan bagi bumil+busui untuk tidak berpuasa dengan kondisi tertentu:
1. Jika kita merasa tak mampu dan kuatir akan kesehatan diri kita saja, maka disamakan dengan orang yang tak mampu berpuasa karena sakit maka wajib mengqadha puasa diwaktu lain
2. Jika kita mengkhawatirkan diri kita dan orang lain (janin dalam kandungan atau bayi kita) maka ketentuannya sama dengan no.1 (tanpa dibebani kewajiban membayar fidyah)
3. Jika kita sebenarnya mampu akan tetapi kuatir akan kondisi orang yang tergantung kepada kita (janin dalam kandungan atau bayi yang menyusui) maka selain wajib mengqadha/mengganti puasa diwaktu lain juga wajib membayar fidyah selama tak berpuasa.
Nah bagaimana dengan bunda Nay??Yah memang aku sangat kuatir dengan baby Nay yang belum genap sebulan ini lahir, tapi disisi lain pengen banget ikut berpuasa di bulan ini..setelah diskusi dengan hubby akhirnya aku mau nyoba puasa dulu, jika supply asi buat Nay cukup (ditandai frek pup n pee-nya normal dan baby tak gelisah) maka Insyaallah aku lanjutkan, jika tidak aku selang seling sehari puasa sehari tidak atau bahkan tidak berpuasa dulu, bukankah Allah maha memudahkan dan tidak membebani…jadi mari berdo’a Ramadhan kali ini membawa kebaikan untuk seluruh keluarga kita dan menjadikan kita hamba2 yang bersyukur dan selalu dijalan-Nya Amien Ya Rabb….
Untuk semua blogger ataupun temen2 semua…Ab-Fam mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadhan, Maafkan jika ada salah-salah kata baik disengaja ataupun tidak yaaa….

2 thoughts on “Marhaban Ya Ramadhan…”

  1. heppy ramadhan juga bunda.. smoga kita semua diberikan kesehatan, rejeki yg barokah, dan dipanjangkan usia hingga bertemu ramadhan kembali…mmuach2 tuk dede nay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s