Kuliner Situbondo

Berhubung lagi laper banget, jadi pengen review wisata kuliner di Situbondo kota kelahiran tercintaku…cuman yang aku review tentu yang dah pernah aku n keluargaku cobain yakz en maaph tidak menyertakan harga update karena dah bertahun-tahun lalu tp mudah2an aku masih inget:

1.Bakso+Es

Di mana siy yang gak ada mau di kampung sampai ibu kota negara tak akan terlewati ama makanan bulet2 bikin nagih ini dan di Situbondo sana yang sempet aku cobain adalah Bakso Yanto: Legendaris sejak masih baby lokasi di jalan raya banyuwangi seberang Pasar Panji, Bakso Solo Pojok Alun-Alun lokasi sesuai namanya enyakkk, Bakso Dono Jalan Wijaya Kusuma juga Yummy, Bakso Pak Ji SMUSA (di Wijaya Kusuma juga klo liburan), trus Bakso Solo+Es Podeng Sari Rasa mantaph, Bakso+Es campur ACDC Bakso Tenes Mimbaan ada di utara dan selatan jalan Semeru apalagi yah…oh ya Bakso Solo jalan olean terus (jalan ke Pantai Patek) kanan jalan en Bakso kikil lampu merah (SMEA lama), Bakso Armett (ni di belakang PG. Panji), Bakso+es campur seberang terminal (lupa namanya) ramee banget en bakso solo pertigaan Tanjung kayaknya sang juara2 bakso dah kusebut Hummm Slurrrppp

2.Ayam goreng+Gurami

Meskipun gak khusus menjual ayam goreng beberapa yang dah pernah mengisi perutku diantaranya Ayam Goreng+Gurami “Pemuda”, Ayam goreng “Warung Pojok” di pertigaan Alun2 arah jalan Cenderawasih, Ayam goreng “Sari Asih” di pertigaan Alun2 seberang pos polisi Jalan Sucipto, Ayam goreng “Mangga Sari” sebelum Pasar Buah (Arah Banyuwangi) dan Ayam goreng resto “Anugerah”.

3.Mie+Nasi Goreng

Yang juara diantaranya mie+nasi goreng pak Niti lokasi ada di seberang PG Panji ama di sebelah Ayam goreng “Pemuda”, Mie “Nung” sebelah Media setauku baru 2 itu yg mak nyuuuzzzz

4.Capcay+Koloke

Depot Rahmat jalan Basuki Rahmat, Depot Unyil (sebelahan ma depot Rahmat), sementara itu doank yang kutahu di jamanqu gak tau klo sekarang yah pasti sangat bertambah secara signifikan

5.Soto Ayam+Babat Madura

Nah ini dia Soto Ayam+Soto Babat Madura yang tersohor itu dan yang nurut aku rasanya paling nendang adalah Soto Haji Fauzi lokasinya di Jalan Raya Banyuwangi deratan seberang Gapura PG Panji bener2 “berasa” dan ber ciri khas madura nan nikmat.

6.Bubur “Tajin Palappa”

Kalo ngaku orang Situbondo jangan sampe ketinggalan ama penganan yang satu ini nama tersohornya adalah “Tajin Palappa” berasal dari kata Tajin=bubur en Palappa=bumbu yah semacam bubur yang disajikan dengan bumbu kacang cs. Sedikit aku beri gambaran sebenarnya sangat sederhana bubur dibuat dari beras dengan takaran air yang pas (tidak terlalu encer), sayuran rebus biasanya kangkung+toge, bumbu kacang special nah ini yang ruarrr biasa en gak dapat ditemui di daerah lain racikannya setauku adalah kacang tanah yang sudah di goreng+gula merah/jawa+petis ikan(asli produksi lokal)+petis udang+cabe rawit+sedikit garam+cuka+bawang putih(jika suka)+pisang biji mentah(jika ada) semuanya diulek diberi sedikit air dan disiram diatas bubur+sayuran rebus terkadang juga diberi potongan hongkong (nama lain weci, bakwan sayur, dll). Bener2 tak tertandingi citarasa lokalnya. Gak ada depot khusus untuk makanan ini hampir di setiap pasar traditional ada apalagi pas lebaran akan sangat banyak warung dadakan untuk makanan yang satu ini😉

7. Martabak+Terang Bulan en Aneka Jajanan Pasar

Martabak telor dan Terang bulan-kejunya seberang Tanjung enyakkk lohhh, yang deket alun2 selatan juga mayan. Kalo jajanan pasar ini dimanapun ada yah…terutama di pasar deket rumahku “Pasar Panji” ada lopis siram gula merah, ketan komak, cenil, jagung urap kelapa, item2 lengket (asli istilah maduranya lupe semua) harganya murah cukup beli 500 maksimal 1000 ajah dah kenyang hehehehehe gak tau yanh sekarang ini. Semuanya akyuu Sukaaaa!!!!

3 thoughts on “Kuliner Situbondo”

  1. walah, trnyt websitenya anis tho….aq lagi cari2 resep mie,munculnya ke blog ini.lg kangen mie goreng p.niti..tp bingung namanya mie apa itu ya?di surabaya or semarang gak nemuin mie itu….nanyain ma temenku, malah dianya yg bingung…gak mudeng maksudnya mie yang gimana….

  2. @trias
    jadi maluuu…aku juga kangen nih mie pak niti setauku dia bumbunya dari udang gt deh dl pernah bikin pas masih di situbondo skr lupa blassss….aku kangen saat sahur bersama mie pak niti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s