Mengelola Hutang

Anda punya hutang??kalo saya iyahhh…berapa??saat ini cicilannya mencapai 25% dari penghasilan bulanan kami…dan bisa jadi ke depan lebih besar lagi…Whatttzzz
Bodoh-bodohan niy klo berhutangnya lama 10 tahun keatas: 25% terhitung batas atas maksimal buat kami tapi kalo hutangnya cepet maksimal 3 tahun: 40% dari total penghasilan kayaknya masih berani (dasar tukang utang hihihihihi…..jangan ditiru yah). Sementara masih di level aman terkendali kok🙂

Menurut Freddy Pieloor, CFP., hutang antara si kaya dan si miskin memiliki perbedaan karakteristik:
1) Orang Kaya berhutang untuk membeli aset atau harta produktif sedangkan orang miskin berhutang untuk menumpuk aset konsumtif; –> saya kena niy tapi gak parah…
2) orang kaya membayar hutang mamakai pendapatan yang diperoleh dari aset produktif (passive income) sedangkan orang miskin membayar hutang dari pendapatan kerjanya (active income) –> yang ini telak
Karena dengan pengelolaan hutang yang ketat, hidup Anda akan jauh lebih aman dan nyaman, serta bisa berinvestasi untuk masa depan. Berikut ini adalah beberapa Tips yang perlu Anda ketahui dalam mengelola hutang:

1. Hutang hanya untuk keperluan mendadak dan tidak bisa ditunda, misalnya ada anggota keluarga yang sakit atau keperluan sekolah. –> ayo nabung dan berasuransi dari sekarang biar tak terjebak kejadian ini.

2. Hutang untuk membeli aset produktif dan nilainya meningkat terus, misalnya rumah, tanah dan emas. Usahakan jangan berhutang untuk membeli handphone, sepatu, alat-alat elektronik, baju,tas dan aksesoris untuk tubuh dan furniture rumah. Karena barang tersebut memiliki kecenderungan menurun nilainya –> lagi2 aku kena 2-2nya🙂

3. Batas maksimal pembayaran hutang adalah 30% dari penghasilan Anda –> Yippie masih aman, tapi gak tau lagi besok🙂

4. Bayarlah hutang tepat waktu dan perhatikan/rapikan administrasi dan dokumentasi yang terkait dengan hutang –> Yeppp pastinya

5. Jangan menutup hutang dengan cara berhutang lagi (gali lobang tutup lobang). Kecuali Anda telah memperhitungkan dengan tepat seluruh selisih dan biaya yang dikenakan –> Gak akan (klo bisa) merreeemmm.

6. Urutan Anda dalam berhutang sebaiknya diprioritaskan mulai dari urutan teraman yaitu: pasangan, orang tua, saudara, sahabat, pegadaian, bank, leasing dan rentenir. Namun bila Anda membutuhkan uang dan Anda tidak nyaman untuk meminjam uang, sebainya korbankan dan juallah aset Anda yang masih berharga (misalnya perhiasan emas), daripada Anda meminjam dari beberapa tempat yang akan mengenakan bunga sangat tinggi dan merugikan Anda. –> sementara ini yang bisa dipinjam baru bank🙂 n blom ada aset yang bisa dijual untuk membayar hutang itu

Kuncinya: bijaklah mengelola hutang, bayarlah tepat waktu dan disiplin pada batas toleransi hutang kita.
sumber: http://www.tipsanda.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s