Akhirnya ORI005-ku kujual

Boleh dibilang aku sedikit pemerhati financial planning yang tak akan jauh2 dari yang namanya investasi semacam tabungan konvensional, tabungan rencana, deposito, unitlink, asuransi hingga ORI dan reksadana meskipun untuk jenis terakhir meskipun ada ketertarikan belum pernah kucoba sama sekali karena resiko yang mengikutinya (terutama reksadana saham) termasuk tinggi dan aku bukan orang berduit yang siap dengan konsekuensi uang yang disimpan berkurang jumlahnya.

Untuk jenis tabungan konvensional sejak jaman SD, aku sudah kenal bahkan memilikinya waktu itu namanya Batarapos. Trus tahun ’97 (SMU) aku membuka rekening BCA sampai sekarang wuihhh loyal banget kan dah 12 Tahun bokkk aku jadi nasabah tp kok ga pernah dapet hadiahnya ye…hehehehe…deposito juga dah aku kenal sejak lama meski kelasnya sejuta dua juta hehehehehe. Saat ini aku punya beberapa tabungan bank (gak semuanya ada isinya…piiiisss) ada BCA(dari jamannya tempat lewat duit beasiswa pas sekolah sampai tempat lewat gaji sampai sekarang), BTN (sejak ambil KPR), Shar’e Muamalat (Bisa ambil di ATM manapun) tadinya jgn tanya hampir semua bank aku buka dengan keperluan sendiri2 en bisa dipastikan saldonya rata2 minimal en tergerus bea admin ;(

Khusus mengenai ORI yang termasuk baru kukenal pas peluncuran perdana ORI005 September 2008 lalu aku coba berpartisipasi meski cuman 5 unit😉 namanya juga pemula. Caranya gampang asal punya rekening BCA dateng deh ke BCA prioritas terdekat bukti kepemilikan hanya selembar kertas pernyataan kepemilikan en siapkan materai 6rb selesai. Dan nikmati kupon 11.45% belum pajak perbulan selama 5 tahun (sampai jatuh tempo)…

Meski klo ditotal-total keuntungannya lumayan, tapi berhubung kuponnya masuk ke tabungan reguler kita jadi serasa gak berarti gtu loh makanya mumpung ada kebutuhan aku iseng2 lihat posisi ORI005 dan ternyata naik tipis di 101.5 dari posisi awal di pasar perdana 100%….Wah tadinya aku berpikir gak akan dapet capital gain dari ORI yang dijual sebelum jatuh tempo ini ternyata dapettt meski tipisss banget Alhamdulillah duitku gak berkurang. Cara penjualan di pasar sekunder juga gampang tinggal dateng kembali ke BCA prioritas, bawa KTP, siapkan materai 6rb en ada biaya penjualannya 25rb (yg ini gak suka…tp resiko beli en jual ORI di pasar sekunder pasti kena biaya2 tsb) dan tunggu 2 hari kerja uang kita beserta capital gain-nya akan sampe di rek tabungan. Aku sangat menikmati pengalaman2 berinvestasi meskipun nilainya sangat2 kecil tp setidaknya pembelajaran buatku.

Kedepan lagi mikir ambil mega rencana yg berhadiah tapi busyettt invest-nya lama banget sampai 20 tahun bisa gak yah sisihin 300rb selama itu (perlu dikaji lebih dalem)…Reksadana?sejak ada kasusnya Bank IFI n Century kok jadi ngeri yah…mengkajinya agak lama kyknya nih mesti pilih bank custodian yang terpercaya apalagi pemerintah tidak menjamin-nya makin parno ajah tapi apapun itu jadikan kebiasaan menabung sebagai gaya hidup selain kebiasaan berhutang (kartu kredit en cicilan lainnya) tentunya…..Caiyoooo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s