Ayam goreng kripsi dan plecing kangkung

Tanggal tua belum berakhir (gaji belom masuk kamsudnya :))..jadi aktivitas weekend mesti full of cooking. selain lebih hemat, makan sehat bonusnya suami jadi makin cinta…asli loh sekarang hubby ogah beli di warteg katanya kurang enak (weekkkzzz…) padahal pengen juga sesekali bikin nasi doank lauknya ngecer di warteg tapi ya sudlah selagi bumil ini masih suka masak ya masak ajah sekalian menambah aktivitas di hari libur (khususnya di tanggal sekarat). Hari sabtu belanja susu segar+bahan pokok yang abis di carrefour Ciputat (korek2 sisa uang bulanan)…masakan hari itu adalah “kari ayam kentang ceriaaa”…apa pula itu, trus minggunya bikin “ayam krispi n plecing kangkung saos tiram” secara yang ada bahan utamanya ayam🙂.
Untuk yang kari ayam hasilnya ya gitu deh nothing special tapi enyaaakkk. kalo yang krispi secara baru pertama nyobain (biasanya ayam goreng tepung biasa) ya masih exited ceritanya…
Bagaimana resepku (dari berbagai sumber) ini dia:
– 1/2 Ekor ayam (potong jadi 4/5 bagian)
– 2 butir kemiri (sangrai)
– 1 sdt ketumbar (sangrai)
– 3 bawang putih
– 3 bawang merah
– 5 sdm tepung kanji
– 1 sdm tepung maizena
– 1 butir telur
– 1 sdt merica bubuk
– Garam + gula secukupnya
– 2 sdm Bawang putih goreng
Cara membuat:

Haluskan bumbu (ketumbar, B.merah, B.putih, kemiri, garam+gula), rebus ayam bersama bumbu halus dan 300ml air putih hingga empuk dan bumbu meresap tiriskan. Kemudian ayam bisa langsung digoreng dalam minyak panas atau kalo suka bisa digulingkan dulu di atas tepung panir/tepung bumbu.  Untuk membuat krispinya sisa rebusan berupa kaldu dan bumbu halus tadi disisihkan tambah dengan semua tepung (kanji dan maizena), sebutir telur dan beri tambahan garam+gula secukupnya aduk hingga adonan halus (jangan kuatir terlalu encer karena emang itu yang lebih renyah)…panaskan minyak goreng dan tuangkan adonan sesendok demi sesendok sambil di kocok2 biarkan hingga garing dan tiriskan diatas kertas guna penyerapan sisa minyak, tambahkan bawang putih goreng dan simpan dalam toples/tupperware.

Untuk plecing kangkungnya kayak biasa yah
– 2 ikat kangkung siangi dan cuci bersih
– 3 bawang putih rajang halus
– 4 bawang merah rajang halus
– 5 cabe rawit rajang kasar
– 1 sdt terasi
– 2 sdm saos tiram
– garam+gula secukupnya
Cara Membuat:
Panaskan sedikit minyak/margarin masukkan semua bumbu rajang dan terasi, kalo dah harum tambahkan saos tiram, garam+gula aduk-aduk. Masukkan kangkung yang sudah bersih perlahan sambil diaduk dan usahakan jangan terlalu lama (kangkung menjadi tak segar lagi). Selesai
Makannya pake nasi panas dan kerupuk…dijamin gowes gowes kena cabe tumis n kriuk2 gurih krispinya. Sayang saking napsunya lupa motret hihihihi….

One thought on “Ayam goreng kripsi dan plecing kangkung”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s