Wasir dan ibu hamil

Mmm….ceritanya tadi pagi pas ma BAB tiba2 perut mules en pas BAB ada darah segar gitu keluar dari anus kaget dunk…setelah aku pastikan bukan dari “miss v” agak lega deh tapi tetep ajah kepikiran.
nyampe kantor langsung googling tentang BAB berdarah, wasir/ambeien dan wanita hamil dan ternyata emang keduanya deket banget. Dimulai dari kehamilan yang membuat konstipasi alias sembelit apalagi kalo gak didukung dengan asupan serat yang cukup bumilnya.
Riwayat kesehatanku sendiri siy emang sembelit sebelum hamil emang seringkali menyerangku kadang 3-4 hari gak BAB gitu sekali BAB sakit en keras bahkan beberapa kali disertai darah dan saya belum pernah periksa karena merasa tidak mengganggu aktifitas tidak terasa sakit apalagi sampai “keluar” (maap bahasanya).
berikut aku kutip dari clubnutricia :

Mengapa Wasir Muncul Saat Hamil?

Saat hamil, jumlah dan sirkulasi darah dalam tubuh Ibu meningkat sehingga vena-vena Ibu membesar. Sayangnya, vena di sekitar bokong Ibu menjadi lebih lamban dan bengkak. Terutama ketika rahim Ibu yang terus membesar menekan vena-vena tersebut. Penyebab lain adalah kebiasaan menahan buang air besar. Jadi bila Ibu mengalami konstipasi atau sembelit, makanlah makanan berserat tinggi dan minum banyak air untuk membantu mengatasi wasir.

Obat wasir

Selain banyak minum dan makan makanan kaya serat, Ibu bisa minum obat wasir bila diperlukan. Tetapi karena obat-obatan yang bisa Ibu konsumsi selama hamil terbatas, sebaiknya konsultasikan pada dokter bila Ibu ingin menggunakan krim, ointment atau obat yang dimasukkan ke dalam anus untuk meredakan wasir.

Pertolongan Pertama

Selain obat, ada tips lain untuk menghindari wasir :

  • Kurangi tekanan pada perut Ibu dengan berbaring miring ke kiri selama beberapa saat.
  • Mengangkat kaki selama sekitar 20 menit juga dapat membantu.
  • Hindari sabun, bedak atau tisu basah berparfum.
  • Cuci bokong dengan air saja setelah buang air dan keringkan.
  • Gunakan pakaian dalam katun yang longgar agar tubuh lebih nyaman.
  • Jangan menahan bila ingin buang air.
  • Latihan fisik ringan untuk meningkatkan sirkulasi darah.
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.Buat tubuh rileks dengan mandi berendam air hangat jika Ibu merasa gatal atau gunakan kompres es sebagai gantinya.

Pelajaran : perbanyak makan serat buah dan sayur….semangaaaaddd.tp tetep males ke dokter ;(

2 thoughts on “Wasir dan ibu hamil”

  1. Mbaaak..
    aku juga ada wasir, wekekek..
    malah kalo parah, ampe nangis dan gak enak badan gitu. Untungnya skrg nemu caranya. Kata temen Mamaku yg biasa mijet utk nyembuhin org wasir, diteken dibagian tulang ekor keatas pelan2, terus sama bagian pant** dipijet pelan2. wakakak.. komentarku rada saru yah.. hehehe. maaf yah. dikasih minyak telon terus dipijet gitu lumayan ringan.
    semoga lancar2 aja yah kehamilannya.. aminn!

  2. @Ocha
    Wah gitu yah…aku sebenernya belum periksa siy cos feelingku siy sembelit akut yang akhirnya menjadi pemicu wasir emang perlu diobati siy, cuman klo gi hamidun gini mau berobat atau pijet2an rada ngeri mk-nya tggu konsul dokter dlu…(mestinya dulu2 diobatin dlu yakz)
    sukurlah klo skr baikan jeng thx a lot yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s