Kemana Duit Mengalir sampai Jauh…

Sumpeh deh aku senyum2 sendiri membaca judul postingan kali ini…
Setelah kurleb 10 bulan menikah ak pengen coba mencoba review kemana aja uang kami berlabuh. Sebelum menikah segala sesuatu coba aku sisihkan adalah untuk mewujudkan sesuatu yang lebih besar…kala itu sih ak menabung buat menyenangkan diri sendiri n orang tuaku dengan beberapa barang n dana segar yang bisa dimanfaatkan, sekarang sedikit beda diluar urusan pengeluaran rutin dan hutang ak mencoba mengalokasikan sekian rupiah untuk investasi n asuransi selain buat charity yah…investasinya beragam mulai dari yang dengan sadar penuh sampai keterlanjuran karena ikut2an aja yang sebenarnya tak perlu tapi sudahlah saya pantang menyesali apa yang telah saya pilih hihihi, yukz mulai reviewnya:
note penting: penyebutan merek hanya untuk gambaran n bener2 subjektif dari saya selaku nasabah tanpa bermaksud promosi atau menjatuhkan salah satu pihak dan yang pualing penting gak ada maksud buat pamer atau apalah namanya cos ini catatan pribadiku ajah mau dibaca silahkan mau gak juga tak apo2
I. Dana darurat AB-family: checked
sempet puyeng mikir nyisihin duit untuk alokasi dana ini dengan kebutuhan rumah tangga baru yang aduhai, tapi okeylah akan mulai dicoba. Kondisi kami saat ini baru punya 1x pengeluaran rutin masiy sangat jauh dari target (kira-kira 6-9x pengeluaran rutin) instrumennya pake tabungan Batara dan/ Deposito BTN
II. Asuransi kesehatan AB-family: checked
me: CAR-assurance fully dari kantor dengan pagu ttt (rawat jalan, inap, gigi, maternity, kacamata), Medisave-AIA financial (santunan rawat inap harian ajah)
hubby: CAR-assurance dari kantorq (rawat jalan, inap n gigi), PRU-link (santunan rawat inap n penyakit kritis), plus reimburse obat jalan dari kantory
adek (nanti): Alhamdulillah sampai anak ke-3 di cover kantorq
III. Asuransi jiwa AB-family: checked
me: CAR- life assurance dapet dari kantor dengan jumlah gak banyak UP: IDR100000K term-nya selama bekerja, CAR-life assurance bawaan kpr btn term 10th UP: senilai KPR
hubby: asji dari PRU-link term 10 tahun (bisa lebih juga) UP minim juga IDR120000K
kayaknya masiy perlu diupgrade niy tapi belum sekarang :p
lain-lain: asuransi Bina Griya bawaan KPR untuk kebakaran UP IDR85500K term 10 tahun (UP naik 10%/th)
IV. Tabungan target khusus AB-family: checked
alokasi dana ini adalah untuk mewujudkan kebutuhan keluarga baru kami dengan waktu pendek seperti renovasi dapur, pasang canopy, beli furniture, keperluan sambut sikecil, dll. term-nya 3-6 bulan ajah pake Tabungan bunga harian alias TBH commonwealth
V. Dana pendidikan AB-family: checked
dah pernah kuceritain sebelumnya yah tadinya mau ke Tapen niaga 5 tahun dengan bunga mayan 7% setahn tapi… berbelok arah ke reksadana ajah (emak plin-plan), term kurleb 5-10 tahun pake reksadana campuran dan reksadana saham beli via Comm-bank
VI. Dana pensiun AB-family: checked
me: dapet dari kantor produk manulife financial premi kurleb 7.74% dari potong gaji tiap bulan 2% sisanya dibayarin kantor (asal gak pindah kantor ajah)
hubby: belum ada (nebeng di investasi lain ajah)
VII. Investasi sapu jagat AB-family: checked
setiap keluarga pasti punya mimpi contoh mimpi buatku punya mobil gress (kalo mobil second 1-2tahun lg deh doain yah), beli rumah/tanah di kampung kami, dan juga bahagia sambut pensiun amieeennnn…makanya termnya panjang banget bisa diatas 8th,10th atau lebih (sesuai kebutuhan) akhirnya pake instrumen logam mulia tepatnya emas batangan antam, program optimisnya sebulan beli 1gr emas di emas24karat, kalo udah 10 gram bayar biaya cetak en jadilah emas batangan bersertifikat antam n tetep disimpen disitu diikutin proses produksi sekalian free deposit box deh yah mau langsung dikirim ke rumah juga bisa, bukti kepemilikan berupa invoice yang dikirim via email setelah order…sejauh ini proses gampang, transparan, responsif n bs dipercaya mudah2an begitu seterusnya…
Selesai…kalo dilihat keseluruhan ada 2 keterlanjuran yaitu Medisave-AIA 10th berupa Bancassurance BCA-AIA (bukan unitlink) jadi hanya menabung 10th x rupiah tanpa bunga (lol),keuntungannya santunan harian saat kita rawat inap n uang kembali 100% setelah jatuh tempo that’s it huhuhu (blom kenal reksadana waktu buka).
Satu lagi keterlanjuran adalah PRU-link atas nama hubby yang ini bener2 unitlink tapi ya sud lah dilanjutkan saja sambil berharap nilai tunai investasinya ada n memadai disamping asuransi jiwa n kesehatan tentunya (gak perlu ikutan panik xixi) meski keduanya ambil premi minimal tp tetep ajah “berasa”…tapi bismillah ajah.
okey Alhamdulillah semua pos meski dikit udah ada isinya kedepan tinggal dioptimalkan saja dan dijaga tetep on track dan gak bolong2 (gak janji dehhhh) sambil berdoa semua ” everything run well” jadi tak sia2 bu menteri keuangan keluarga ini menyusun dan hubby mengesahkan xixixixixi……

2 thoughts on “Kemana Duit Mengalir sampai Jauh…”

  1. Aku bacanya ribet oi…. Jangan lupa sediain dana liquid ajah😉
    Make sure juga hasil inves vs. biaya adminnya soalnya banyak yang ga nyadar kalo nabung2 tapi saldonya ga cukup cover biaya admin yang gede hehehe

  2. @wina
    sante aja bu gtu ajah kok ribet..
    biaya admin vs hasil invest ?? tempat yang buat invest gak ada yang butuh admin kok…yg pake cuman yang buat nampung gaji doank, klo yang btn yah terpaksa namanya juga ngutang ke situ ya mesti mau buka rekening disitu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s