Tips segera punya momongan (Hanya untuk pemula…)

Please deh ya…bukannya sotoy atau sok-sok-an lainnya. Ni asliiiii just sharing secara pengetahuan penganten baru gak semuanya sama (termasuk para ortu en mertua yah) makanya yang baca hanya buat yang belom tau aja xixixixi….
Punya anak?? gak bisa dipisahkan dari “SALAH SATU” tujuan sebuah pernikahan walaupun bukan tujuan “SATU-SATUNYA” Catet…
Kondisi pengantin baru yang beda2 tiap pasangan ikut mempengaruhi persepsi mereka tentang hadirnya seorang anak. Perbedaannya bisa dari latar belakang keluarga, budaya, usia, pendidikan&pengetahuan, visi&misi, de el el…makanya tak heran ada yang merasa belum “siap” dan akhirnya memilih menunda dulu untuk punya momongan…Daaannn aku gak nyalahin lo sebab itu adalah pilihan hidup masing2.
Jadi…topik kali ini khusus kepada pasangan yang pengen punya baby n belum tau ajah titik!!!

Satu lagi ini hanyalah proses ikhtiar (usaha) saja…eksekusi en realisasi hanya Allah SWT yang punya kehendak🙂.
Maaphkeun klo rada vulgar secara pembahasannya gak jauh dari konsepsi (pembuahan), hub suami istri, dan kroni-kroninya…Here we are:

  • Positive thinking is a must: berpikirlah positif jangan menyamakan kondisi kita dengan orang lain, ada yang belum genap sebulan married dah hamil, ada juga yang sampai 10 tahun bahkan lebih baru dikasih kepercayaan ma Allah SWT. Yakinlah Allah punya rencana indah buat kita cepat atau lambat, jadi jangan menyiksa diri dengan pikiran, perkataan dan pertanyaan orang “kapan punya anak?” anggaplah sebagai do’a dan jawablah dengan senyuman termanismu…
  • Catat siklus haid kamu: Apa saja yang dicatat?sebaiknya tanggal pertama mendapat haid  dan durasinya (catet secara rutin). Mulai kapan?jika begitu menikah kepengen langsung punya baby 2-3 bulan sebelum hari “H” pernikahan sudah bisa dicatet di buku harian/kalender/HP atau paling lambat yah sejak bulan pertama nikah. Ini penting untuk mengetahui perkiraan kapan masa subur bahkan sel telur kita  bener2  siap dibuahi/matang. Kehamilan kan “hanya” terjadi karena bertemunya sel telur dengan sperma jd selain itu adalah ketidakwajaran
  • Tentukan masa subur kamu: Banyak sekali cara menghitung masa subur, jika haid kita lancar (hanya berfluktuasi maju mundur 2-3 hari saja setiap bulan) akan sangat membantu menentukan masa ini bisa dihitung pake kalender manual (plus minus hari ke-14 sampai ke16 sejak haid pertama dengan panjang siklus rata-rata haid 28-32 hari), bisa masukkan data ke kalkulator konsepsi di beberapa website, join di software2 menentukan masa subur di internet, dll. Bagi yang haidnya jadwalnya tak menentu bisa menggunakan alat bantu/testpack cek ovulasi semacam ovutest, periksa lendir serviks, sampai USG. Intinya ada banyak cara menentukan masa subur ini makanya mulai sekarang rajin catet tanggal “dapet” yah..
  • Berhubungan di saat yang tepat: Maksudnya??dsini sama sekali bukan melarang kita berhubungan kapan saja yah…mau tiap hari juga sah2 saja kok…tapi jangan sampai kelewat di masa subur itu…dan gak harus saban hari (kecuali stamina oks banget yah)kenapa??selain menjaga kualitas sperma tetep prima juga karena sperma normal bisa bertahan hingga 2×24 jam di dalam rahim (tiap sekali berhubungan) akan tetapi sel telur yang siap dibuahi hanya mampu bertahan kurleb 1×24 jam (dalam satu bulan lo bokkk) makanya menebak “sehari” ini yang dicari2. klo menurut ahli siy seminggu 2-3x (selang-seling) dah ckup membuat kita hamil secara alami…
  • Trik di ranjang: Mulai memanas…jgn parno deh aku cuman mau bilang apapun gayanya lakukan dengan rileks, ikhlas dan penuh cinta sedikit tips (dari banyak sumber) setelah selesai jangan buru2 beranjak dari tempat tidur atau berbilas. Istirahatlah sejenak sambil kedua kaki diluruskan sedikit naik 30 derajat dari kasur dan beri bantalan kecil di area pinggul kita biarkan 10-15 menit.
  • Segera ke Obgyn: Kapan??idealnya setelah 6x berusaha di masa subur. Jadi ukurannya adalah “usaha” di masa subur yah jangan dari usia pernikahannya bisa saja kan dah setahun pernikahan tapi kebetulan dimasa subur sedang tugas keluar kota, sedang sakit atau sedang tidak mood (hehehe). Kenapa tidak ke alternatif dll…Gak salah kok sebenernya tapi untuk yang pertama sebaiknya pasangan ke obgyn dlu jika diketemukan adanya masalah (entah si istri atau suami) segera lakukan pengobatan medis or mau coba alternatif juga silahkan asal bukan yang gak masuk di akal yahhh…
  • Additional: Makanan bergizi, Olah raga dan Liburan. Yah untuk menunjang pembuahan berlangsung baik diperlukan kondisi tubuh yang prima, termasuk kualitas sperma kalo banyak orang n dokter menyarankan banyak konsumsi makanan yang tinggi kandungan vit.E nya sebaiknya dituruti ajah, misal: toge, buah kiwi, dll. tak lupa olah raga, hindari stress misalnya dengan berlibur berdua, dan makan-makanan sehat (banyak sekali jenisnya)
  • Banyak berdo’a kepada sang Maha Pemberi Kehendak

Semua step diatas adalah program kecil punya baby, apakah kalo gak di program gak akan punya baby??salah besar semua proses diatas adalah alami tanpa kita sadar atau tanpa kita banyak hitung menghitungpun kehamilan sangat mungkin terjadi jika kondisi pasangan sehat dan kebetulan berhubungan tepat di saat subur…jadi sama sekali bukan patokan hanya sedikit informasi saja.

Semoga bermanfaat:)

2 thoughts on “Tips segera punya momongan (Hanya untuk pemula…)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s