KTP Kaum Urban

Nasib kaum urban yang mencari nafkah di ibukota seperti aku en hubby emang punya banyak hambatan administrasi di sana-sini apalagi setelah memutuskan menikah dan bertempat tinggal disini. Sebelumnya kami juga sempet merasakan ribetnya berKTP daerah di Jakarta (Untung gak kena razia KTP daerah heheheh) yaitu saat membuka account bank baik bank BUMN maupun swasta semua mensyaratkan KTP setempat atau surat keterangan dari tempat kerja kita. Sekali sih masih okey tapi ternyata sampai 3x kami dibuat ribet en bolak-ik ke SDM cuman untuk bikin surat keerangan bekerja guna pembukaan rekening bank. Gak episien blasss…Ada lagi untuk menabung di BCA (aku buka di daerah asalq) kena charge loh…untung saja aku gak pernah nabung disitu yang ada BCA adalah tempat penampungan gajiku jadi kepake buat diambil ampe habisssss😉 melalui ATM, internet banking, dll. Pas Hubby beli motor juga gitu gak bisa balik nama dia, akhirnya mesti rela pake nama temen kantorku yang domisili di Jakpus…yeahhh nasib.
Dan sekarang saat kita dah nikah daripada meribet dan berujung pada susahnya anak2 kita (nanti) dapet akte kelahiran setempat diputuskanlah akan mulai urus permohonan pindah KTP dari asal kita masing-masing ke Tangsel alias Tangerang Selatan domisili rumah kami saat ini Daaannnnn sedikit problem lagi aku dan hubby berasal dari kota yang berbeda dan KK masih ikutan ortu masing-masing makanya prosesnya lebih panjang…

  1.  Situbondo: Aku mengajukan pindah domisili dan KTP dengan alasan menikah dari situbondo (Jatim) ke Pandaan-Pasuruan (Jatim)
  2. Pandaan: Hubby perbarui status KTP sekalian pecah KK(Jadi kita punya KK sendiri lepas dari kel.Hubby)
  3. Pandaan: Kita (berdua) mengajukan pindah domisili ke Ciputat-Tangerang Selatan
  4. Ciputat: Mengajukan permohonan KTP pendatang (luar daerah)

Nah yang belum ada gambaran di proses ke-4 nih secara pak rt di lingkunganku aja belom kepilih dan belum tau juga bakalan bisa langsung dapet KTP Tangsel atau KTP-Sementara dulu sampai 6 bulan yah PR buat ditanyain nanti. Hasil googling syarat pindah KTP a.l:

  1. Surat keterangan pindah dari daerah asal
  2. Akte kelahiran
  3. SKCK (males banget deh….)
  4. Surat nikah
  5. Jika menumpang saudara perlu KTP/KK penjamin
  6. Surat keterangan kerja/sekolah
  7. Surat pengantar RT/RW (baru)
  8. Surat keterangan/form pelaporan pendatang baru (SKPPB) dari kantor kecamatan
  9. Surat keterangan/form calon penduduk (SKCP) dari kantor kelurahan
  10. Pas Foto 2×3 sebanyak 3 lembar

Busyet ribet banget yakz…tar semua berkas dibawa ke dinas kependudukan dan capil setempat dan selanjutnya we’ll see…Ribet Ribet….belom update data bank, asuransi, GFF,…LoL

Apapun demi si dedek dijabanin deh🙂🙂🙂

2 thoughts on “KTP Kaum Urban”

  1. wiiih… syaratnya bnyk amat yah…
    di bali jg ribet,bu.. klo si mas,,suda punya KIPEM krn uda 10thn tinggal d bali. mo gnti KTP tggl nambahin pke KK baru. nah aku,,suda punya surat pindah dr kota asal tp tetep g bs bikin KTP bali atopun KK setempat krn aku br 5bln tinggal dsni. syarat dr klian banjar (pak RT) hrs domisili slma 3thn dlu br blh ngurus.

    lha iki piye nasibku jd penduduk gelap d bali…😦

  2. @Teeka
    Ribet suribet bener yo…aku juga belom tau nih bs pa gak dapet ktp tangsel sini yang pasti mau update status ama pisah kk dulu di pandaan-pasuruan klo dah jadi en di tangsel gak ribet baru pindah lagi kesini tapi klo tyt susye…ya sementara pake yang pandaan dlu gitchu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s