The AB's Fam Simplicity…

Please Talk..Please Share

Review Mesin Cuci Sanyo

Akhirnya eksekusi pembelian mesin cuci berlangsung sudah setelah ditimbang2 baik segi pemilihan merek, spesifikasi, dan harga mesin cuci perdana kami adalah Sanyo automatic ASW-A76HT di harga IDR2.3jt dengan bonus 1 setrika National Omega. Setelah sempet bimbang mau pake semi auto (2 tabung) atau full auto (1 tabung) yah untuk kemudahan dan biar gak tanggung kerjanya sekalian ajah pilih yang full auto dengan segala konsekuensinya pengennya sih front loading apa daya mehong benerrr…Tadinya dah mantep di LG cuman setelah banyak konsul ma beberapa toko elektronik mulai bingung deh rekomendasinya macem2 dibilang bahan LG kaleng bukan fiber dan saat ini buatan Thailand jadi mendingan yang jepang punya sanken atau sanyo, ada juga yang bilang akari automatic bandel dan emang sih beberapa sumber tadi bilang klo awetnya yah 2 tabung. 1 rusak satunya masih bisa dipake cuman pikirku kan beli mesin cuci biar bisa enteng pekerjaannya klo masih perlu ceki2 bolak-balik atau mindah2in cucian yah mendingan nyuci manual ajah…tapi itu pikiranku lo yah silahkan kalo punya pendapat berbeda.
Sampai pada keputusan pake Sanyo ini ada beberapa pertimbangan sih mulai dari kemakan jargon buatan Jepang, konsumsi listrik lebih irit (maks.300watt), menu2nya mayan lengkap buat ukuranku dan sreg ajah gtu loh..spesifikasi lengkapnya sebagai berikut:
- Capacity: 7 kg (Ini sebanding dengan rata2 berat cucian baju kami berdua selama seminggu)
- Stainless steel tub (katanya bebas karat)
- Soak function (rendem), lengkapnya sih soak, wash, rinse, spin
- 5 Washing courses: normal, heavy duty, blanket, delicate, eco-speedy
- 8 Water level (mulai 14liter ampe 45liter sesuai kebutuhan)
- Auto power-off (mati dalam 5 detik setelah semua proses yang dijalankan selesai)
- Preset 6hours and 9hours (Delay automatic saat pengen setel sebelum bobok dan jemur pas bangun pagi)
- Rat-proof cover (awas ajah kalo ampe dikerat tikus)
- Power: 300 w (bisa lebih rendah untuk proses selain wash)
- WxDxH: 540 x 515 x 920 mm (sangat imoet2)
- Warranty: 1 year (kenapa gak 5 years yah hihi)
Ada lagi tambahan fitur kayak tempat pelembut ama tempat pemutih yang nanti saat proses berjalan berjalan secara otomatis berfungsi (klo kita isi sebelumnya yakzz).
Udah dicoba??iya dunk pasti…meski kondisi cucian masih 3 kiloan plus nyari2 korban akhirnya handuk jumbonya terry palmer untuk pelengkap kira2 total cucian 4-4.5 kiloan lah. Langkah2nya sebagai berikut untuk edisi perdana aku manfaatkan semua proses pencucian termasuk rendam dan pelembut pakaian.
- pastikan tidak ada koin, logam dll yang tersisa di kantong2 baju, masukkan semua cucian kita (kecuali ada pakaian luntur emang mesti dipisah)
- pasang pipa pembuangan, pasang konektor sumber air dari mesin cuci dengan keran air dengan benar
- Pasang stop kontak dengan benar
- tekan tombol on/off lalu mulai set mesin masukkan pelembut pada kotak pelembut (sebaiknya diencerkan dulu), masukkan detergen (boleh dicairkan juga) sesuai takaran yang dianjurkan, pilih volume air (aku pilih 30liter), pilih jenis cucian (karena perdana aku pilih semuanya termasuk fungsi rendam), pilih washing courses (aku pilih normal) tutup mesin dan tekan start maka proses akan berjalan…total waktu yang dibutuhkan 45-50 menit (termasuk perendaman yang berlangsung 20 menit).
Hasilnya??setelah sempat mengikuti prosesnya jadi tak ragu lagi kalo emang bisa bersih cos proses pembilasan berlangsung 2x dengan air berlimpah (kecuali jika memilih eco-speedy hanya 1x saja, cocok untuk baju2 ringan dan tak terlalu kotor) dan hasil pengeringnya 90% bok bahkan untuk baju2 ringan langsung bisa di setrika saat itu juga atau kalopun dijemur butuh beberapa menit saja. Bagaimana dengan handuk jumbo-ku??cukup dijemur 0.5-1 jam dah kering kok karena emang dah 90% tadi intinya percobaan pertama puas.
Nah nanti seiring waktu berjalan bisa diatur en makin mahir cara hemat air tapi tetep bersih mesin juga bisa dijalankan pengeringnya saja, bilasnya saja atau mau cuci saja silahkan sangat tergantung kebutuhan.
Maksud awal beli mesin cuci ini tak lain tak bukan memudahkan pas si kecil hadir nantinya dan pasti nyucinya dipisah dengan ortu atau lainnya dunk..sekalian nyicil kebutuhan juga siy buat yang pengen tahu awet gaknya mohon maaph belom bisa ngomong sekarang. Sekian

Single Post Navigation

78 thoughts on “Review Mesin Cuci Sanyo

  1. Kok kayaknya sama dengan yg kemarin sore gua beli yah…. tipe-nya gua lupa. Tapi ciri2 spec-nya sama persis… Harganya aja yg beda… Aku beli di tempat grosir… dapet..(nawar sih) 1.900.000. Ktny a biasa dia jual 2.050.000,-. Sebelum beli emang aku sempet nimbang buat yg beli 2 tube, sempet ngincar merk polytron krn watt-nya kecil, dibawah 200. Tp sm cik-nya toko..nyaranin yg merk sanyo…aja. Dia juga pake katanya…

  2. @inoz
    yah kemungkinan barangnya sama atau cuman eda keluaran ajah..secara aku emang beli kemahalan hikz setauku pasaran 2.1jt but gara2 aku gak survei dlu ke toko sebelahnya rada nyesel deh..tapi ya sud lah semoga aja bener2 bandel

  3. thanx ya buat rekomendasinya. emang merek sanyo buat mesin cuci banyak banget toko yg ngerekomendasiin.
    setelah survey online ke sana ke mari selama beberapa jam, akhirnya nemu yg paling murah: di toko 23 elektronik (tokobagus.com) Sanyo ASW-A76HT seharga 1.700.000 (free ongkos kirim n pemasangan). N setelah nego2 akhirnya bisa turun jadi 1.650.000 (CIHUUUUUUUUUUYYYY!!!).

  4. @acil
    welah dikau membuatku jadi sedih :)
    but ots okey thanks…hihihihih

  5. saya memiiki mesin cuci sama dengan yg sampeyan punya. namun masalahnya adalah ketika menyambungkan selang pemasukan air ke keran. selalu bocor. apakah sampeyam mengalami masalah yang sama. tipe keran g seperti apa yang sampeyan pakai? masalah kedua adalah air tidak mau masuk ke mesin cuci. apakah dikarenakan saya memakai air pam yg langsung dari pipa, jadi tekanan tidak cuckup unuk masuk mesin cuci?

  6. @eatb
    Waduh maaphkeun saya tak terlalu paham klo teknis banget begini…sedikit yang bisa saya jelaskan untuk kasus saya
    1. Saya pakai pompa tidak pakai pam tp mestinya keduanya bisa kok
    2. Keran yang saya pakai kebetulan keran angsa (buat cuci piring) cos emang gak ada keran khusus jd pakainya buka copot gtu, trus ujung keran angsanya nya kan ada ring-nya itu dicopot dlu. klo di buku manualnya kayaknya dah ada deh jenis keran yang sesuai
    klo ttg tekanan air dll aku tak paham maaph tak banyak membantu

  7. numpang tanya, saya pakai mesin cuci sanyo ASW-A76HT, dah 1tahun setengah pakai,tau2 waktu dipakai bunyi alrm,biasanya kalau bunyikan dah selesai,tapi ini bunyi berhenti gak tau knapa,,?tiba2 berhenti gak mau jalan,sudah saya coba diulang tapi tetep aja gak jalan,hanya lampu ama alrm aja yang bunyi,mohon saran dan solusinya dong,… thx.

  8. @siswo
    wah saya pengguna baru jadi belom tau sedetil itu…cuman di rumah sempet berhenti pas proses tyt karena kucuran air yang tak cukup (saya pakai tandon air dari pompa listrik) setelah air ditandon cukup saya setel ulang dengan mengamati tadi sampai di proses ajah jadi yg saya jalankan hanya yang belum misal tggal bilas n spin gtu deh…masalah diluar kurangnya air blom saya alami.prefer ty teknisi yah

  9. gan ane punya masalah nh wat masang selang penyambung ke kran nya.,….g da yang pas….ente punya solusi g gan ,,??????tlong yah,,,,,,,,tq b4,sanyo asw-81srt

  10. @oky
    karena dirumah sekalian buat wastafel aku pake keran angsa buat cuci piring itu cuman…bagian lehernya dibuka (kan bisa diputar n lepas) baru setelah itu ditancepin ama selang dari mesin cuci…ring bening juga gak aku pakai selama ini fit n gak bocor kok.jd mesin cuci bisa berjalan normal

  11. Jeng, gimana masih awet gak?….nih lagi cari reff mau beli mesin cuci.
    thanks ya…

  12. @widy
    alhamdulillah sampai sekarang blom ada keluhan mudah2an gitu terussss……..

  13. Sis, mo minta infonya jg nih, kebetulan lagi hunting untuk mesin cuci. Mesin cuci pny sis apa bisa utk cuci seprei, bedcover n gorden? Keringnya smpe 90%? Krn kalo mesti laundry seprei tiap minggu, berat ongkos, jadi maunya nyari yg bisa utk cucian berat gt..hehe..thx before..(^^

  14. @susan
    kapasitasnya gak terlalu gede cuman 6 kilo jadi klo mau nyuci seprei bed cover atau gorden gede bisa tapi yah gak bs nyambi lainnya alias atu2…keringnya 80%an

  15. kmaren aq beli mesin cuci sanyo 1 tabung full automatic,tipe udah lupa ce dg harga 2015000 ea pas mesin cucinya dah nyampek rumah.. aq g bisa mengoperasikannya hahahaha… jd sampek sekarang masih ngangur mesin cucinya

  16. kira2 kemahalen gak ya………..

  17. @isti
    klo dah dibeli gak usah mikir kemahalan pa gak tar malah nyesek hehehe….kan ada manual booknya tinggal baca beres kok sangat mudah

  18. baru aj beli mesin cuci 1 tabung LG..yg 8 kg,pertimbangan mngkin g cerdas bgt..lg ad diskon d hypermart, tp sayangnya cm adany merk LG n Samsung..pas milih2 dh kmlman, si kecil dh rewel..trusss kt suami,garansi 3 thn ini, y sdhlah, nnt klo rusak beli lg..:(.
    mudah2an bandel y..

  19. putra on said:

    Saya jg sdg berencana untuk membeli Mesin cuci automatis. Setelah Cari referensi, pilihan saya jg jatuh kpd sanyo. Krn motor/dinamo sanyo lebih kuat awet dan asli dari tembaga. Dan sanyo sdh berpengalaman dalam Hal air (Mesin pompa airnya aja bagus). Di rmh mertua sy pakai Mesin cuci merk dari cina, belum 2 thn Mesin cucinya rusak. Stlh diservis kerusakan Ada pada komponen yg berbentuk elco yg berukuran besar dan jg pd motor/dinamonya. Pas motor/dinanmonya dibetulin, sy kaget ternyata gulungannya bkn Dr tembaga tp Dr bahan logam putih seperti alumunium gitu deh yg dilapisi/disepuh dgn tembaga. Pantes kekuatannya gak mumpuni. Smg bs membantu yg sdg Cari referensi jg. Thanks

  20. @putra
    yap sama sama tengkiu yah

  21. mba mo tanya, tipe mesin cucinya sama kayanya. Air dr kerannya harus nyala terus ga sih dr prosez perendaman sampe pembilasan? sy msh bingung soalnya br pake ini, atau saat dicuci air dimatikan trus pas pembilasan dinyalain lg airnya? trm ksh

  22. @temmy
    nyala terus dong say..kan automatic tar mulai start hidup lalu tinggal ajah klo dah selesai semua proses semua lampu indikator dan airpun berhenti mengalir kok…

  23. jadi saya ga perlu buka tutup kran air ya? tp pd saat air sdh cukup saat perendaman kalau kran ttp nyala bukannya malah luber nanti.. mba,

  24. @temmy
    kan ada penyetelannya mau berapa liter airnya jadi sistem automatic ituw klo dah seperti yg distel misal 40 liter otomatis air berhenti ngalir sendiri, baru penggilingan mulai klo dah keluar airnya otomastis jalan lagi gak akan luber its automatic pokonya kerja cuman 2 kali (masukin baju-detergen-pewangi-hidupin air n settingan lainnya) kedua saat akhir mati semua tinggal ambil dan jemur bentar selesai

  25. makasih mbak atas review nya, saya juga mau beli sanyo….

    salam,
    Rinta

  26. bunda indira on said:

    pengen juga yang 1 tabung, lebih simpel. tp kalo mau pake buat pengeringan aja bisa g?. masalahnya air pam di rmh kalo malem sampe siang mati. sedang kupunya bayi. jadi pakaiannya mau dicuci manual aja, dikeringin di mesin cuci. gk mungkin kan kalo harus menunggu siang baru nyuci. bisa-bisa bayiku gk pake baju n popok dong. plis share infonya ya! :)

  27. @bunda indira
    bisa banget. nanti ada tombol tiap2 tahapan klo mau ngeringin ajah tekan tombol pengering…

  28. mo tanya… pada saat kondisi jalan on, tru tiba2 pintu dibuka (ada yg lupa dimasukin) mesin masih jalan ga ? ato stlah ditutp dia jalan lagi.. thanks…

  29. @itonk
    klo pintu dibuka mesin mati (pause) pas ditutup jalan lagi tapi lama2 saat kita buka mesin tetep jalan tuhhh….

  30. (sanyo tipe lama) saya kesulitan memasang selang penyedia air, jadi saya mengunakan selang biasa langsung kedalam tabung cucian (dgn kondisi pintu penututup terbuka pada proses wash)… namun ditutup pada proses spin… apakah cara ini bisa dipake ke tipe yang ASW-A76HT?.. Saya berencana mo beli baru.. Thank bgt…

  31. saya beli cuman 1.800.000

  32. dontdit on said:

    gmna mesin cucinya sanyo?? awet? kebetulan saya sudah mau ganti mesin cuci buat ke tiga kalinya… borross.. rusak mulu.. yg pertama mrek cina mitsuno bertahan 7thn. kemudian sanken 4thn, semoga yg akan datang bisa 20 thn..

  33. @dontdit
    sampai skr masih oks

  34. anie rahmi on said:

    apakah ada anti tikus nya bu? trims

  35. Dina Damayanti on said:

    dear mba anis…
    saya jga lgi mw nyari msin cuci v msii bingung y 1tabung pa 2..org2 dcne blg mndingn y 2 lbh awet..v sy pgn’y g mw ribet jga klo msi hrs ngbilas..suami nyranin y LG v ad y blg SHARP y bgus..stlah lyt rview mba sy jd kpncut jg sm SANYO…v mngkn nti mw hunting dlu bwt nyari hrg y pas sm doku :)hee

  36. Chibi maruko chan on said:

    Pgn mesin cuci 1 tbg tp msh bingung yg lebih awet merk pa

  37. mbak aku kan punya mesin cuci yang sama, baru beli 2 hari yang lalu tapi begitu mau dipakai kok airnya ga mau masuk ke dalam tabung ya? aku udah sambung penyambung air ke kran tapi karena kran yang aku punya letaknya jauh jadi penyambung air (yg dari toko) aku sambung lagi dengan selang berkepala kran. airnya lumayan kenceng tapi anehnya ga mau masuk ke dalam tabung.
    bisa dijelasin ga gimana cara mbak pakai penyambung airnya dari awal sampe keluar airnya? apa airnya emang keluar sedikit sedikit? darimana keluarnya?
    oh ya, boleh ga kalo airnya ditaro langsung ke dalam tabung (ga pake selang penyambung air)
    tolong banget ya mbak :)
    makasih banyak sebelumnya :)

  38. rono on said:

    mesin cuci aku udah 2 tahun aku punya masalah pas di seting untuk nyuci bisa tapi pas di star kok malah mati kenapa ya ada yg tau gak masalahnya..mohon infonya ya

  39. johnzie on said:

    setelah pake hampir 2 thn, spin nya kok macet ya, manual book jg ga tau dmna, blm ktmu euy… ada yg bs bantu? @intan : biasanya air langsung masuk klo mesin nya udah on jeng…

  40. rugilo broo beli mrck sanyo kalo da rusak susah cari barangnya

  41. nunuy nurohman on said:

    udh seminggu aku beli mesin cuci sanyo sw-730xt, dpake ny memuaskan lh tp yg smpe skrg msh bingung takaran airny apa harus ditanda low pd mesin apa dibwah tanda tu bisa? trs gunany saringan tk apa? di buku petunjk gkda. mhon bantuany ya jeng..

  42. @nunuy
    saringan yg mana yah…duh maaf saya kurang tau ;)

  43. Maap mau tanya, ini kan setipe sm mesin cuci baruku, sblmnya ak pake LG. Tp yg ak bingungkan koq gak ada tempat/wadah detergen ya punyae sanyo, kalo LG dulu ada, apa emang begitu? Trus kalo naruh detergennya agan2 ini dimana ya? Ditaruh dimana? Atau disebar aja di atas pakaiannya?

  44. @citra
    iyess detergen ditabur/dikucurin langsung dipakaian ajah aku pakai yg cair biasanya langsung tuang ajah…klo pewangi ada tempat tersendiri :)

  45. permisi mba anis,, :)
    mau tanya nih soal mesin cuci yang mba anis punya, kondisinya sampe skrg gmna yah?
    masih awet kah..? :)
    rencana mau beli mesin cuci yg 1 tabung nihh.. ;)

  46. @rizki
    masih oke banget kmrn sempet korslet ternyata kabelnya dimakan tikus gak sopan huh…klo mesin cucinya masih TOP

  47. lohhh.. bukannya Rat proof yah mba? -_-
    emm… klo gitu ntar lgsung cuuusss brgkat survei k tokonya nih.. :)
    biar mama ga kecapekan lagi nyuci baju hehehe :D

  48. @rizky
    benernya dah lama banyak tikus, dibasmi ilang tapi emang baru kali ini bandeeellll sampai makan kabel kayaknya emang gegara tikusnya gede kali sigh sebelll…

  49. hadehhh… d rumahku jg bnyak bnget tkusnya mba :(
    kmren malem aja ampe perang tuh mama ama tikus” hahha

  50. oh yaa mba, untuk hasil cuciannya gmna mba? bersih kan..?

  51. hasil cucian mayan kondisi kering 70-80% tggal diangin2 bentar

  52. mkasih mba anis atas infonya ;)

  53. Bayu Adhiwarsono on said:

    Mbak, saya baru beli mesin cuci 1 tube top loading, Sanken AWS805. Yang saya bingung, selain lubang untuk air, sepertinya cuma ada “bleacher inlet”. Kalau di Sanyo, apakah tempat untuk memasukan pewangi/pelembut sama dengan jalur bleacher (pemutih) ? Terus, masukin pewangi/pelembutnya dari pertama atau di bilasan terakhir ya?

    Terima kasih sharing-nya.

  54. Bingung juga nih mo cari mesin cuci satu tabung tp yg hemat listrik yg hrg dibwah 2 jt,skrang sih lg pake yg 2 tabung tapi ampun capeknya…

  55. @aliya
    iyah skr makin mahal yah…aku belum pernah pake 2 tabung tapi dilaht dirumah mertua emang mesti standby buat pindah2in yah asa ribet

  56. kemarin saya baru beli spertinya mirip seperti ini tapi 8kg di harga 1,9jt. Mudah2an awet dan walaupun ada anti tikusnya tapi spertinya tetep harus dipasang kawat strimin karena anti tikusnya masih bisa digigit sama tikus kayaknya, apalagi kalau tikusnya yang bandel bin ajaib. Thanks mbak anis jadi lega baca reviewnya. mudah2an awet juga.

  57. @safitri
    mudah2an yah :)

  58. ummi fidzi on said:

    Mesin cucinya persis punya saya bu, blm satu tahun tombol tdk berfngsi sesuai biasanya nyala tp ga terkoneksi sama mesin.nah wktu qt panggil tkg servis dr sanyo mnt garansi sm kwitansi.berhbg kwitansi ilang qt hrs ganti tombol semua krn ga bs satu2 harganya 900rb blm biaya servisnya,….masyaallah dah

  59. @ummi
    kenapa bisa gt yah…ehm, klo tips aku jangan gunakan kapasitas maksimal, jangan biarkan mbak yg pencet2 tombol meski dah diajarin suka salah akibatnya rusah…terakhir pastikan debit air cukup dan selang terpasang sempurna. dirumahku tgas ini dipegang si papa mbak tggal jemur2 ajah :)

  60. mo tnya mesin cuci saya merk sanyo asw-81srt pengeringnya ga jalan kira2 apa ya yg rusak, tolong bantu aku dong….

  61. gara gara mba anis,sy beli mesin cuci sanyo yg 8kg,,moga ja awet y mba hehehhe thanks y

  62. Sy mesti dibayar marketing sanyo klo gini..just update smpai hari ini blom ad mslh sanyo sy :).mudah2an msh berthan lama

  63. sy py mc cuci sanyo ASW-85sb kl buat nyuci air keluar sprt biasa tp pas membilas air gak bs keluar lsg muter trs,mhn solusinya mks

  64. knp ya ko saat nyuci air didlm mesin ga kluar/ga ngebilas??

  65. ummu nada on said:

    ikut nimbrung yah mbak…
    saat googling tips membeli mesin cuci aku nemu blog mbak ini, jadi pengen tanya sekarang kondisi mesin cucinya gimana mbak?

    aku juga lagi persiapan mau melahirkan anak kedua, waktu anak pertama masih enjoy sih cuci manual krn aku juga gak ngantor lg. tapi sskarang dah kerasa ribet krn jarak anakku lumayan dekat nantinya, 3 tahun. curcol deh, ^^

  66. @ummu
    Syukutlah smpe skr (masih) baik-baik ajah mesinnya paling2 penampakan dah mulai kotor n selang pembuangan plastiky ujungy rusak (gara2 gak hati2)

  67. Mba, koq sanyo saya pas ngeringin bunyinya kluntang kluntung kayak gemuruh gitu. Mesti dirata2in dulu tuh pakaian. Jadi gak otomatis lagi deh. Itu kira2 knp ya? Tq..

  68. @nola
    Maaf saya ga mengalami jd ga tau, ty teknisi

  69. setau saya sih, mesin cuci yg awet dan bandel itu LG sm electrolux yah, dah dari dulu kayaknya..

  70. delia subarjo on said:

    mba aku pnya mesin cuci merk Sanyo automatic ASW-A76HT pertama” brang ntu dasyat bnget cra kerja’a hsil’a pun bgus dah. terus skitar 2 tahun kok mulai ngadat lampu indikator’a kok nyala semua smpe kgak bsa di operasiin lgi. kira” penyakit’a apa ya? mkasih

  71. kalo pny sy sanyo asw B80HT,hsl cucian emg ckp memuaskan. Tp stlh pk 3 thn,mulai mncl mslh. sering mncl eror diprogramny,trus sminggu yg ll mlh g mau muter sm skli.. stlh dservis ktny modulny yg rusak. Tny k sanyo hrgany 925rb + ongkos 45rb. Kog mahal bgt y? pdhl hrg mesiny cm
    1,9jt.
    Tmn sy aj kmrn merk samsung ganti modul cm 300rb.

  72. nando on said:

    Baru aja nebus sanyo 1tabung seri asw86sb seharga 1,750rbu. Kt toko langganan mmg bandel merk sanyo..yg skr sdh diakuisisi sm haier utk penjualannya..tp merk ttp sanyo ktanya.. mudah2 bs meringankan kerjaan istri

  73. @nando : kayaknya sama 5 punya saya, beli kemarin sore, ni baru dipasang..katanya produksi china, benar gak ya..?

  74. recommend ne brand,,
    berubung ane masih single,ane ambil seri sanyo ASW-85SB
    tinggal pencet2 tombol,tinggal pergi ngopi bentar pulang2 dah selesai semua cucian :-D

  75. Fauzi B on said:

    Aku ASW-86SB, pertama2 enak suaranya halus tapi lama2 suaranya agak bising, ada solusi gan? naruh mesin cuci itu harus pake alas (papan kayu or lainnya) gak y?

  76. maf jeng mau tanya nih,,ane juga beli mesin cuci sama merk n type,,emang air nya itu keluar nya kecil y,padahal tekanan air lumayan gede,,apa ada yg harus d stting masalah air masuknya,,mksh jeng

  77. Harusnya gede yah, cb ty teknsi

  78. sulistyo_now on said:

    aku udh pake 6th mesin cuci sanyo 1 tabung tp lupa typenya..alhamdilillah sehat2 aza…baru ganti selang pembuangan air gara2 depan rmh banjir..panik buru mindahin malah kejepit………….

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

