Final Plan Acara Situbondo, 5 Juli 2009 Situbondo

Pengajian (Do’a Bersama)

Waktu : Rabu, 1 Juli 2009

Tempat : Rumah kediaman cpw – Situbondo

Jumlah : kurang lebih 50 orang

Kegiatan ini sebagai awal prosesi sebelum acara inti secara keseluruhan. Meohon kepada Allah SWT diberi kelancaran dan kemudahan menuju hari “h”. Dan agar pernikahan yang akan berlangsung mendapat Ridho-Nya. Acara ini diikuti oleh kelompok ibu-ibu pengajian yang ibuku ikuti.

Pasang Terop/Tenda

Waktu : Sabtu, 4 Juli 2009

Tempat : Halaman depan kediaman cpw – Situbondo

Jumlah : kurang lebih 20-25 orang

Kegiatan ini menandakan akan dimulainya “gawe” si pemilik acara dipimpin oleh ayahandaku dan diikuti oleh bapak-bapak lingkungan sekitar dan prosesi ini (khas daerahku) biasanya menandakan pula kegiatan dapur umum (para ibu-ibu) dibuka biasanya ada makan bersama. Dengan itu malam sebelum hari “H” akan ada sekelompok tetua (bapak-bapak) “mele’an” atau begadang sampai pagi.

Akad Nikah (Ijab Kabul)

Waktu : Minggu, 5 Juli 2009 (7.00-selesai)

Tempat : Kediaman cpw – Situbondo

jumlah : kurang lebih 30 orang

Karena tidak ada prosesi siraman-midodareni di acaraku maka inti acara Akad nikah/Ijab qabul sesuai agama calon pengantin dimulai. Acara ini dimulai dari penyambutan kedatangan keluarga cpp dan pemberian seserahan oleh keluarga cpp. Kemudian dilanjutkan ijab qabul dilakukan didepan penghulu, wali dan saksi. Rencananya cpw tidak ikut mendampingi cpp. Dalam prosesi ijab pula diserahkan mas kawin (mahar) dari cpp ke cpw, setelah ijab selesai dan pernikahan dinyatakan sah aku keluar dari kamar didampingi ibuku atau sesepuhku menuju meja ijab, menandatangi buku nikah dan mencium tangan suami sebagai tanda bakti istri kepada suami. Selanjutnya salam2an kepada orang tua, dan semua yang hadir.

Walimah

Waktu : Minggu, 5 Juli 2009 (08.00- selesai)

Tempat : Halaman rumah kediaman cpw – Situbondo

jumlah : kurang lebih 100 orang

Walimah yang sebenarnya resepsi di Situbondo dibedakan dengan resepsi sesungguhnya. Di prosesi walimah undangannya adalah bapak-bapak lingkungan sekitar ditambah keluargaku hadir untuk memberikan do’a restu dan selamat kepada kedua mempelai dan juga sebagai pengumuman bahwa telah terjadi pernikahan dikeluargaku. Sebelum acara untuk menyemarakkan acara biasanya dimulai dengan “hadra” atau seni rebana dari sebuah grup hadra di Situbondo, Khutbah nikah oleg Ustadz, dan ucapan syukur dan puji-pujian kepada Allah SWT dan junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW.

Panggih (Temu manten)

Waktu : Minggu, 5 Juli 2009 (10.00 – Selesai)

Tempat : Halaman kediaman cpw – Situbondo

Jumlah : kurang lebih 40-50 orang

Karena “sebenarnya” cpp dan cpw dah ketemu maka pada prosesi ini dibuat seolah-olah keluarga cpp baru datang. Jadi mereka berkumpul di rumah salah satu tetanggaku😉. Iring-iringan keluarga cpp dimulai dari kembar mayang, cpp diapit orang tuanya, keluarga inti dan terakhir saudara/rombongan. Secara teori sejauh yg diketahui urutan panggih yang Insyaallah akan dilalui: (belum konsul ke perias sama sekali masalah ini h-2 aja kayaknya nasib anak perantauan ;(…)

  • Balangan Gantal → Diawali tukar kembar mayang, saat cpp dan cpw sudah bertemu muka kira2 jarak 4-5m maka saling lempar gantal (daun sirih yg digulung) sebanyak 3x (aku akan curi start nih hehehe). Artinya banyak nih ada yang bilang penanda prosesi sekilas tp bermakna seumur hidup dan penanda masuknya kedua insan ke sebuah ikatan suci pernikahan dimana tak hanya manis tapi pahit getir dirasakan bersama😉

  • Wiji Dadi → cpp menginjak telur mentah hingga pecah yang mempunyai arti pecahnya telur berarti bersatunya kuning dan putihnya sebagai pertanda persatuan dalam pernikahan, dilanjutkan cpw membasuh kaki cpp sebagai tanda penghoramatan serta bakti istri kepada suami.

  • Sinduran → Kain sindur (kain panjang) di sematkan di pundak kedua mempelai oleh ibuku, Ayahku didepan membawa kami berdua menuju pelaminan sedangkan ibuku dibelakang pengantin sambil memegang punggung kedua mempelai. Artinya orang tua membawa kedua anak-menantunya kesebuah gerbang baru pernikahan dengan ayah sebagai teladan dan atas dukungan ibu.

  • Bobot Timbang → Ayahku memangku kami berdua (pengantin) secara bersamaan. Ibuku betanya “abot endi Pak??” jawaban bapak “podo abote”. Artinya setelah pernikahan ini orang tua tidak akan membedakan mana anak dan mana menantu karena keduanya telah menjadi satu keluarga.

  • Kacar-Kucur → cpp menuangkan beras, uang koin, bumbu dapur kekain sindur yang dipegang cpw diatas pangkuannya dan cpw dengan hati-hati mengupayakan tidak ada yang tercecer. Artinya tanggungjawab suami untuk menafkahi istri dan tanggungjawab istri membelanjakan nafkah dari suami secara bijaksana dan hati-hati

  • Dulangan/dahar kembul → Kedua pengantin saling menyuapi nasi kuning menggunakan tangan masing-masing simbol cinta kasih dan cumbu rayu keduanya dilakukan sebanyak 3x dulangan.

  • Mapag Besan/Tilik Pitik → ortu cpw menjemput ortu cpp dan bersama-sama ke pelaminan

  • Pemasangan cincin kawin → Pemasangan cincin kawin kedua mempelai dengan diapit kedua pasang orang tua

  • Sungkeman → Kedua pengantin sungkem kepada kedua pasang orang tua secara bergantian sebagai tanda bakti dan hormat keduanya.

Resepsi kecil

Waktu : 11.00-13.00 WIB

Tempat : kediaman cpw – Situbondo

Jumlah : kurang lebih 150-200 undangan

Sebelum acara resepsi dimulai jika ada spare waktu digunakan untuk foto session keluarga inti dan keluarga besar, jadi diakhir resepsi tinggal foto2 bersama undangan.

Disini undangannya mulai temen2 sekolahku SD-SMU, tetangga rumah lama (perum PG Panji), saudara en keluarga besarku, Teman2 Bapak kerja sebelum pensiun, dll.

Final Plan Acara Pandaan, 11 Juli 2009 Pandaan – Pasuruan

Waktu : Sabtu, 11 Juli 2009 (09.00-selesai)

Tempat : Gedung pertemuan Chandra Wilwatikta Prigen-Pandaan

Jumlah : Sesi pagi 10.00 -12.00 → 350 – 400 undangan

Sesi siang 12.00 -14.00 → 350 – 400 undangan

Secara semua prosesi ijab – panggih dilaksanakan di situbondo jadi untuk acara di Pandaan selain (ngunduh mantu) sebenarnya adalah resepsi final (sebab rencana awal di situbondo tanpa resepsi) oleh karena itu diselenggarakan di gedung pertemuan hingga 2 sesi (kapasitas gedung tidak memungkinkan sekaligus).

  1.  

      ‘09.00 – 09.30 : Foto Session

      ‘10.00 – 10.15 : Kirap pengantin

      ‘10.15 – 10.30 : Sambutan pembuka dan drumband

      ‘10.30 – 12.00 : Pemberian selamat undangan sessi pagi dan foto bersama

      ‘12.00 – 12.20 : Pengantin berganti pakaian

      ‘12.20 – 14.00 : Pemberian selamat undangan sessi siang dan foto bersama

      ‘14.00 – 15.00 : Penutupan dan makan bersama keluarga inti dan bebasss

Undangan pagi → terdiri dari tetangga dan kerabat cpp, saudara dekat, teman dan rekan kerja bapak mertua, teman – teman ibu mertua, saudara inti.

Undangan siang → terdiri dari teman2 kuliah cpp dan cpw, teman2 kerja cpp dan cpw, teman2 sekolah SD-SMU cpp, saudara jauh, dll.

Waktunya kembali ke jakarta

Waktu : 12 Juli 2009 (14.00 WIB)

Segala penat belum terbayarkan dengan istirahat yang cukup tapi apa daya harus kembali ke Ibukota kembali…..Have a nice new family deh.

Rencananya disela tanggal 5 juli 2009 – 11 juli 2009 tepatnya tgl 8-9 Juli 2009 ada 2 hari sessi khusus cpp dan cpw yaitu “Malang on Memmorial” alias nostalgia sekalian honeymoon sekalian silaturrahmi sekalian fitting baju resepsi (yg ini blom fix en belum ijin keluarga besar ;))…….Ya Allah semoga segala rencana terealisasi dengan baik dan mendapat Ridho-Mu Amien Ya Rabb…….

7 thoughts on “Final Plan Acara Situbondo, 5 Juli 2009 Situbondo”

  1. 3 hari kan jatah kita di peraturan dep tenaga kerja klo 3 hari lagi itu jatah cuti tahunan pribadi…
    jelas cuman 3 hari aturannya tp masak ga boleh cuti pribadi kan hak tuh…;)
    nb.kebetulan aku daet sehari free kan ada pilpresss hehehe mayanlah

  2. hehe lupa aku pas pengajian belum mudik lo…jadi pengajian tanpa aku aku baru mudik h-2 sebelum akad tepatnya hari Jum’at, 3 Juli 2009 hehehe…(jadinya klo dari pengajian kesannya panjang gtu yah)

  3. @Rika
    iya nih buk dah tggal menghitung hari…Thanks ya amin2x.Update??klo inget …wekekekeke

  4. Mbak, maaf boleh nanya kalau resepsi dulu di Taman Candra Wilwatikta sewa gedungnya berapa ya mbak?
    Mohon pencerahannya…. Hehee

    Makasih mbaaakk…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s