Akhirnya jadi warga Tangsel…

Udah lupa kapan mulai urus-urus surat2 pindah ini yang pasti butuh waktu ya bok…apalagi aku n hubby dari daerah yang berbeda meski sama-sama di Jatim. Yah aku sengaja langsung urus ktp n kk baru karena mempertimbangkan kemudahan dalam mengurus akte kelahiran si kecil…bisa sih pake ktp daerah tp “sedikit” lebih ribet jadi aku putuskan ribet sekarang deh…

Langkah 1: Surat pindah (lokasi: Situbondo)
Urus surat pindah n pecah kk buatku yang udah jadi istri orang, well biar ktp baru berbunyi “kawin” maka salah satu dari kita mesti cabut berkas n ikut pasangannya…syaratnya cuman ktp asli aku, kk asli asal (dimana aku terdaftar), selesai deh tar hasilnya berupa surat pindah ke capil, kelurahan dan kecamatn yang dituju dalam hal ini aku ikut hubby ke Pandaan…sampai tahapan ini aku dah gak punya ktp situbondo en kk keluargaku juga sudah tak menyertakanku (diusir dari Situbondo hehehehe…)

Langkah 2: KTP pendatang baru, KK baru, cabut berkas lagi n surat pindah lagi (Lokasi: Pandaan-Pasuruan)
Gak terlalu paham prosesnya yang karena kebetulan temen hubby kerja di kantor kecamatan hehehe…yang pasti berkas dari situbondo diserahin ke dia, ktp asli hubby diserahin juga plus kk keluarga hubby yang asli (dimana hubby termasuk didalamnya). Outputnya berupa KTP ak n Hubby baru dengan status “kawin” dan kita juga punya kk baru yang isinya just two of us tapi lokasinya tetep pandaan-pasuruan yakzzz…
Selesai??belum setelah susah payah digabung ktp n kk baru kita diproses kembali untuk mendapatkan surat pindah ke Tangsel (lintas propinsi), hasil tahapan ini ada 3 berkas masing2 ke kelurahan serua indah, capil ciputat dan kantor kecamatan ciputat + perlu ditambah skck kita berdua weleh weleh…

Langkah 3: KTP n KK Tangsel…
Sekarang semua proses dilakukan sendiri (akhirnya), pertama bertandang kerumah pak RT komplek untuk minta pengantar. isi2 blanko kk n ktp gt deh, sertakan pas foto background biru (tahun kelahiran genap) 3×4 2 lembar trus ama pak RT dibantu menghubungkan ma orang kelurahan Serua Indah dimana lokasi rumah kita berada trus dikasih tau juga kisaran harganya (disini gak ada yang gratis yah meski semua data kita komplit en legal ;0). Eh dalam waktu seminggu dah jadi ajah KTP kami berdua baru n KK baru siplah biaya untuk 2 ktp n 1 kk adalah: IDR150K (gak tau deh masuk kas kelurahan pa masuk kantong….yang penting jadi ajah). Mulai sekarang asli jadi warga Tangsel😉.
syarat kepengurusan Akte kelahiran di Buah Hati juga menyediakan yang paling penting dokumennya dah disediakan maksimal seminggu setelah kelahiran, al:
– fc KTP suami istri (Tangerang)
– surat pengantar dari kelurahan (berdasarkan ktp)
– fc akte/surat nikah
– surat keterangan lahir (yang ini dari RS)
– fc KK
Biaya 100K dan akte kelahiran jadi kurleb 1 bulan (lama juga yakzz)

6 thoughts on “Akhirnya jadi warga Tangsel…”

  1. Wah,selamat ya:)betewe ribet bener yak ngurusnya.oia,sekedar sharing aja,wkt bikin akkel anakku syaratnya cuma nyerahin copy buku nikah,copy ktp,surat ket lahir.berhub lahiran di RS permata cibubur yg notabene perbatasan jkt-bekasi kita bisa pilih mau akta jkt ato bekasi…aku akhirnya pilih jkt aja,pdhl kita tinggal di cibinong🙂

  2. Setauku urus akkel di Kecamatan tempat tinggal yah berdasarkan surat keterangan lahir dari RS. Cmiiw

  3. @wina
    kan sekalian nanti dimasukkan ke kk kita si baby-nya makanya perlu fc kk, ktp, surat nikah plus pengantar kelurahan gt deh…

  4. Aku juga mau ngurus ktp di tangsel mba, tapi pak RT nya matre banget. Malah nawarin langsung nembak aja dan dia nembak harga ga main2 ke kita, 800 ribu untuk 1 KTP. Jadi bingung,,,

  5. @endahh
    waduh gak matre tok tuh laporkan!!!!minta urus dewe ajah klo gtu atau langsung ke kelurahan kali ajah jalur pintasnya lebih murah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s