Bubur Madura a.k.a Tajin Palappa

Entah ngidam atawa sekedar kangen masakan jaman di kampung, sejak minggu lalu selalu membayangkan nikmatnya bubur madura alias tajin palappa (TP) khas dari kampungku Situbondo Jatim sana…di Jakarta sepengetahuanku blom ada siy jadi mau gak mau harus bikin tapi ada sedikit kendala salah satu bahan pembuat bumbunya adalah petis ikan khas madura yang susah didapet di sini. Ya sud pas telp ibuku tersayang beliau langsung memberikan solusi untuk paketin itu petis ke sini Asyiikkk…
Dan kemaren paketannya dateng berbarengan ama barang2 hasil belanja ol-ku. praktis dalam sehari aku dapet beberapa paket🙂.Sengaja kirimnya ke kantor cos alamat rumah sekarang agak ribet en gak da orang dirumah kuatir gak nyampe LoL. Pas dibuka paketannya ternyata mayan banyak (kayaknya barang dagangan di toko di insert-in juga ke paketanku, biar gak rugi ongkir ya mom :)) isinya 2 paket petis ikan (dimasukin dalam toples plastik), 1 paket petis udang, 1 paket kering tempe kentang, 1 toples plastik kacang tanah yang udah digoreng (tau anaknya males kali yah goreng2 kacang), 1 pack chocolatos, serenteng energen kacang hijau, serenteng milo amboy syenang. Thanks ibuku sayang…hihihihi
Buat yang pengen tahu gambaran si TP begini kira2:
Bahan membuat bubur
– Beras
– Santan
– Air
– Pandan
– Sedikit garam
Bahan membuat bumbu dan kelengkapannya
– Petis ikan
– Kacang tanah digoreng
– Petis udang
– Cabe rawit
– Cuka/asam jawa
– Air
– Toge, siangi
– Kangkung, siangi
– bakwan sayur/tahu goreng (untuk suwiran)
Cara membuat:
Rendam beras terlebih dahulu (untuk memudahkan menjadi bubur), masak air dan beras (kira2 perbandingan 7:1) saat mulai mendidih en mengental masukkan santan (biar lebih gurih), pandan wangi, sedikit garam, masak dan aduk terus dalam api kecil hingga mengental.
Untuk bumbunya, ulek kacang tanah, cabe, petis ikan dan petis udang (perbandingan 3:1), tambahkan cuka/asam lalu beri sedikit air (jangan terlalu encer) selesai. Bahan sayuran direbus ajah trus bakwan sayur/tahu goreng disuwir2 ajah.
Cara penyajian ambil bubur beras secukupnya, atur sayuran (kangkung+toge) diatasnya, beri suwiran, lalu siram bumbu ulek. Siap disantappp…rasanya pas aku beli dulu siy Yummy banget belom tau kalo bikin sendiri (masih mau praktek weekend besok). Trus Minggunya bikin rujak buah deh pake petis ini lagi dipedesin biar mantaphhh…Mmmm Adek suka kan (ho oh ho oh) hihihi…maksa banget niy bunda🙂
Update: Sabtu,6feb10 kemaren langsung praktek dan hasilnya mak nyozzz uenak tenan bikin buat 4 porsi dan hubby juga mayan suka meskipun baru pertama kali nyobain n bubur berasnya gurih pas air dan santannya pokoknya bumil ini sampe gowes2 kepedesan en merem melek saking enaknya lebbbayyyy…

4 thoughts on “Bubur Madura a.k.a Tajin Palappa”

  1. ah mbaak.. aku ngences bayanginnya. soalnya hampir semua masakan yang berpetis-petis gitu apalagi petis madura aku sukaaa. Hehehehe. Apalagi kalo lagi lidah hambar gini enak juga makan rujak petis. Slrruupp.. Yang aku kangenin tuh tahu tek.. Ah udah ah, ngences muluu, hahahaha..

  2. @astrid
    bener banget tau gak begitu paketannya dateng langsung aku bikin tuh bubur madura sampae 2 porsi sekaligus legaaa…besoknya bikin rujak madura gak kalah enak saking banyaknya makannya sampe 2 hari bis itu mules deh🙂

  3. Selamat siang mbak Anis, salam kenal.. ^^
    saya tertarik untuk buat resep yg mbak kasih ni..

    kalau boleh tau, bisa dituliskan ga takaran masing-masing bahannya..
    Penasaran pengen buat bubur ini soalnya..
    keliatannya enak..
    terima kasih ^^

  4. Hemm bingung klo pake takaran, ancar2y ajah yahh…untuk 1 porsi
    Buburnya kaya biasalahya bubur beras boleh kasih santan dikit
    Topping n Sayuran
    – kangkung rebus
    – toge rebus
    – bakwan sayur potong kecil (optional)
    – kerupuk diancurin (optional)

    Bumbu
    – segenggam kacang tanah sangrai dg sdkit minyak
    – petis ikan (madura) 2-3sendok makan
    – asam jawa/cuka secukupnya
    – cabe (jangan dipotek tangkainya) sesuai selera
    – gula merah 1 sendok makan
    – petis udang (1/2 sendok makan)
    – garem (klo kurang asin)
    – pisang biji mentah 3 iris (klo suka)

    Cara bikin ulek semua bumbu jgn terlalu alus biarkan sedikit kasar, tata dalam piring bubur kasih toping siram bumbu siram dan siap disantappp…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s