Asiknya belanja online

Ternyata belanja online menyenangkan juga paling tidak dah beberapa kali aku mengalaminya…tapi harap berhati-hati sebelum melakukan transaksi atau transfer pembayaran pastikan web online tadi memiliki reputasi yang baik dan bukan penipuan. Bagaimana caranya?klo aku sebelum melakukan transfer aku selalu membaca dan melihat dengan baik apa langkah-langkah ordernya. Memang tidak mungkin kita melakukan pembayaran dibelakang saat barang dah kita terima ataupun membayar setengahnya dulu karena terlalu beresiko buat si penjualnya so mau tak mau kita yang mesti berhati-hati cara paling gampang gogling dengan masukkan nama toko tersebut baik di google, media konsumen dll. Disitu akan tergambar komentar siapa2 yang telah memakai jasanya entah komentar baik maupun buruk…langkah kedua pastikan rek. Bank yang ditunjuk oleh produsen lengkap disebutkan secara online beserta nama pemiliknya. Sebab salah satu modus penipuan online mereka sengaja tidak memasang nama dan no rek secara terbuka melainkan melaui telp/sms sehingga tidak terendus hukum. Jika dirasa cukup dan tidak ada reputasi buruk maka yakin aja itu situs online “benar” dan pilih plus bayar barang yang kalian suka…jgn lupa ty nomor kontak hp/telp/alamat mereka plus no resi pengiriman barang kita…Jika dilihat dari manfaat-nya maka menurut saya pribadi adalah:

  • Praktis: tidak perlu berdesak-desakan di pasar, mall tidak perlu capek naik taxi angkot apalagi bermacet-macetan.teruuusss kita lebih konsen memilih barang-barang yang kita inginkan

  • Murah: iya dong kenapa?mereka tidak perlu membayar tenaga kerja banyak, tidak perlu etalase toko yang menarik so klo lebih mahal dari harga pasar lebih baik jangan belanja online Pastikan juga ongkos kirim-nya juga low cost sehingga klo di total tetep lebih murah belanja online yakz.

  • Fleksibel: Mau tengah malam, mau jam istirahat kantor, mau sambil tiduran juga asal ada jaringan internet tetep bisa belanja online (tentunya dilengkapi internet banking-nya yakz)

  • Jaringan luas: maksudnya mau dimanapun kita berada dari sabang sampai merauke asalkan ada jasa pengiriman maka masih bisa dijangkau apalagi klo kita tidak hidup di kota besar yang barang-barangnya masih lama updatenya dengan online shopping mau barang model terbaru dikirim ke pelosok juga BISAAA!!pengen kasih hadiah ortu dikampung, temen lama dll gak susah paking en cari jasa pengiriman cos semua dah dilayani ma online shopping.

Dibalik manfaat yang sangat membantu kita, pasti ada resiko dong secara kita lihat barang2 hanya berupa spesifikasi, ukuran, dan foto2 jadi tetep mesti dipikir resikonya:

  • Penipuan berkedok belanja online : waspadalah-waspadalah cara mengatasi dah kuulas diawal

  • Spesifikasi barang tidak sesuai dengan harapan: sebelum membeli hendaknya benar2 dilihat atau ditanyakan spesifikasi barang secara detail dan sebisanya jika belum pernah mencoba jangan langsung partai besar biar kecewanya juga gak besar2 amat.

  • Salah kirim: maksudnya yang dikirm dan yang kita order berbeda karena biasanya kan kita hanya mencantumkan kode2 barang dan order mereka juga gak kita aja jadi mungkin sekali kesalahan tersebut. Tapi asal kita punya bukti pilihan barang yang kita mau (lewat email konfirmasi, dll) maka pasti akan diganti tanpa diminta uang lagi.

  • Lama: hal ini terjadi klo jarak rumah kita jauhhh bener dari si toko online ini atau jasa pengiriman yang terbatas di kota kita sehingga loading-nya tinggi en mesti antri. But selama2-nya paling2 smgguan lah klo jarak deket 2-3 hari dah bisa di pakai tuh barang.

Belanja online yang dah pernah aku coba diantaranya….belanja pulsa murah (rutin sampai sekarang), belanja cincin kawin dari pengrajin Bali, seprei en bedcover murah dari Bandung, Lulurbali dll. Dan Alhamdulillah semuanya sesuai dengan harapan dan yang terpenting bertanggungjawab!!!

Happy searching!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s