Pendidikan adalah Investasi

Sering bukan mendengar bahwa pendidikan anak adalah investasi…kalo aku siy secara umum setuju2 ajah kalo yang namanya pendidikan adalah sangat penting mulai dari pendidikan agama (basically), pendidikan teknis (sekolah, kursus, pelatihan, dll) dan pendidikan non teknis (budi pekerti, kepribadian, hobby, dll)…dan untuk mencapai semuanya secara seimbang diperlukan effort yang cukup besar baik dari segi moril dan materil…
Jika kita melihat dari segi moril pastinya “kesiapan mental” menjadi tameng pertama yang harus kokoh sebab jika tameng pertama rapuh maka selanjutnya bisa dipastikan pertahanan selanjutnya ikutan kendor LoL lagi-lagi menurut aku pribadi untuk pendidikan anak (calon anak) mesti dah mulai dipikirkan atau dirundingkan dengan pasangan setidaknya masalah2 sebagai berikut:
1. Mental orang tua: dah diulas sedikit diatas kuncinya mesti “siap” dan “solid”
2. Waktu: kapan kita mulai memberikan permainan yang mendidik, kapan kita memperkenalkan sholat, kapan kita mulai menyekolahkan anak kita, dll.
3. Siapa: siapa yang akan mengajarkan A,B…dst, siapa yang mengantar ke sekolah, siapa teman bermain anak kita, siapa guru anak kita, siapa yang menemani belajar, siapa dari kita yang lebih dominan dalam mendidik anak, dll.
4. Tempat: di mana anak kita sebaiknya bersekolah di sekolah negeri/swasta/terdekat dari rumah/sekolah islam/sekolah international, dimana anak kita bermain, dll
5. Apa: apa minat anak kita, apa yang dia sukai, apa yang tidak dia sukai, apa yang menjadi kelemahan dan kekuatannya, apa yang boleh anak lakukan, apa yang kita larang, dll.
Untuk urusan materil tak lain dan tak bukan adalah kesiapan financial orang tua,…singkatnya pendidikan anak adalah investasi dan investasi salah satu-nya untuk pendidikan anak jadi jangan ragu mulai sekarang singsingkan lengan baju mulai sisihkan rupiah demi rupiah untuk salah satu tujuan mulia menyekolahkan anak kita di tempat yang terbaik sesuai dengan kemampuan yang kita miliki…ada banyak instrument investasi dengan resiko masing2 silahkan pilih yang paling tepat dengan karakter keluarga anda tak ada kata terlambat, tak ada kata tak bisa demi amanah yang kita punya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s