Rencana renovasi dapur

Kenapa rencana??Klasik duitnya belum terkumpul hehehehe…

seperti dah saya ceritakan sebelumnya. Setelah lebaran hubby memutuskan untuk tidak kembali ke Manado alasan pertamanya adalah cost en benefitnya belum sesuai dan alasan utamanya adalah tak mau meninggalkan istri tercintanya (lebayyyy…). Bahkan kalo di PHK-pun huby siap searching for the new one-chance (dengan support ak penuh pastinya)

Dan akhirnya kitapun boyongan ke rumah mungil kita di Kawasan kedaung-Ciputat. Untuk menjangkau kantor kami berdua dah pernah kubahas juga by apa ajah…cuman akhir2 ini dah  jarang banget naik KRL alasannya banyak..

  1. Kalo naik motor ma hubby berangkat bisa lebih siang sampe 30 menit (KRL 6.15 mesti dah otw ke stasiun Sudimara) kan mayan bisa bikin sarapan dulu.
  2. Naik motor lebih irit (KRL perhari 50-60rb berdua plus ojek dan angkotnya)
  3. Bisa mampir pasar Ciputat setiap hari (urusan masak-memasak)
  4. Lebih mesra (yang ini alesan ajahhh….)

Meskipun aku yang penakut ini sering banget ngomel2 plus sport jantung menghadapi kemacetan en ruwetnya Jakarta di pagi dan malem hari.

Kembali ke judulnya…karena rumah kami yang super mini en sexy, dapurnya pun belum bener2 dapur karena hanya tempat cuci piring dan masih terbuka (ukuran kira2 4×3 m). Nah renovasi pertama udah kami lakukan awal tahun ini dengan meninggikan tembok pembatas belakang yang ukuran standartnya 2m menjadi 3m (just it) tapi tetep ajah kan kalo ujan kena cipratan air…bahaya juga dunk ma kelangsungan kompor gas yang sementara ini ditumpuk tepat disebelah cuci piring..mau gak mau proyek selanjutnya adalah menutup dapur sehingga bisa lebih nyaman. Saat ini kondisi ruang tamu/keluarga adalah ruang all in one mau nonton tv, terima tamu, tempat piring2, kulkas, dispenser, magic com semuanya ada di ruangan itu bisa dibayangin dunk jauh dari rumah “ideal” yang kami impikan tapi Alhamdulillah kami sudah punya istana mungil sendiri (meski cicilannya 10 Tahun ;))

Rencana renovasi menutup dapur ini adalah Desember 2 bulan lagi makanya saat ini getol bikin RAB yang ekonomis praktis (apa pula itu). sementara ini item budgeting untuk proyek kecil itu dibagi menjadi 4 apa sajakah ?

  1. Pengerjaan Dak/cor (atap) ukuran 3 x 4 m –> Rencana renovasi dapur adalah menggunakan atap cor (jadi kalo nanti2 perlu tambahan ruangan tinggal ditingkat ajah). Perkiraan budget material adalah 3.5jt (Item material: Semen PPC, kawat bendrat, batu split, besi cor, pasir cor)
  2. Pengerjaan dinding batako/bata merah ukuran  7m2 –> Dinding sebagai penutup dapur (tempat pintu keluar).Perkiraan budget adalah 1.5jt (Item material: Semen PPC, pasir, batako/batu bata)
  3. Pengerjaan daun jendela kaca dan pintu (kusen+daun pintu) –> Dikerjain ma tukang kayu. Perkiraan budget dengan bahan Meranti termasuk finishing 1.3jt (Item material: Pintu dan kayu siap pasang tentunya sementara ini budgeting yang meranti dulu)
  4. Pengerjaan lantai keramik 3×4 m –> Pilihanku keramik ukuran 30x30cm dan warnanya agak tua (dapur gitu loh biar gak keliatan kalo kotor yeee…). Perkiraan budget 1jt rupiah (Item material: Keramik, semen PPC, pasir pasang, semen putih)
  5. Lain-lain : Mulai dari biaya pindah pipa air, jalur pembuangan limbah sampai kemungkinan beli pompa baru budget total 1jt.

Total jenderal untuk biaya material dan lain-lain saja adalah : Rp 8.3jt dan asal diketahui ini belum termasuk tukang loh…dengan asumsi 2 tukang(75rb/day), 3 asisten(50rb/day) selama 15 hari =  Rp4.5jt kalo gak meleset butuh Rp 12.8jt. Mayan gede bukannnn???kalo mau aman punya 15jt dulu baru calling tukang fiuhhh.ini baru nutup dapur loh belum kitchen set, fiber glass carport, meja makan, sofa, gorden (rumahku belum ada gorden lho…tapi ini akan diusahan beli duluan), mesin cuci, dll banyak yah…tapi ya tentunya alon2 asal kelakon bisa 1 tahun beres atau lebih…

Gimana?dah mirip tukang bangunan belum budgeting.sebenernya aku punya hitungan RAB versi lengkap tapi sementara gini aja dulu yah biar ga pusing…klo ada yang berpengalaman renov sebagian atau hitungan budgetku yang melencong please share yakz.Cheers

One thought on “Rencana renovasi dapur”

  1. semangat ya , saya juga sedang renova dapur, lagi deg degan, takut over budget, secara penget ekonomis juga, tp pengen gaya juga jadi pusing hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s