Wedding Plan Antar Kota antar Propinsi…(Part I)

Kaya angkutan lebaran ajah yah wekekekeke….lagi2 gak ada maksud menggurui, pamer, dan sejenisnya ini murni sharing lo yah!!!. Berkaca dari pengalaman pribadi mengurus pernikahan antar kota, antar propinsi (lebay…). Jkt-Stb-Pandaan-Jkt dua kota diurus sekaligus dari Jakarta busyettt deh. Flash back setahun lalu kayaknya berat dan gak mungkin banget aku handle berdua tp setelah dijalani dengan ikhlas disela kesibukan bekerja bisa juga kok…jd gak usah terlalu banyak mikir ya temans. kuncinya: well planned, semangat dan jgn lupa berdo’a pasti bisa kok InsyaAllah… jd bt sesama kaum urban jangan buru2 “terima beres” biar berasa jadi ratu n raja sehari mesti capek2 dulu dunk istilah jawanya “Marem”.
Kita yang nikah kan wajar aja dunk kita yang repot lainnya cukup menjadi supporting n sponsor ajah😛 (asal jgn sponsor utama yah…sama aja bo’ong) trus disesuaikan dengan kemampuan calon pengantin dan diskusi ma keluarga besar itu wajib. Moment seru dan hebohnya persiapan pernikahan jgn sampe dilewati gt ajah sayang bangeddd….capek fisik, materi dan rohani is a must!!!
Berikut ulasan-nya (seinget kepala aja niy maap klo ada yg kelewatan)
1.Waktu
Boong banget kalo mau persiapan semua sendiri antar kota hanya dengan 2-3 bulan ajah…mkin2 ajah klo duitnya ada, tp asumsiku ini bukan model serba ada gitu yah tp dimulai dengan tabungan seadanya dulu. So mau gak mau paling gak butuh 8 -12 bulan deh baru berani atur segala sesuatunya (termasuk lamaran). Case-q persiapan lamaran kurleb 4 bulan, persiapan acara 2 kota (sekaligus) = 8 bulan yg mana dilakukan secara paralel gitu deh.
2.Buat prioritas (H-12)
Apa dulu sih yang mesti dibeli?diurus?dipilih?. Pasti klo gak diberi skala prioritas akan membuat kepala pecah mungkin tiap pasangan bisa jadi punya pandangan berbeda. Hasil diskusi dengan cami (waktu itu) yg pertama dipikir adalah pembagian area financial. Klo seserahan dan mahar (100% dari cami) angsal-ungsul (100% darikoe). Kebutuhan acara kita putuskan gotong royong sesuai kemampuan individu…oleh karenanya aku bikin dulu list seserahan, angsal-ungsul dan mahar yang realistis, tak memberatkan sekaligus berazas manfaat (bukan memanfaatkan lo yah :P). setelah ketemu kata sepakat semua list dicatat dan diberi jadwal/waktu pembelian (bagi yg segala sesuatu dah ready, baca:duit cukup, item ini bisa dihilangkan cos sebulan ajah bisa kebeli semua kok klo ada dokunya).
3.Proposal schedule (H-11)
Setelah tahap 2 telah di draft-kan mulailah mematuhi jadwal pembelian seserahan (cami) perbulan 1-2 item saja dan usahakan belinya berdua biar sama2 senang dan jgn segan bilang tidak jika barang yang disuka salah satu pihak tidak berkenan dengan pihak lainnya (bukan apa2 mubadzir bok!!!) dan please buat ibu2 jgn terpaku sama branded dan gengsi dg beli barang yang harganya selangit…belom tentu kepake kan sayang. Kita sesuaikan saja dengan style keseharian kita dan kondisi keuangan cami. Demikian pula dalam menentukan mahar.
Contoh proposal schedule versiq ada 2 :
a. Jadwal pembelian seserahan, angsal-angsul & mahar
Jul → Kalung emas putih+set Lingerie
Aug → Cincin lamaran+set sholat
Sept → Set kebaya akad
Oct → High heels+jam tangan…dst
b. Jadwal persiapan acara (akad+resepsi)
– Dec → Kain seragam ortu+panitia
– Jan → Souvenir + DP perias
– Feb → Undangan + DP gedung
– Mar → Prewed + Pre marital check-up,….dst
Oh ya perlu diingat juga saat ini juga sudah ada konsep awal acara, wedding theme, wedding colour, adat, dll (klo memungkinkan diskusi juga ma ortu/keluarga)…dan lagi2 tengok budget, jumlah undangan, dll. Jangan segan katakan tidak or no way kalo tak masuk budget (kecuali ada donatur). Untuk acaraku sendiri alhamdulillah hampir 70-an% bisa aku handle berdua dengan susah payah dan habis2an. Satu2nya vendor (yg paling mahal pula) yang q pasrahkan ortu adalah catering resepsi Pandaan (over budget banget karena jumlah undangan yg fantastis menurut kami 750 undangan 1500an tamu) huhuhuhuhu….Taksangguplah awak ini…to be continued

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s