AB-Financial Configuration

Seperti yang pernah kuceritain di pembahasan terdahulu bahwa menurut kesepakatan ak dtunjuk sebagai pengelola keuangan tp bukan berarti ak monopoli yah, seintens mungkin aku diskusi ma hubby kemana ajah uang kita n laporan rutinnya…
Konfigurasi yang aku pakai selama ini aku tuang dalam worksheet hp secara detil, diisi tiap hari en direview tiap bulan..dan yang biasanya kedodoran ada di pengeluaran non-rutin diluar magical shopping account hehehehe…
Secara garis besar prosentasenya adalah sebagai berikut:

Pos I: Investasi & Asuransi

  • investasi (tabungan,reksadana,emas): 25%
  • asuransi: 5%

Pos II: Pengeluaran rutin

  • konsumsi(makan,belanja bulanan,pulsa) : 15%
  • transportasi(bensin+pemeliharaan+angkutan umum): 7%
  • magical shopping account(msg-msg 4%): 8%
  • charity: 5%
  • lainnya (pln+keamanan+iuran rt+bank admin): 3%
  • life style (salon, nonton, makan diluar): 5%

Pos III: Hutang

  • KPR+CC: 24%

Pos IV: Pengeluaran non-rutin

  • kado/hadiah/lainnya: 5%

Keliatannya okey banget tapi itu planningnya yah kalo dilihat realisasi rata2 sih (intip excel dlu) paling sering kedodoran adalah dipengeluaran non rutin yang budgetnya 5% tapi rata-rata 5 bulan terakhir nyaris tak pernah kurang dari 10-15% kalo dah begini kira2 pos mana yang dikorbankan???(dah tau kan pasti yang alokasinya paling gede en gak ada yang teriak??hehehe) mau revisi planning?sementara belum masih optimisss yukzzzz….

2 thoughts on “AB-Financial Configuration”

  1. @endaah
    udah baca disclaimer dibawah kan??jadi pada kenyataannya nilai itu gak 25% lagi bisa 5 atau 10% kegerus biaya tak terduga lainnya xexexexe…tapi tetep optimis ajah kali kali kedepan bisa caiyoooo….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s