Perkembangan reksadanaku

Setelah coba-mencoba reksadana dengan pembelian minimal di comm-bank akhirnya baru di bulan kedua ini aku sempet review…klo perkembangan tiap bulan aku pantau terus toh tggal klik doank nilai NAB-update…per hari ini kurang lebih 2 bulan 5 hari sudah reksadanaku aktif dan berikut perkembangannya
Reksadana saham

1. Manulife saham andalan
Feb : 1125.75
Mar : 1117.03
Apr : 1254.75 (per hari ini)
Total growth : 11.55%
2. Mandiri Investa atrkatif syariah
Feb : 989.26
Mar : 986.54
Apr : 1082.19 (per hari ini)
Total growth : 9.66%
3. Fortis solaris
Feb : 1222.46
Mar : 1226.67
Apr : 1393.88 (per hari ini)
Total growth : 14.02%
Reksadana campuran
1. Schoder dana kombinasi
Mar : 1958.81
Apr : 2022.97
Total growth : 3.03%
Nyaris tak percaya ternyata reksadana saham dalam kurang dari 2 bulan dah segitu ajah naiknya, andai ajah aku banyak duit dan yang dimasukkan gak sekedar ratusan ribu bayangkan marginnya mayan bangets kan…klo dilihat lihat emang di bulan maret secara serempak mengalami penurunan NAB tapi meningkat tajam di bulan april ini yah sebagai pemula aku belum pelajari fenomena apakah ini (nanti deh belajarnya) makanya buat yang invest di saham emang siap kaya mendadak dan miskin mendadak (apalagi klo uang yg disitu berjuta2 rupiah…)..tp mudah2an klo jangka waktunya panjang marginnya positif lah. Sekarang mari kita lihat di reksadana campuran aku punya 1 dan nilai minumum pula 500rb (heheh) naiknya dikit banget dibanding kinerja reksadana saham tp fluktuasinya juga gak bikin sport jantung alias kalem2 ajah…itu juga masih lebih baik dibanding deposito yang 6-7% pertahun klo aja naiknya reguler per bulan 3% dah jadi lebih 30% dalam setahun kan (itung2an bodoh)…jadi buat yang tertarik mari2 jadi investor kecil-kecilan di reksadana….(jd mikir ulang taruh duit di tabungan pendidikan :p)

6 thoughts on “Perkembangan reksadanaku”

  1. aku juga baru berani nih.
    itupun baru 100rb, tapi ngeliat kenaikannya lumayan juga ya?
    aku ambil manulife saham andalan.
    jadi makin semangat!🙂

  2. @tya
    caiooo tya…yap kenaikan mayan banget sampe2 aku berpaling dari rencana semula ke tabungan pendidikan kayaknya ke reksadana ajah (moga2 pilihanku tak salah)

  3. Haloo.. salam kenal ya…
    Aduh pengen lebih mengenal apa itu reksadana…
    yang tau cuma deposito aja sama nabung..
    belajarnya gimana nih? ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s