Download Time…

Setelah bisa merasakan sedikit gerakan my baby…sekarang beranjak ke tahapan selanjutnya yaitu lebih sering memperdengarkan ayat Alqur’an baik dibaca mommynya langsung atau sekedar mendengarkan via mp3 dan juga beberapa lagu klasik for baby  yang menurut banyak sumber (disini dan juga  disitu) mampu mengatur pergerakan alami tubuh, mengurangi stres & membuat bayi lebih aktif, meningkatkan kestabilan emosional, menstimulasi gerakan tubuh, menstabilkan gerak jantung dan membuat janin lebih rileks.
Musik klasik sangat membantu terhadap pendidikan janin. Penelitian menemukan, pada masa jabang bayi mendengarkan musik klasik dari Mozart, bisa memperluas volume otak besar, menambah kegiatan utama urat syaraf, membantu daya berimajinasi abstrak dari pertumbuhan normal anak. Penelitian menunjukkan, melakukan rangsangan suara secara berkala terhadap janin, misalkan musik klasik yang ringan lembut dan bisikan perlahan orang tua dan lain lain, bisa memajukan syaraf perasa janin dan pertumbuhan lapisan kulit otak besar batang tengah perasa, meletakkan fondasi bagi pengembangan kebijaksanaan. Sebaliknya di bawah rangsangan musik modern dan suara hiruk pikuk, janin bisa merasa tidak tenang dan risau, detak jantung bertambah cepat, goyangan kandungan bertambah kuat.

Para ilmuwan Spanyol juga menemukan, janin bisa membedakan baik dan buruknya musik. Walau mereka masih di dalam perut sang ibu, bayi yang perkiraan kelahirannya masih ada 12 minggu sangat menyukai Mozart, Vivaldi dll musik yang ringan-lembut- indah, musik dengan harmoni tinggi, dan sangat antipati terhadap musik heavy metal dan rap….Wakz lucu yah….

Satu lagi penelitian juga menunjukkan, musik klasik bisa menenangkan bayi yang terlahir dini (prematur). Biasanya anak terlahir dini mengekspresikan nyeri dan rasa tidak nyaman melalui perbuatan dan mimik wajah, bahkan diekspresikan dengan detak jantung bertambah cepat, tetapi ketika mereka sewaktu mendengar musik klasik, sangat jelas sekali, bisa diamati kelakuan bayi terlahir dini dengan ekspresi wajah serta detak jantungnya kembali berjalan normal.

Selain musik-musik klasik aku juga mulai memperdengarkan si baby ayat-ayat Al Qur’an sehingga begitu baby lahir dia sudah tidak asing lagi dengan bahasa dalam agamanya kelak dan pastinya juga sebagai bekal iman kepada si kecil sedini mungkin…Amien

Lalu muncul pertanyaan bagaimana cara mendengarkannya??cukup lewat headset/walkman/earphone/langsung via mommynya ataukah ditempel diperut???Eng ing eng aku sendiri blom tau dan langsung googling…dan mendapat jawaban memuaskan di sini ternyata ada beberapa tips dan triknya:

  • Untuk memperoleh manfaat maksimal dari terapi ini, ibu dianjurkan untuk mendengarkan musik dengan konsentrasi dan kesadaran penuh. Alunan suaranya mesti bisa merasuki pikiran ibu tanpa ada gangguan berupa ketidakstabilan emosi, suara berisik, dan kurang konsentrasi (Perlu waktu khusus kayaknya ni…)
  • Saat mendengarkan musik, ambil posisi sekitar setengah meter dari tape atau sumber music jika didengakan secara langsung dan jika melalui media usahakan volume suaranya jangan terlalu keras ataupun lemah, tetapi sedang-sedang saja. Intinya, volume tersebut dapat menyamankan dan membuat ibu bisa berkonsentrasi penuh. 
  • Sesekali, boleh menempelkan earphone ke perut ibu agar janin bisa mendengar lebih jelas

Ketiga cara diatas sama baiknya jadi feel free ajah cobain yang mana yah….:)

Waktu yang diperlukan untuk terapi sekitar 30 menit setiap hari dan baiknya dimulai dari usia janin 16weeks atau usia kandungan 18weeks Asalkan ibu bisa berkonsentrasi dengan baik, dalam sehari boleh satu, dua, atau tiga lagu yang didengarkan. Atau sesuai mood mommynya ajah deh

Sambil kerja curi waktu buat download musik-musik klasik, akhirnya pilihanku jatuh pada Mozart for baby, Beethoven for baby, Baby Einstein dan Vivaldy cukup banyak ada kurleb 25-30 files🙂, dan juga beberapa surah dalam Alqur’an seperti Surah Maryam, Ar-Rohman, Surah Yusuf, dan Yaaseen…dan langsung nyobain it works ada gerakan2 halus dalam perut saat aku testing hihihihi…kamu suka ya dek….tapi karena gak konsen alias nyambi kerja kata ahli gak maksimal hasilnya jadi kayaknya pindahin filenya dulu ke HP biar nanti di waktu yang tepat dicobain lagi.

Info free download: junior-smart untuk musicnya dan index-of-mp3 untuk mp3 Alqur’an dll.

2 thoughts on “Download Time…”

  1. hahaha..
    iya mbak..
    suami juga dah prepare buat dee,,,
    emaknya lebih memilih megalunkan langsung ayat Al-Qur’an..
    tapi udah weeks 13 baru dapet 6 juzz niy..
    payah deh sang emak ini…

  2. @intan
    yap emang mesti gitu…mudah2an lancar ampe khatam…aku pilih kombinasi dari semuanya pokoknya yang terbaik buat si kecil aja deh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s