Tips cerdas memangkas pengeluaran bulanan

Kali ini copas doank…dari http://www.tipsanda.com nemu artikel bagus…thank u

Anda mungkin seringkali dipusingkan oleh pengelolaan anggaran rumah tangga bulanan -terutama di akhir bulan. Di mana bulan belum usai, namun anggaran Anda telah habis ludes tak bersisa. Anda mungkin juga berpikir, kapan waktu menabung, kapan bisa berinvestasi atau kapan bisa mengumpulkan modal untuk memulai berbisnis? Ingat! Besarnya pengeluaran bulanan Anda dipengaruhi oleh pola pengeluaran harian Anda. Berikut ini adalah Tips cerdas bagaimana cara memangkas pengeluaran bulanan Anda, sehingga Anda bisa mempunyai sisa dana yang dapat Anda alokasikan untuk tabungan, investas maupun modal usaha:

1. Maksimalkan Air Mineral. Ganti kebiasaan Anda dari mengonsumsi soft drink menjadi air mineral. Selain lebih murah, air putih membuat Anda menjadi lebih segar dan sehat
aq: aku penggila air putih, gak suka softdrink tapi suka juice dan susu masih aman kan…:)
result: sepakat

2. Kurangi Penggunaan AC. Gunakan kipas angin di saat Anda kepanasan. Air Conditioning (AC) selain lebih mahal, juga akan membuat kulit Anda kering serta buangan freon-nya dapat memberikan kontribusi penipisan ozon di atmosfer dalam jangka waktu lama.
aq: baru kepikiran mau beli AC la kok…tapi sutralah hidup kan pilihan.
result: fifty-fifty

3. Gunakan Angkutan Umum. Jika ingin bepergian, pilihlah angkutan umum dibanding mengendarai mobil pribadi atau naik taxi. Atau Anda bisa memilih sepeda sebagai alat transportasi ke kantor (Bike-To-Work). Selain lebih murah, juga membantu mengurangi pemanasan global.
aq: Belum punya mobil yeee…jadi cuman ngisi bensin motor atau combine ma ojek+KRL, BTW??mau sih tapi kejauhan n untuk di jakarta belum safety…belom polusi-nya (tuh kan banyak alesan) klo keliling komplek doank mauuu bangetttt.
result: mikir-mikir

4. Kurangi makan di luar. Usahakan hanya satu kali per hari Anda jajan di luar. Selain lebih sehat, tentunya akan mengurangi pengeluaran. Jika masih sempat, buatlah bekal untuk makanan di kantor.
aq: makan siang aku n hubby pasti diluar, sarapan lebih sering di rumah, makan malam fifty2…masih okey gak yah???
result: fifty-fifty

5. Berhenti merokok. Jika Anda tidak juga berhenti karena alasan kesehatan, semoga kenaikan harga rokok di Indonesia bisa membuat Anda berhenti merokok.
aq: ak bukan perokok, hubby dulu perokok berats dan Alhamdulillah sejak married stop merokok sesekali bolehlah…jadi sementara ini aman terkendali
result: sepakat

6. Simpan kembalian recehan Anda di celengan. Tanpa sadar, Anda akan mendapatkan hasil dalam jumlah yang lumayan banyak.
aq: akhir2 susah dapet receh kalopun dapet pasti abis buat pengamen jalanan…pas di stasiun, makan siang dll jadi gak mungkin bisa banyak…langsung coretz
result: tolak

7. Menyiasati Tren. Bagi Anda pecinta tren, usahakan sebelum membeli barang, Anda membaca review majalah, agar tidak slah dalam membeli. Lumayan kan, kalau Anda bisa mengeluarkan uang puluhan ribu, dibanding ratusan hingga jutaan rupiah.
aq: bener banget tapi googling lebih cepet deh dapet harga miring…atau kunjungi pasar grosir terdekat
result: sepakat

8. Kurangi penggunaan telepon atau ponsel untuk menelpon. Usahakan untuk meminimalisasi bebicara menggunakan telepon/ponsel dan menggantinya dengan sms atau email yang harganya jauh lebih murah.
aq: kalo telp gak banyak kok, justru yang banyak buat ngenet-nya
result: sepakat

9. Cobalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hindari belanja barang-barang yang bukan kebutuhan. Jika tertarik untuk membeli barang, usahakan jangan terburu-buru. Anda bia mencoba mencari yang lebih murah di toko lain.
aq: lagi-lagi pilihan sulit akan dicoba deh…
result: fifty-fifty

10. Budgeting. Bagi Anda yang agak sulit membatasi pengeluaran, akan lebih baik bagi Anda untuk menentukan seberapa jumlah yang disediakan untuk masing-masing kebutuhan. Misalnya Anda telah menentukan bahwa hanya 1 juta rupiah per bulan yang boleh digunakan untk berbelanja. Namun, baru mencapai tengah bulan Anda sudah berbelanja lagi. ini berarti, ada yang salah dengan belanjaan Anda.
aq: dari dulu suka bikin budget2 gini tapi realisasi belum sepenihnya yah 75% okey…
result: sepakat

11. Hindari memiliki kartu kredit lebih dari satu. Jika Anda membutuhkan kartu kredit, cukup satu dan pastikan dulu Anda telah mensurvei bank mana yang memberikan keuntungan lebih banyak. Misalnya bunga yang lebih kecil dan jarang menuai keluhan dari nasabahnya.
aq: baru punya 1 dan ogah nambah kartu, paling nambah belanjaan🙂
result: sepakat

12. Catat pengeluaran Anda. Ditengah kesibukan, usahakan untuk menyediakan waktu untuk mencatat pengeluaran yang tak terduga. Hal ini bermanfaat bagi anda si pemboros.
aq: setujuuuu….catetannya terfile dengan rapi di excel.
result: sepakat

13. Konsultasi Keuangan. Cobalah mengonsultasikan permasalahan keuangan yang Anda hadapi kepada konsultan keuangan.
aq: dah merasa ahli jadi gak perlu…deuh sombong padahal suka baca2 juga…ya iyalah ahli kan karena berguru kepada yang lebih ahli baru disesuaikan dengan kondisi pribadi
result: fifty-fifty

Sekian review-nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s