Akad Kredit BTN

Pengen sharing ma temen-temen semua tentang KPR BTN…
aku megajukan KPR BTN sejak Awal bulan agustus 2008 ini tepatnya di cabang Palmerah. Kenapa Palmerah bukan apa-apa sih kebetulan developer rumah yang “mampu” aku cicil bekerjasama dengan BTN cabang tersebut. Syarat KPR yang perlu aku bawa standart aja :
  1. KTP (Plus KTP Pasangan klo dah nikah)
  2. KK (Plus Surat Nikah klo dah nikah)
  3. Slip Gaji (Plus Gaji pasangan = joint income)
  4. Pas Foto 4×6
  5. Form Isian BTN
  6. Rekening koran/tabungan apa aja 3 bulan terakhir
  7. Surat keterangan bekerja di perusahaan terkini
  8. Form khusus dari BTN yang butuh ttd dan stempel dari HRD dimana kita kerja
  9. Pinjaman diatas 100jt pake fc NPWP

Sedangkan yang disedian developernya (kebetulan kerja sama jadi semua syarat diatas aku serahkan kepada marketingnya) :

  1. IMB
  2. Sertifikat rumah

TRus kira-kira seminggu kemudian aku dihubungi marketing untuk janjian interview ma BTNnya dan isi interviewnya kira-kira :

  1. Masa kerja (Total ama yang terdahulu klo ada)
  2. Kebutuhan hidup perbulan (Rp)
  3. Kredit di tempat lain (jika ada dan kapan jatuh tempo)
  4. Tempat tinggal saat ini
  5. Seputar Gaji dan perusahaan terkini

Kira-kira begitu aja sih dan klo dilihat-lihat KPR BTN biasanya mengapprove pinjaman yang cicilan bulanannya kira-kira 30% dari gaji yang diterima tiap bulan.

Waktu dari Interview ke pemberitahuan diterima tidaknya kira-kira seminggu atau mungkin juga kurang sebab pihak developernya yang dihubungi waktu itu. That’s it

Selanjutnya proses akad untuk tempatnya di BTN cab Palmerah lagi cuman waktunya dirembukin bareng coz melibatkan beberapa pihak(Pembeli, Penjual/Developer, Notaris) dan kesiapan surat-surat yang dibutuhkan. Yang perlu disiapin al:

  1. Bukti pelunasan BPHTB nilainya (HJ-NJOP)*5%
  2. Bukti pelunasan uang muka
  3. FC KTP = 3 lembar (menunjukkan aslinya)
  4. FC KK = 3 lembar (menunjukkan aslinya)
  5. Materai 20 lembar @6000 (nilainya luamayan juga nich)

Disana dilakukan beberapa penjelasan dan mulai dari menunjukkan sertifikat asli oleh notaris (boleh minta copiannya), besarnya asuransi jiwa dan kebakaran, suku bunga yang disepakati, cicilan perbulan, biaya-biaya bank,surat persetujuan hutang, sampai tetek bengeknya yang bikin pegel tangan karena mesti paraf atu2.

SELESAI…sejak saat itu 26-08-08 aku berhutang 179500000 tenor 10tahun suku bunga 10% sistem annuitas.

Semoga diberi kemudahan untuk melunasi rumah pertamaku saat ini dan rumah pertama kami nanti….AMIEN

 

9 thoughts on “Akad Kredit BTN”

  1. thanks buat infonya. lengkap.

    tapi masih mau tanya. bagaimana dengan npwp. kabarnya kpr>100jt harus menunjukkan npwp atau sPT pph21.
    bisa minta info mengenai 2 hal tsb????

    terima kasih lagi

  2. @Willy
    Maaf banget yah kelupaan dah ku-update emang untuk pinjaman diatas 100 juta harus tunjukkan dan melampirkan NPWP kita. Kalo diantara 50-100jt pake SPT pasal 21. Berhubung itu aturan baku dari BI ya mesti ada. Kalo belum punya NPWP kan tinggal bikin di kantor pajak terdekat manfaatin sunset policy yg ada saat ini gampang banget kok. Kalo yg bayarin pajak kantor minta SPT-pph pasal 21 ke bagian HRD pasti klo mereka bener bayar mereka punya.

  3. Please, apakh stoknya masih ada dan lokasi lengkapnya didaerah mana? karena sy sdg cari rumah didaerah Parung,Bogor. Apakah anda ada no.telp kantor pemasarannya?
    Terima kasih.

  4. @andy
    setau saya tahap 2 sedang dibangun tapi masih ada atau tidak yang belum terjual bisa ditanya ke marketingnya di 02170025034 …lokasinya gampang banget dicapai klo dari arah lebak bulus arah pasar ciputat trus putar balik di flyover masuk kiri arah jombang. dan puri bintaro residence ancer2nya setelah rsia buah hati tggal 500meteran lihat papan plang PBR masuk ke kiri 200m sampai deh…dr parung/dari pamulang/dari bintaro/dari stasiun sudimara-jombang juga bisa…

  5. halo mbak anis,piye kabare?lama tidak bersua,hehe…
    mbak,biyen akad kredit bayar piro??aq yo ngajokne KPR neng BTN, akad tgl 24 oktober ulan ngarep.aq jupuk omah neng cileungsi,sampeyan kerjone neng ndi?alamat omahe sampeyan neng ndi?
    eh iyo..aq gunawan statistika UB 2002 biyen sering nyilih buku neng sampeyan,hehe…

  6. @gunawan
    weleh nih adek dah mau beli rumah aja…pasti baca2 blog akyu en ketemu si mbak yang manis ini…kmu kerja dimana??dah married kah???selamat2….
    kalo aku dengan kasus seperti yang kuceritakan harga rumah 204jt dp 25jt+bea sertifikat,bphtb,admin,dll klo gak salah waktu itu 45 jtan jadi utang kprnya 180jtan gtu deh asumsi bunga waktu itu 10% skr dah naek hikz hikz cicilan ikut naek…kamu buka website ajah kan ada simulasinya hutang berapa bunga berapa bisa ketemu cicilannya.nah dp kan sesuai kemampuan (aku ambil yang paling minimal 10%) tapi ingat ada banyak biaya lain2 loh…dari kpr dan dari developernya itu juga mesti diperhitungkan
    Met akad kredit yah…kep contact kirim no hp-mu dunk lewat email

  7. @Again gunawan
    sori lali aku abdi negara aja di kuningan jaksel.klo rumah di puri bintaro residence sarua indah ciputat tar maen2 lo yah…

  8. aq neng dep. perindustrian..yo cedak to tko kuningan. sampeyan abdi negara neng kantor opo mbak? wis nikah juli wingi aq oleh wong cileungsi,biyen arek kimia UB 2002. eh yo no hpku 081803832067..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s