Target n Realisasi

Hidup itu penuh dengan target-keinginan-harapan alias cita2…tapi tak selamanya target itu tercapai tergantung dengan daya upaya dan campur tangan-Nya. Aku salah satu mahluk-Nya ini juga punya target hidup kalo gak salah sejak smu/kuliah aku dah corat-coret di sebuah buku harian yang sekarang entah ada dimana…nama buku harianku saat itu adalah “si imut” (norak beibeh…). Tp asli buku itu punya banyak cerita n sejarah yang aku tulis harian atau minimal mingguan…meski sekarang gak tau dimana rimba belantaranya🙂 mulai dari cerita ringan macam cowok yang aku taksir di bangku sekolah, cerita jadian ama pacar pertama, cerita nyesel bikin ortu marah, cerita dapet duit sendiri untuk yang pertama kali, cerita kredit motor, dll dan salah satunya cerita pentingnya adalah target2 hidup aku ke depan. Gak semuanya aku inget tp sekarang aku pengen recall lagi hal-hal yang sejak dulu kuimpikan tentunya dengan modifikasi pemikiran “terkini” dan Thanks God sebagian tlah Engkau Kabulkan…Allahu Akbar. Kalo gak salah aku membagi tujuan hidup berdasarkan fase usia karena waktu itu aku gak sempet mikir apa ajah indikator yang tepat jadi ambil gampang pake usia n tingkatan pendidikan.

Target sebelum menikah

  • SMP-SMU (13-18tahun) : Nyaris gak punya target karena isinya seneng2, cinta monyet, bikin group2 cewek, berorganisasi, ikutan x-tra kurikuler, tapi tetep nuntut nilai nem bagus (Alhamdulillah little bit okeylah), terakhir target lulus UMPTN…berhubung sebelum bertanding dapet PMDK/PSB (istilah jaman jadul dulu) dan kebetulan universitas n jurusannya juga inceranku  jadi napsu memperebutkan kursi UMPTN menguap sudah…tapi tetep sangat bersyukur –> Done
  • Kuliah (18-22tahun) : Ternyata isinya tetep seneng-seneng n gak fokus kuliah (tapi nuntut nilai ip n ipk bagus hohohoho), punya geng (halahhh) gila namanya “Mbati Club” yang sukanya jalan-jalan, n haha hihi. organisasi di himpunan n unitas tetep jalan khususnya 2 tahun pertama. aku inget banget target saat itu adalah lulus tepat waktu+ipk cukup bagus, punya penghasilan tambahan diluar kiriman ortu yang emang “ngepas” n tetep gaul ama temen2 “super gila” (tp positif). Semuanya aku raih kecuali kedalaman ilmu di kelas (cos baru kerasa sekarang pentingnya teori demi teori statistik yang bikin kepalaku nyut2-an dulu itu). Penghasilan tambahan aku ambil di semester akhir mulai jadi asdos, ikutan beasiswa perusahaan2, jadi guru privat matematik, sampai jadi freelance analisis data skripsi+thesis orang weh hasilnya gak banyak tp lumayanlah (untuk ukuran saat itu). Yang paling bikin aku happy bisa beliin ibuku kalung emas (lupa berapa gram) di hari Ultahnya puasssss banged –> Done
  • Lulus Kuliah (Usia 22 menuju 23th): artinya target dapet kerjaan dunk…yah tentu saja sejak dapet surat keterangan lulus (SKL) berkas2 lamaran dah aku kirim, sambil nunggu dapet panggilan kerja, jasa analisis data skripsi/thesis makin rame sampe nolak-nolak (guayaaa) padahal yang di analisis sangat2 sederhana ngandelin SPSS n Minitab di rental sebelah, sama ba bi bu tentang analisis n intepretasinya dikit mungkin mereka percaya cos aku org statistik kali yah atau karena aku manies…xixixixi. yang pasti aku inget banget tarifku murah meriah start IDR30K-IDR150K pas buat kantong mahasiswa. Kembali ke pekerjaan setelah interview n test sana sini 2 bulan setelah wisuda aku dapet pekerjaan pertama di SG dengan gaji diatas rata-rata untuk fresh grad jatim weleh bersyukur banged langsung target berikutnya aku ambil yaitu punya motor sendiri (meskipun ambil kredit 3 tahun nyicil) selanjutnya pindah kerja lagi dengan gaji standart rata-rata sampai 2 perusahaan dan akhirnya terdampar di belantara Jakarta demi pekerjaan ke-4 di usia 26th –> Done
  • Bekerja dan Menikah (23-27th) : Impianku emang bukan menikah muda target yang jelas aku inget adalah paling muda aku nikah 25th en paling telat 28th (realisasi 27th5months). Kenapa??aku ingin membereskan hidupku dulu n menyenangkan ortu dengan banyak hal diantaranya kiriman bulanan hasil bekerja dan membantu apa ajah sesuai kemampuanku termasuk mempersiapkan A-X acara pernikahan aku (Y-Z campur tangan ortu n mertua wekekeke). Target setelah menikah kiriman bulanan alakadarnya tak berhenti bedanya mesti diskusi ma hubby dulu dong  –> Done

Target setelah menikah (27/28th-now)

  • Anak Pertama –> Gak pasang target usia berapa sih tp jelas gak pake penunda dan Alhamdulillah setelah long distance 3 bulan, bulan selanjutnya langsung hamil dan sekarang masuk 36weeks berarti Insyaallah kelahiran anak pertama kami tepat setahun pernikahan Amien Amien semoga dilancarkan, selain target punya anak sendiri aku punya target punya anak asuh yang memang target yang tertunda dulu aku bercita-cita punya anak asuh sejak pertama bekerja tp meleset en baru terealisasi pas hijrah ke Jakarta ini (minimal bayarin sekolahnya doank dari SD-SMU) –> Done n On progress
  • Anak Kedua dan Selanjutnya –> Targetnya kita punya 2 en maksimal 3 anak dengan jarak kelahiran 2-3th tapi untuk yang satu ini kuasa Tuhan-lah yang memainkan peran terbesar🙂 –> Not Yet
  • Rumah pertama –> Target aku setelah menikah n sebelum 30th alasannya  klo setelah nikah kan gajinya dobel jadi nabung dulu 2-3 tahun buat DP tp Alhamdulillah sejak kita komitment menuju pernikahan proses KPR juga berjalan tentunya dengan jasa bank yah 10 tahun bok kita terikat hutang thank U Allah
  • Mobil pertama –> Target barang yang ini adalah setelah rumah pertama artinya masuk 30th dengan asumsi urusan DP rumah kelar nabung 2-3 tahun berikutnya adalah untuk beli mobil/kendaraan roda 4 bisa beli second dulu atau bisa buat DP en hutang lagi (tapi beratz yakzz klo hutang gede rumah+mobil sekaligus…nampak tak sanggup) –> Not yet
  • Investasi pendidikan –> Ini hubungannya depan komitmen punya anak tentu lanjutannya adalah biaya pendidikan, target aku siy begitu mereka lahir mulailah ada alokasi dana khusus untuk mereka terutama untuk pendidikan tinggi yang amboyy manise gedenya, dulu mikirnya cuman satu ada asuransi pendidikan tp kayaknya geser sekarang en memilih nyemplung ke dunia reksadana dan target lanjutannya ikutan Asji –> Done n on Progress
  • Sekolah S2 –> Ini sempet terbersit pas kuliah dulu begitu lulus n bekerja sambil cari beasiswa s2 pokoknya gak ada cerita dibayarin ortu deh (lagian prinsip di keluargaku ortu hanya membiayai maksimal S1-negeri sesuai kemampuan mereka dan saat ini bokap dah pensiun). Sebenernya di tahun lalu ada kesempatan ikutan ADS dari kantor tp lewat karena kepikiran hamilton ini tp yasud lah rejeki kemudian tak kemana target tetep dipegang tp gak pake duedate🙂 –> Not yet
  • Naik haji –> Target di usia maksimal 40th bahkan kalo bisa 35th Amiennnn…..urusan yang satu ini komponen nabungnya di logam mulia deuhhh semoga kesampaian mudahkanlah…
  • Rumah/properti kedua –> Targetnya di usia 40th keatas. Kenapa??karena KPR dah lunas saat itu jadi bisa berpikir ke properti kedua yang kemungkinan akan ditinggali untuk masa pensiun jadi pastinya gak di Jakarta n sekitarnya duong…masih tentatitve Malang or Pandaan (keduanya punya hawa sejuk n segala sesuatu mudah+murah). Gak niat pulkam Situbondo??kayaknya alternatif terakhir🙂.
  • Pensiun –> Belum tau mau kerja sampai 55th ataukah pensiun dini we’ll see ajah lah tapi kalopun kerja terus sampai pensiun karena usia aku en hubby sama jadi pensiunnya Insyaallah juga sama, jika umur masih ada pengen banget melihat anak-anak kita bertumbuh dan berkembang dewasa bahkan sampai mereka menikah dan kita punya cucu. Persiapan menghadapi pensiun masih nol besar…pengennya kita gak di seputaran Jakarta lagi tapi dah menepi ke tempat lain yang lebih tenang n nyaman –> Not Yet

Maafkan hamba-Mu ya Allah jika terlalu banyak target dan keinginan, kami hanya bisa berusaha untuk meraihnya dan kuasa-Mu lah sebagai penentu akhir perjuangan dan perjalanan kita…diatas segalanya kita hanya berharap apa-apa yang kita rencanakan dan kita dapatkan tak lain dan tak bukan karena Ridho-mu…

2 thoughts on “Target n Realisasi”

Leave a Reply

