Kulinerku

Wisata Kulinerku
Banjarmasin, 27 February 2008
Menginjakkan kaki di kota Banjarmasin adalah pengalaman perdana bagiku oleh karenanya ak begitu menikmati perjalanan dinasku kali ini apalagi kali pertama pula aku ke luar jawa..Tugas harus kelar en wisata kuliner lancar.
Perjalanan dari bandara syamsudin noor menuju hotel Jelita (Hotel dimana aku nginep) kurang lebih 1 jam. Hotel Jelita yang berada di Jalan Utama Jend Ahmad Yani km 2,5 no.44-46A Banjarmasin Kalsel dari depan tak ubahnya sebagai perkantoran begitu masuk kedalam hotel bintang tiga ini baru nuansa hotel terasa dengan tarif kamar standart 2 bed 255500/nite, dengan fasilitas free internet wi-fi 1 jam, fitnes center dan juga breakfast untuk 2 orang hotel ini terbilang nyaman meskipun kamar mandi belum menyediakan bath-up.
Hari pertama di Banjarmasin wisata kulinerku adalah Soto Banjar bang Amat yang konon katanya yang paling mak nyus di Banjarmasin meskipun lokasinya terletak agak masuk ke perkampungan tepatnya di Jalan Benua Anyar rt.2/56 Banjarmasin dan benar saja Soto Banjar dan satenya layak dinikmati apalagi ditambah jus anggur yang membuat siang yang terik sedikit adem apalagi kita sekaligus bisa menikmati sungai yang tepat berada di bawah depot ini, malamnya wisata kuliner yang kupilih adalah depot “Madezo” yang terletak di jl. Gatot Subroto 4 Banjarmasin menu andalannya Itik panggang yang dipatok dengan kisaran harga 15rb masih sangat terjangkau dan ajiibbbbbbbb. Itik panggangnya siap disantap tanpa tuland alias dah dipotong-potong disediakan pula ayam panggang bagi yang tidak doyan itik.
Hari kedua 28 Februari 2008 perjalanan wisata kuliner dilanjutkan menuju warung”H.Fauzan” jalan Sultan Adam seberang komplek mandiri lestari 4 disitu disediakan beraneka ikan bakar, goreng, paisan, lalapan gangan asam dll harganya juga tidak terlalu mahal ikan lais dipatok 16000/porsi, udang besar 25rb/ekor, patin tambak 13rb/porsi dan telor ikan 10000/porsi dengan sambal dan lalapannya yang mantap abisss bener-bener puas makan disini ditambah dengan 2 botol the botol sosro sangat menggoda…..tar malem kemana lagi yah😉.
Malam merayap dan Bakso john kelana menjadi pilihanku dan lagi-lagi mak nyusssssss….porsinya pas dan murah banget cukup dengan 8000/porsi.
Hari ke tiga 29 Februari 2008 jarang-jarang nih ketemu tanggal 29 dibulan februari dan untuk meningkatkan stamina kami yang mulai menurun rumah makan mesir yang berada tepat disebelah bakso john kelana menjadi pilihan alternatif kami menu sop buntut dan paket nasi kebuli special dengan harga 14500/porsi dalam sekejab menjadi penghuni perutku…kenyang dan puas. Gak cukup dengan itu begitu senja datang kami menuju kawasan Banjarmasin Post yang telah dipadati oleh pedagang jagung bakar yang menyajikan menu jagung bakar manis, pedas, asin lengkap dengan kombinasinya. Bisa dipipil atau dipean utuh semuanya memiliki kenikmatan tersendiri sambil nongkrong pinggir jalan asik banget deh.
Hari terakhir tanggal 1- Maret-2008 sekaligus hari keberangkatan ke kota kedua yaitu Surabaya, untuk kota yang satu ini sangat aku kenali dan jadi kepengen banget sekalian mudik ke Situbondo apa daya tangan tak sampai. Sebelum ke Surabaya kusempatkan mampir untuk membeli oleh-oleh khas Banjarmasin pilihanku jatuh ke pusat batik Sasirangan “IRMA’ dan dilanjutkan ke pusat permata dan batu Martapura.
Surabaya, 1 Maret 2008
Hari pertama di Surabaya masih belum sempat berwisata kuliner selain masih sangat penat juga masih proses adaptasi hotel Elmi International yang terletak di Jalan Protoko Panglima Sudirman sekitaran bambu runcing. Hotel mewah bintang 3 ini mematok tarif 370000/nite dengan fasilitas sauna, breakfast dengan menu istimewa dan kolam renang dengan live music yang ok punya.
Perjalanan mencari penggoyang lidahku baru dilakukan di hari kedua tanggal 2-Maret-2008 yaitu RM Dapur Desa di Jalan Basuki Rahmat dengan beraneka ragam menu khas sunda diantaranya yang sempat dicicipi iga bakar saus BBQ 10000/porsi, Buntil 7500/porsi, Cumi bakar isi dan saus pedas 14500/porsi, empal bakar 11000/potong, tempe dan tahu bacem dll serta minuman seperti es cincau 4500, Mega mendung 10000 serta jeruk nipis squash 5500.
Malamnya RM Kebon Kelapa jalan polisi istimewa 23-25 Surabaya lagi-lagi masakan sunda dengan warna-warni interiornya menjadi tujuanku kupilih menu Tenderloin steak, Diane steak dan Tournodous rosini dengan berbagai minuman juice dan ice cream.
Selanjutnya 3-Maret-2008 atas rekomendasi seorang teman Ayam tulang lunak Malioboro di jalan Kartini 47 Surabaya bener-bener menggoyang lidah..Menu andalan ayam presto telor asin 13500/porsi, sambal mangga 5000/porsi, bebek presto sambal panggang 17000/porsi membikin lupa daratan enak tenan 1 gelas mixed juice 9000/porsi dan lemon squash 7000/porsi menjadi pilihan untuk mengarasi dahaga. Dengan mantap malam harinya wisata kuliner dilanjutkan di Wapo jalan Kayoon 54 dengan porsi yang gile bener kucoba udang saus pedas dan mayonaise 24000/porsi, i Fumie 20500/porsi, soup buntut goreng 16000/porsi dan cumi saus tiram 24000/porsi menjadi hidangan mengenyangkan ditambah coklat hangat dan kali ini beneran kenyang puol…
Hari keempat 4 Maret 2008 ga sengaja lewat Restoran Mango Terrace dan mampir dan lumayan masakannya cukup bisa direkomendasikan pilihan paket nasi iga mak nyus 22000/porsi, snow montain steak 29000/porsi, malaysia noodle 15000/porsi dan nasi iwak gurami 23000/porsi membuat kami puas apalagi minumannya yang enak-enak diantaranya double choco 16000, caramel blended coffe 16000, ice cream coklat 6000 dan avocado coffe angel sangat-sangat pantas diacungi jempol ajiiiiiiiippppp
Begitu malam menjelang dan kebosenan menu masakan resto mulai membosankan sengaja untu memulihkan napsu makan pilihan bakso iga sapi khas Surabaya yang ngendon di jalan Mayjend Sungkono 31 bisa dicoba dengan harga special 16000/porsi lumayanlah untuk menghilangkan kebosanan.
Lnjut kehari kelima 5 maret 2008 tak bosan-bosan dicoba makanan sunda di Ayam bakar Cianjur jalan Indragiri 23 Surabaya dengan menu ayam bakar 9000/potong, karedok 6000/porsi, lele penyet 26000/porsi dan pastinya tumis kangkung yang seger 12000/porsi ditambahkan minuman hangat bandrek 7500 dan cokat susu 7500 cukup membuat hasrat terpenuhi.
Kesurabaya tak lengkap tanpa makan Rujak Cingur dan pecel ponorogo (salah tempat nih) disekitaran balai kota Surabaya dengan lauk gepuk, sate kerang, jagung dan bacem ditambah minuman segar beras kencur en sinom bener2 puassssssss.
Hri terakhir disurabaya disempetin ikut melihat langsung dan ikut merasakan penderitaan lumpur panas Lapindo Brantas dengan kemacetan parah nyampai juga di tanggul yang kian meninggi dan udara yang sangat panas…Menyedihkan, Perjalanan dilanjutkan di pembuatas hand made kerajinan tas dan sepatu di Intako Tanggulangin Sidoarjo setelah memberi beberapa oleh dilanjutkan lagi perjalanan menuju Surabaya kembali dan begitu melihat pusat oleh-oleh khas jatim dan sidoarjo segera diparkirlah mobil yang membawa kami. Aneka bandeng dan otak-otak presto, krupuk udang, kripik buah khas malang, balado. Keripik nangka, bayam, ceker ayam, usus, paru sampai kulit ikan lengkap disajikan disini pokoknya komplet dan kemasan sangat baik.
Perjalanan menuju bandara dihinggapi rasa lapar yang mendera melihat sebuah resto pinggir jalan “Liana Rumah tjoklat” jalan Diponegoro Sidoarjo sangat menarik untuk dicoba dan dalam sekejab menu seperti Mie hot plate ayam dan seafood 14000/porsi, liana burger special 9500/porsi, iga bakar 22000/porsi, onion ring sebagai camilan 5500/porsi, liana burger special 9000/porsi dengan aneka minuman menyegarkan seperti blue sky, sherly temple, avocado snow ball dan ice cappucino dibanderol antara 8000-9000 cukup mendinginkan sidoarjo yang panas…
Dan tak terasa berakhir juga perjalanan wisata kulinerku saat ini.
Kerjaan beres
Makanan mak nyusssssss
dan Perjalanan yang menyenangkan dah kulalui dengan manisnya
*** High Reccomended ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s